Berkenalan dengan Kartu Kredit Virtual

kartu kredit virtual

Kartu Kredit Virtual bukanlah sebuah kartu, melainkan serangkaian angka yang diberikan oleh penyedia layanan keuangan untuk memungkinkan konsumen melakukan pembelian online.

Meskipun bank-bank di Indonesia belum menyediakan layanan ini, para pengguna kartu kredit di banyak negara menggunakan alat pembayaran khusus yang disebut dengan Kartu Kredit Virtual untuk melakukan pembelian online tanpa mengungkap detil kartu kredit mereka di internet. Jika Anda tertarik untuk mendidik diri Anda sendiri tentang layanan keuangan yang satu ini, teruslah membaca artikel ini.

Apa Itu Kartu Kredit Virtual?

Meskipun namanya menyiratkan demikian, Kartu Kredit Virtual bukanlah sebuah kartu, melainkan serangkaian angka yang diberikan oleh penyedia layanan keuangan untuk memungkinkan konsumen melakukan pembelian online (sama seperti kartu kredit). Kartu kredit ini juga dikenal sebagai “Controlled Payment Numbers”.

Sama seperti kartu kredit, Kartu Kredit Virtual memiliki batas kredit dan biasanya diikuti dengan tanggal kadaluarsa. Tergantung pada pilihan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan dan pilihan yang diambil oleh pengguna, Kartu Kredit Virtual dapat digunakan untuk beberapa transaksi atau dapat kadaluarsa setelah satu kali penggunaan. Umumnya, Kartu Kredit Virtual dikeluarkan untuk digunakan pada satu merchant dan hanya untuk satu kali pembelian saja.

Mengapa Orang Memilih Menggunakan Kartu Kredit Virtual?

Kartu Kredit Virtual dilihat banyak orang sebagai metode canggih untuk mengurangi potensi penipuan kartu kredit untuk berbagai macam alasan. Berikut adalah dua alasan kuncinya:

–        Kartu Kredit Virtual biasanya diciptakan untuk digunakan pada pembelian khusus, dengan nilai spesifik dan di merchant tertentu. Secara teknis, sangat kecil kemungkinan Kartu Kredit Virtual untuk digunakan pada pembelian jenis lain sekalipun detil-detilnya dicuri.

–        Bahkan pada Kartu Kredit Virtual yang memiliki fasilitas multi transaksi, batas pembelanjaan yang kecil (dibandingkan dengan kartu kredit konvensional yang batasnya dapat mencapai 40 juta rupiah) artinya potensi kerugian finansial jauh lebih kecil saat terjadi kasus penipuan.

Bagaimana Cara Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Virtual?

Bagi mereka yang tinggal di negara dengan bank-bank yang menawarkan  Kartu Kredit Virtual, proses aplikasinya berbeda dari satu penyedia kartu dengan penyedia kartu yang lain tetapi secara umum meliputi:

  • Pendaftaran Kartu Kredit Virtual dengan bank
  • Mengunduh perangkat lunak keamanan yang disediakan oleh bank
  • Menggunakan perangkat lunak tersebut untuk menghasilkan Kartu Kredit Virtual untuk setiap pembelian

Sebagai alternatif menggunakan bank, beberapa orang juga menggunakan Kartu Kredit Virtual yang telah diisi sebelumnya dengan uang yang ditawarkan oleh penyedia online (seperti Entropay) untuk melakukan pembelian online. Dengan Kartu Kredit Virtual ini, uang pertama-tama diisi ke dalam kartu secara langsung dari rekening bank yang telah disahkan, dan jumlahnya langsung dikurangi ketika pembayaran dilakukan menggunakan kartu tersebut. Biaya tambahan biasanya dikenakan oleh penyedia kartu untuk setiap transaksi.

Bisakah Saya Mendapatkan Kartu Kredit Virtual dari Bank di Indonesia?

Sayangnya, belum ada indikasi bahwa Kartu Kredit Virtual ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia bagi konsumen dalam waktu dekat. Penyedia layanan keuangan online global seperti Paypal pernah menyediakan layanan Kartu Kredit Virtual, meskipun layanan tersebut dihentikan sejak 2010.

Dalam ruang lingkup bisnis, solusi Kartu Virtual bagi korporasi dan bisnis telah disediakan oleh Citibank di enam negara Asia pada bulan Juni 2013, yaitu India, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand.  Untuk informasi lebih lanjut, baca laporan tentang kartu kredit virutal ini.

Anda menyukai artikel ini? Anda mungkin ingin membaca mengenai Trik Praktis Belanja Online dengan Kartu Kredit.

Anda sedang mencari kartu kredit yang pas? Kunjungi halaman perbandingan kartu kredit kami di mana Anda dapat membandingkan dan mengajukan aplikasi kartu kredit secara gratis.

Komentar