Tips Bertransaksi Aman Menggunakan Layanan KlikBCA Individual

Tips Bertransaksi Aman Menggunakan Layanan KlikBCA Individual

Setelah mengetahui bagaimana cara mendapatkan akun KlikBCA dan bagaimana cara menggunakannya, ada baiknya saat ini Anda juga mengetahui bagaimana bertransaksi secara aman menggunakan KlikBCA Individual.

Makin berkembangnya teknologi saat ini, maka berkembang pula modus kejahatan di dunia maya yang mengincar data dan uang Anda. Di tahun 2016 kemarin, tercatat 26% pengguna layanan transaksi online di Indonesia menjadi korban penipuan. Modus yang digunakan ada yang berupa email atau website yang mengelabui pengguna untuk memberikan informasi sensitif mengenai akunnya. Dengan demikian, ada baiknya Anda mengetahui cara melindungi data Anda saat melakukan transaksi di KlikBCA.

Lalu apa risiko dari KlikBCA dan bagaimana cara bertransaksi yang aman menggunakan KlikBCA? Berikut ada penjelasan yang memadai tentang transaksi aman di KlikBCA Individual. Kami akan mengajak Anda untuk memahami risikonya, memberikan tips, serta memberikan petunjuk kalau-kalau terjadi fraud pada akun Anda.

Risiko bertransaksi online dengan KlikBCA

Pencurian data akun nasabah

Pernah mendengar nama Steven Haryanto? Dia adalah seorang hacker yang membuat beberapa situs KlikBCA palsu. Situs-situs palsu itu adalah kilkbca.com, clikbca.com, klickbca.com, dan klikbac.com. Semua username dan password yang masuk ke situs-situs ini akan otomatis tersimpan oleh pemilik situs.

Walaupun si pemilik akun-akun palsu ini tidak berniat untuk menggunakan data nasabah, kasus ini tetap saja harus menjadi perhatian. Karena website yang dibangun bukan website yang aman, pihak lain bisa saja mencuri data dari situs-situs palsu ini untuk melakukan tindak kejahatannya.

Penipuan dan pembobolan rekening lewat internet banking

Kasus seperti ini masih banyak muncul. Penggunaan internet banking untuk pembayaran di situs-situs yang tidak terpercaya bisa membahayakan karena data user ID dan password bisa langsung tersimpan. Tidak jarang para hacker ini menggunakan data nasabah untuk membobol rekening.  

Gangguan pada jaringan internet

Karena KlikBCA menggunakan internet agar bisa diakses, di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh internet atau pada saat ada gangguan internet, maka KlikBCA tidak dapat diakses.

Mau tidak mau, jika ingin bepergian ke tempat cukup jauh dari daerah kota Anda harus menyiapkan uang tunai. Selai itu, jika Anda memiliki kebutuhan mendesak di saat internet bermasalah, Anda harus tetap ke ATM atau kantor cabang BCA yang terdekat.

Bagaimana bertransaksi aman menggunakan KlikBCA?

transaksi online aman

Setelah membaca tiga risiko utama dari bertransaksi menggunakan KlikBCA, Anda juga pasti ingin mengetahui tips bertransaksi yang aman menggunakan KlikBCA.

1. Pastikan situs yang Anda ketik adalah klikbca.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pastikan Anda mengetikkan sendiri alamat situs KlikBCA (www.klikbca.com). Hal ini untuk mencegah Anda dari salah ketik dan masuk ke situs KlikBCA yang palsu. Jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis dan aman, Anda bisa menjadikan alamat situs ini sebagai bookmark.

Karena situs palsu pun akan menampilkan halaman yang sama, jadi Anda tidak akan sadar kalau Anda salah mengetikkan alamat website. Memastikan Anda masuk ke alamat situs yang tepat adalah langkah awal dari bertransaksi yang aman.

