Bingung Mau Klaim Asuransi Perjalanan?Ikuti Langkah Berikut

pentingnya asuransi perjalanan

Siapa pun pasti tidak menginginkan terjadinya kecelakaan saat sedang berlibur. Peristiwa yang seharusnya menyenangkan mendadak berubah menjadi petaka. Bencana memang tidak dapat diprediksi, seperti halnya kejadian jatuhnya pesawat Air Asia menjelang akhir tahun 2014. Pesawat yang membawa sekitar 155 penumpang dengan rute Surabaya-Singapura tersebut hilang kontak dalam perjalanannya. Kemudian tiga hari setelahnya baru diketahui pesawat tersebut terjatuh dan beberapa jenazah penumpang diketemukan.

Kejadian seperti ini terkadang membuat kita tersadar bahwa proteksi diri sangat penting. Walaupun pihak airline turut memberikan tunjangan namun tak ada salahnya membekali diri dengan memiliki asuransi perjalanan. Jika sudah demikian, barulah tersadar mengenai pentingnya sebuah asuransi perjalanan. Lembaga riset market dan konsultasi independen Internasional Finaccord menyebutkan bahwa pada tahun 2016 diperkirakan pertumbuhan angka penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri akan menjadi 10,9 juta orang atau meningkat sebesar 43,42% dibandingkan tahun 2012. Riset ini juga menunjukkan bahwa pembelian jumlah polis asuransi perjalanan di tahun 2016 akan mencapai 872.000 polis atau meningkat 59% dibandingkan data tahun 2012.

Bagi Anda yang hendak mengajukan asuransi perjalanan, pelajari dahulu pentingnya sebuah asuransi perjalanan. Dan bagi Anda yang sudah memilikinya, berikut langkah-langkah untuk pengajuan klaim asuransi perjalanan.

Alasan Menggunakan Asuransi Perjalanan

1.Gemar Traveling

Bagi Anda yang kerap melakukan perjalanan wisata baik untuk liburan maupun urusan bisnis maka Anda wajib memiliki asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan akan melindungi Anda dari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan baik saat sedang di dalam pesawat maupun di destinasi tujuan. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil asuransi perjalanan tahunan. Polis tahunan ini berlaku maksimum 60 hari untuk setiap perjalanan.

2.Destinasi Berisiko

Apabila Anda seorang jurnalis, pebisnis atau pemilik perusahaan yang memiliki banyak klien di berbagai negara dan kota maka pastikan untuk memiliki asuransi perjalanan. Anda tidak akan pernah tahu ke mana Anda akan dikirim oleh perusahaan. Apakah destinasi tersebut berisiko, daerah konflik, politiknya sedang tidak stabil, terorisme dan lainnya. Untuk itu, perlu membekali diri dengan asuransi perjalanan.

3.Barang-barang Penting

Saat bepergian biasanya Anda selalu membawa dokumen dan barang-barang berharga. Entah untuk urusan bisnis atau urusan lainnya. Menjaga terjadinya kerusakan atau kehilangan dokumen tersebut maka asuransi perjalanan dapat menenangkan pikiran Anda saat sedang melakukan perjalanan. Biasanya dokumen tersebut bisa diganti atau ditanggung oleh pihak asuransi apabila terjadi kerusakan, kehilangan sampai pencurian. Selain dokumen, kehilangan dan kerusakan bagasi Anda termasuk barang-barang di dalamnya dan barang yang dipakai atau dibawa selama Anda melakukan perjalanan akan ditanggung sampai batas limit yang tertera di sertifikat polis.

4.Kebutuhan Spesial

Kebutuhan ini biasanya mencakup kondisi medis Anda yang buruk, membawa anak-anak termasuk bayi dan juga orang tua lansia, serta keadaan darurat lainnya. Anda tentu membutuhkan polis bagus yang dapat melindungi kebutuhan keluarga Anda jika terjadi suatu hal yang darurat. Bila kondisi medis Anda memungkinkan diperlukan adanya kebutuhan medikasi dalam waktu cepat maka asuransi perjalanan dapat membantu untuk mengatasinya saat sedang melakukan perjalanan. Pelayanan medis ini biasanya termasuk pengobatan, pendaftaran ke rumah sakit dan kunjungan bagi pendamping, memonitor kondisi dan garansi biaya pengobatan, rujukan ke dokter, rumah sakit, kedutaan, pengacara ataupun penerjemah.

Proses Pengajuan Klaim Asuransi

Bila terjadi kecelakaan atau kerugian, Anda dianjurkan untuk segera menghubungi agen atau broker asuransi Anda ataupun pihak asuransi yang bersangkutan, bersama dengan dokumen dan informasi mengenai klaim Anda. Berikut yang perlu Anda sertakan :

A. Dokumen / informasi untuk pengajuan klaim

•Claimant mengisi formulir klaim terkait
•Anda harus menyediakan semua dokumen penting untuk mendukung klaim Anda. Pemberian dokumen yang lengkap akan mencegah penundaan pemeriksaan klaim sebab diperlukan penambahan waktu untuk mendapatkan informasi yang dipersyaratkan. Untuk perincian dokumen klaim yang diperlukan, silakan melihat informasinya di website perusahaan asuransi Anda atau bisa menelepon langsung ke call center yang bersangkutan
•Setelah dokumen yang diterima pihak asuransi telah lengkap, pihak asuransi akan segera mempelajari klaim Anda.

B. Kebutuhan darurat di luar negeri

•Bila Anda bepergian ke luar negeri dan membutuhkan bantuan untuk keadaan darurat karena sakit atau cedera, Anda bisa menghubungi Bantuan Layanan Darurat 24 Jam. Setiap perusahaan asuransi perjalanan memiliki bantuan ini. Mereka akan dengan sigap melayani Anda kapan saja dan di mana saja di seluruh dunia.
•Siapkan beberapa informasi saat Anda menelepon perusahaan asuransi perjalanan (bila Anda tidak bisa melakukannya sendiri, mintalah anggota keluarga, teman atau orang lain untuk melakukannya. Data-data yang diperlukan antara lain nomor polis asuransi Anda, nama Anda, lokasi Anda saat itu dan terangkan kondisi atau gejala yang Anda alami dan bantuan yang Anda butuhkan.
•Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Bantuan Layanan Darurat 24 Jam akan memberikan masukan atau bantuan lewat telephone. Bila menurut Bantuan Layanan Darurat 24 Jam kondisi kesehatan Anda butuh penanganan di tempat lain, atau harus kembali ke Indonesia (untuk WNI), dan dijamin dalam polis asuransi Anda, maka Bantuan Layanan Darurat 24 Jam akan mengatur evakuasi menggunakan cara terbaik yang sesuai dengan kondisi Anda.

Semakin sering melakukan perjalanan, maka Anda wajib mengetahui Apa Perlunya Pemanfaatan Asuransi Perjalanan?

Komentar