Berapa Biaya Liburan Ke Raja Ampat, Jayawijaya, dan Pulau Komodo?

Berapa Biaya Liburan Ke Raja Ampat, Jayawijaya, dan Pulau Komodo?

Sebagai negara tropis, Indonesia sudah dikenal dengan keindahan alamnya. Di Tanah Air banyak sekali tempat-tempat wisata eksotis yang tersebar dari pulau Sumatera hingga Papua.

Oleh karenanya, kali ini kami ingin Anda melirik tempat-tempat wisata eksotis pilihan AturDuit, yaitu Raja Ampat, Jayawijaya, dan Pulau Komodo.

Tiga tujuan wisata ini ada di bagian timur Indonesia, sehingga bagi Anda yang tinggal di wilayah barat biaya untuk mengunjungi tempat-tempat ini pasti tidak sedikit. Selain itu, biasanya untuk mengunjungi wilayah timur Indonesia lebih mudah jika menggunakan jasa tur agar tidak kesusahan mencari akomodasi di tempat tujuan.

Berikut adalah penjabaran sederhana mengenai berlibur ke Raja Ampat, Jayawijaya, dan Pulau Komodo. Diharapkan setelah membaca ulasan ini, Anda bisa memiliki gambaran apa saja yang harus dipersiapkan sebelum liburan dan berapa kisaran biaya yang dibutuhkan.

Raja Ampat

raja ampat

Siapa yang tidak kenal dengan Raja Ampat? Rasanya setiap kali menyebut tanah Papua, kita akan langsung mengingat Raja Ampat.

Bagi Anda yang menjadikan Raja Ampat sebagai tujuan wisata impian, maka harus menyiapkan sekitar 4 hari untuk berlibur, serta uang minimal 6 juta rupiah untuk backpacker, sedangkan tur sekitar Rp 15 juta per orang. Kenapa? Begini rincian sederhananya.

Bagi Anda yang berniat pergi dalam rombongan, ada baiknya untuk menggunakan jasa agen perjalanan atau tour and travel. Adapun kisaran paket perjalanan ke Raja Ampat adalah Rp 15 juta sampai Rp 18 juta. Angka ini merupakan harga perjalanan dari Jakarta ke Sorong, lalu ke Raja Ampat pulang balik, akomodasi, makan, serta tur ke pulau-pulau dan kegiatan lainnya.

Sedangkan jika Anda sendirian atau bahkan pergi dalam rombongan, maka menggunakan cara ala backpacker bisa jadi pengalaman yang menarik. Biaya tiket pesawat dari Jakarta ke Sorong adalah sekitar Rp 1,5 juta. Jika pulang balik, maka Rp 3 juta untuk tiket pesawat satu orang.

Lalu penginapan ada yang berupa hotel, adapula homestay. Jika Anda ingin biaya penginapan yang lebih murah, maka bisa memilih homestay. Kisaran harganya pun ada Rp 560 ribuan, jika Anda berdua atau bertiga, artinya semalam sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu per orang. Namun, jika Anda pergi sendirian, sebaiknya menyewa hotel. Kisaran harga hotel mulai dari Rp 400 ribuan untuk semalam.

Kemudian tarif masuk tiket ke area wisata Raja Ampat adalah Rp 500 ribu untuk wisatawan lokal, dan Rp 1 juta untuk wisatawan asing. Di area ini, Anda bisa menggunakan jasa transportasi ojek untuk menuju pelabuhan, kemudian dari pelabuhan ke pulau tujuan bisa menggunakan kapal. Untuk biaya transportasi ini, berjumlah Rp 300.000.

Terakhir, untuk harga makanan di Raja Ampat, rata-rata adalah Rp 20 ribu per porsi.

Jayawijaya

Puncak Jaya, Sudirman Range

Sumber : wikipedia

Pernah dengar salju abadi? Puncak Jaya, Puncak Carstensz Timur, Puncak Sumantri Brodjonegoro, dan Puncak Mandala di Pegunungan Jayawijaya, Papua adalah tempat salju abadi di Indonesia. Ketinggian pegunungan Jayawijaya ini mencapai 4.884 mdpl. Salah satu bagian dari Jayawijaya juga menjadi salah satu tambang emas terbesar di dunia yang dikelola oleh PT Freeport.