2. Melaporkan transaksi janggal dari KlikBCA

Penggunaan KlikBCA Individual untuk aktivitas seperti transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian atau pembayaran e-commerce,  akan membutuhkan konfirmasi dari KeyBCA. KeyBCA merupakan alat pengamanan transaksi finansial dengan KlikBCA. Jadi apabila terjadi kejanggalan dalam jenis transaksi di KeyBCA maka Anda perlu melaporkannya secepat mungkin. Karena Bank BCA tidak akan meminta Anda memasukkan nomor PIN KeyBCA diluar dari transaksi yang disebutkan tersebut.

3. Jangan beri tahu password pada siapapun

Situs yang terpercaya tidak akan meminta atau mencuri data akun dan password Anda. Jadi berhati-hatilah dalam mengakses situs-situs belanja online. Pastikan Anda hanya mengakses situs terpercaya jika ingin melakukan transaksi secara online.

Adapun modus penipuan lainnya adalah dengan mengirimkan email yang meminta Anda untuk mengganti password. Biasanya bank tidak akan melakukan ini. Jika email yang Anda terima tidak berasal dari BCA, maka abaikan saja email seperti ini. Pengirim email bisa mencuri data Anda karena Anda akan masuk melalui link yang tercantum dalam email. Bila email memiliki lampiran asing, jangan pernah membuka atau mendownloadnya. Karena ada kemungkinan itu merupakan virus online.

Satu hal lagi yang harus diingat, kedekatan dengan teman atau saudara mungkin menjadikan Anda percaya untuk memberikan user ID, password ataupun akses KeyBCA jika mereka membutuhkan. Tapi ingat, keamanan uang Anda juga penting. Yakinkan mereka agar Anda sendiri yang memproses transaksi.

4. Cek alamat https saat memasukkan password dan user ID pada website

Mungkin Anda sudah merasa bahwa Anda masuk ke situs KlikBCA yang benar. Namun tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali apakah situs yang Anda kunjungi sudah benar.

Perhatikan alamat https saat hendak login. Alamat yang benar adalah https://ibank.klikbca.com atau https://m.klikbca.com (untuk di smartphone). Jika alamat https yang ditampilkan berbeda, segeralah keluar halaman tersebut dan masukkan ulang alamat situs resmi KlikBCA yang benar. Langkah ini untuk menghindari terjadinya pencurian data akun Anda.

Anda juga perlu memperhatikan ikon gembok atau kunci di sebelum https. Tanda gembok tersebut membuktikan bahwa laman yang kamu akses telah terenkripsi untuk keamanan transaksi apapun. Jadi jika ikon gembok tersebut tidak muncul maka disarankan untuk logout sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

5. Jangan gunakan perangkat milik orang lain atau umum

Jika hendak login ke situs internet banking BCA, hendaknya Anda menggunakan perangkat pribadi. Jangan gunakan perangkat milik orang lain atau perangkat milik umum. Sekali lagi, langkah ini untuk melindungi akun Anda setelah Anda bertransaksi. 

Apabila Anda memang tidak memiliki pilihan maka ingat logout dari akun KlikBCA Individual setelah mengaksesnya. Karena bila Anda tidak meng-logout, terkadang sebagian browser menyimpan informasi ID dan password, sehingga sang pemilik perangkat dapat mengakses KlikBCA Anda.

Anda juga disarankan untuk logout dari KlikBCA Individual jika ingin meninggalkan perangkat walaupun dalam waktu singkat.

6. Klik “No” apabila muncul security alert

Jika saat mengakses situs tertentu dan muncul Security Alert seperti di bawah ini.

Maka Anda harus memilih “No”, karena peringatan tersebut menandakan bahwa situs yang Anda akses tidak memiliki jaminan keamanan. Situs yang aman seharusnya sudah disertifikasi oleh lembaga yang berwenang memberikan sertifikat berdasarkan International Internet Security Standards.

