BI Memperkirakan Penjualan Ritel Nasional Meningkat 4,4%

BI Memperkirakan Penjualan Ritel Nasional Meningkat 4,4%

Bank Indonesia (BI) telah mengadakan survei untuk mengetahui tingkat pertumbuhan penjualan eceran pada bulan Mei 2018. Dimana dari survei ini, diperkirakan penjualan ritel meningkat 4,4% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan dengan angka pertumbuhan bulan sebelumnya yaitu 4,1% (yoy).

Peningkatan untuk penjualan eceran ini diperkirakan terjadi di seluruh wilayah survei. Seperti wilayah Surabaya dan Banjarmasin yang diperkirakan pertumbuhannya masing-masing 50,5% dan 29,3%. Lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 47,6% dan 14,7%.

“Responden menyampaikan pertumbuhan penjualan didorong oleh peningkatan konsumsi selama Ramadan, sejalan dengan bertambahnya variasi produk dan gencarnya promosi produsen produk makanan dan minuman,” dikutip dari survei tersebut.

Penjualan juga diperkirakan akan kembali melonjak pada bulan Juni, jika dilihat dari indeks ekspektasi penjualan (IEP) yang mencapai angka 161,2. Periode yang sama, tekanan kenaikan harga pun meningkat tercermin dari indeks ekspektasi harga umum yang mencapai 169.

Tentunya kenaikan penjualan dan tekanan kenaikan harga merupakan imbas dari momentum Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada pertengahan bulan Juni.

Dari survei ini juga BI bisa memperkirakan bahwa tekanan kenaikan harga akan menurun pada bulan berikutnya (Juli), seiring berakhirnya bulan Ramadhan dan Lebaran.

 

[Source]

Komentar