Hingga saat ini, sudah banyak pendaki yang berhasil menaklukan empat puncak pegunungan Jayawijaya dan menyaksikan keberadaan salju abadi. Bukan hanya mahal, untuk bisa sampai ke sini Anda butuh keberanian dan keterampilan mendaki yang tinggi. Selain medan pendakian yang sulit, cuaca di sini pun sangat dingin. Bahkan Anda harus siap menghadapi jika sewaktu-waktu ada hujan es.

Nah, rata-rata biaya yang dibutuhkan per orang untuk bisa mencapai area ini adalah Rp 25 juta. Hal ini karena akses menuju Jayawijaya yang sulit. Anda harus naik pesawat dua kali sebelum memulai pendakian.

Jika perjalanan dimulai dari Jakarta, maka Anda harus naik pesawat ke Nabire yang memakan waktu 6 jam. Selanjutnya, Anda naik pesawat kecil dari bandara Nabire ke Desa Sugapa di Kabupaten Intan Jaya. Adapun yang membuat tarif pesawat kecil ini mahal karena subsidi pesawat hanya berlaku untuk putra daerah, jadi wisatawan dari daerah lain tidak bisa menggunakan subsidi ini.

Kemudian jika Anda menggunakan jasa porter dan pemandu, perlengkapan pendakian, makanan, dan minuman untuk selama proses pendakian, biayanya bisa saja jadi lebih dari Rp 25 juta. Apalagi mendaki Puncak Carstensz misalnya, bisa memakan waktu hingga dua minggu.

Pulau Komodo

komodo
Sumber : Musthaq Nazeer dari Pixabay

Tujuan selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan memang tidak seekstrim Jayawijaya, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya puluhan juta untuk ke sini.

Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah lama menjadi daya tarik para wisatawan, baik itu lokal maupun manca negara. Kehadiran binatang purba di area ini yang membuat banyak orang ingin melihat langsung keberadaan komodo.

Kalau Anda menggunakan jasa agen perjalanan, biasanya tidak hanya Pulau Komodo, Anda juga akan dibawa berkeliling sepanjang Labuan Bajo menggunakan kapal. Adapun paket perjalanan ini dimulai dengan harga Rp 1.400.000. Tentunya angka ini tidak termasuk tiket pesawat dari Jakarta ke NTT, sekitar Rp 2 juta per orang untuk satu kali perjalanan.

Sedangkan, jika Anda ingin melakukan perjalanan sendiri, bisa membuat perhitungan sesuai informasi berikut ini.

Pertama, tiket pesawat dari Jakarta ke Labuan Bajo. Anda harus sedia sekitar Rp 4 juta untuk tiket pesawat pulang pergi. Kemudian untuk biaya penginapan selama di Labuan Bajo, bisa dipilih apakah Anda ingin menginap di hotel atau penginapan yang murah seperti hostel. Tarif hotel di sana berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu per malam.  Sedangkan, tarif hostel hanya Rp 150 ribu semalam. Kalaupun lebih, tidak akan semahal hotel.

Lalu biaya transportasi menggunakan kapal berkisar di angka Rp 1,7 juta sampai Rp 2,5 juta. Perbedaannya adalah Rp 1,7 juta sampai Rp 2 juta bukan kapal dengan pendingin ruangan (AC). Anda bisa menikmati AC jika menggunakan kapal bertarif Rp 2,5 juta ke atas.

Kapal akan berlayar selama 3 hari 2 malam untuk mengelilingi pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo, termasuk Taman Nasional Komodo. Nah, biaya makanan Anda hanya perlu memikirkan biaya makanan saat di darat saja. Hal ini karena selama berlayar, makanan disediakan selama 3 hari 2 malam di dalam kapal. Kalau mau murah, cukup cari makan di warung-warung pinggir jalan.

Jadi kalau dihitung-hitung, baik dengan paket perjalanan maupun sendiri, biaya berlibur ke Pulau Komodo bisa mencapai Rp 4,3 juta per orang.

Berhubung dengan adanya penataan kawasan wisata oleh pihak pemerintah daerah setempat, Anda tidak bisa masuk ke Pulau Komodo hingga tahun 2020 nanti.

Sudah siap jalan-jalan?

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi keuangan sebelum dan setelah liburan. Jangan sampai liburan membuat Anda tiba-tiba kekurangan uang. Atur keuangan Anda sebelum berangkat liburan dengan menggunakan sistem budgeting dan strategi keuangan yang tepat.

Komentar