7. Memasang atau update anti virus di perangkat Anda

Memasang atau update anti virus memiliki dampak yang sangat penting untuk keamanan data pribadi Anda. Anda pasti tahu bahwa virus yang menyerang sistem komputer makin beragam dan berbahaya. Oleh karenanya, jangan sampai lupa untuk memasang dan update anti virus di perangkat Anda, baik pc maupun smartphone. Gunakan juga firewall jika komputer Anda memilikinya.

8. Jangan gunakan wifi di tempat publik untuk membuka KlikBCA Anda

Menggunakan fasilitas wifi gratis di tempat umum memang menguntungkan. Namun bukan berarti Anda bisa membuka situs-situs keuangan Anda menggunakan wifi di tempat umum seperti di mall, rumah makan, atau taman. Hal ini karena koneksi wifi bersama memungkinkan siapa saja untuk masuk ke data Anda dengan lebih mudah. Risikonya, tentu data akun Anda bisa saja dicuri lalu disalah gunakan untuk tindak kejahatan. Maka selalu gunakan koneksi yang aman untuk membuka situs KlikBCA.

9. Pemeriksaan berkala terhadap transaksi transfer dana

Pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala untuk transaksi transfer dana dari rekening Anda. Sekiranya Anda menemukan transaksi transfer yang tidak dikenal pada KlikBCA Individual Anda, maka ada kemungkinan akun KlikBCA Anda telah disalahgunakan oleh seseorang ataupun kemungkinan fraud telah terjadi.

Dan apabila Anda ingin melakukan transfer uang dengan KlikBCA atau ibank BCA, selalu periksa kembali nomor rekening tujuan. Jika nomor rekening tersebut salah, maka ada kemungkinan uang tersebut jatuh ke tangan orang lain dan Anda tidak dapat mengambilnya kembali. Karena bank tidak bertanggungjawab atas kesalahan yang dilakukan oleh Anda sendiri.

Selalu juga berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas bank BCA melalui telpon, SMS atau Email. Petugas BCA tidak akan pernah meminta informasi KlikBCA Individual ataupun detail dari KeyBCA.

Demikian tips yang bisa Anda lakukan untuk bertransaksi aman menggunakan KlikBCA. Tips lebih lengkap dapat dilihat di situs resmi KlikBCA. Waspada sejak awal selalu lebih baik daripada terjadi fraud pada akun Anda.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi fraud?

Tentunya semua nasabah akan waspada agar tidak menjadi korban fraud. Namun apa yang bisa Anda lakukan kalau fraud sudah terjadi?

Segera setelah Anda menemukan bahwa akun Anda disalahgunakan, maka Anda harus segera menelpon layanan Halo BCA untuk membuat laporannya. Anda bisa menghubungi nomor 1500888 lalu memilih untuk berbicara dengan Customer Service.

Anda akan ditanya beberapa hal mengenai data rekening Anda, lalu kapan Anda mengetahui terjadi fraud pada akun KlikBCA Anda. Setelah itu, kasus Anda akan ditindaklanjuti oleh petugas dari BCA.

Jika kasus fraud sudah menyangkut kerugian finasial Anda, pihak BCA akan menyarankan untuk tutup rekening secara permanen sebagai bentuk pengamanan. Penutupan rekening bisa dilakukan di kantor cabang BCA tempat Anda membuka rekening pertama kali. Anda akan dikenakan biaya penutupan rekening sesuai jenis rekening.

Melakukan kegiatan perbankan secara online memang lebih praktis dan mudah. Anda tidak perlu antri di mesin ATM atau di kantor cabang BCA, Anda pun tidak perlu keluar rumah dan berurusan dengan macet di jalan. Cukup menggunakan perangkat elektronik seperti laptop atau smartphone, Anda sudah bisa bertransaksi layaknya di bank atau ATM. Tetapi pastikan Anda selalu waspada dan melakukan transaksi dengan aman. Setelah mengetahui cara bertransaksi dengan akun KlikBCA dengan aman ini, maka transaksi online pun akan menjadi lebih nyaman daripada offline.

Komentar