Transaksi Travel Secara Online Meningkat 150% Jelang Lebaran

Transaksi Travel Secara Online Meningkat 150% Jelang Lebaran

Lebaran mendatangkan pertumbuhan transaksi yang signifikan bagi pelaku bisnis travel online. Salah satu yang diuntungkan adalah situs Pegipegi. Situs ini juga mengalami kenaikan transaksi menyambut Lebaran 2017 ini.

Deputy CEO Pegipegi, Ryan Kartawidjaja, menyatakan bahwa transaksi yang terjadi di situsnya naik hingga 150% dari hari biasanya. Ia juga menyatakan bahwa pemesanan terbanyak yaitu pemesanan hotel.

“Yang terbanyak memang pemesanan untuk hotel, selebihnya baru pesawat dan kereta api,” jelasnya Ryan.

Peningkatan transaksi menjelang Lebaran ini juga terjadi di tahun 2016. Dari data internal Pegipegi diketahui bahwa peningkatan drastis terjadi saat dua minggu menjelang libur Lebaran. Dari data ini juga terlihat bahwa keberangkatan pesawat mulai meningkat saat seminggu menjelang Lebaran. Peningkatan sekitar 1,3 kali lipat dibandingkan hari biasanya. Melihat pola ini, peningkatan serupa juga diperkirakan akan terjadi di tahun ini.

Pegipegi memprediksi puncak pemesenan tiket pesawat terjadi saat periode libur Lebaran. Dimana tingkat kenaikannya diperkirakan tidak jauh dari tahun sebelumnya. Dari data 2016 juga ditemukan tren menginap di hotel akan melonjak sekitar tiga kali lipat saat libur Lebaran. Hal ini masih terlihat hingga seminggu setelahnya.

Masyarakat masih terbiasa memesan kamar hotel secara dadakan (last minute booking), yaitu pada tiga hari sebelum hari kedatangan (check-in). Perilaku ini umumnya terlihat pada pengguna smartphone. Meskipun adapula yang mempersiapkan keperluan akomodasi sejak 2 minggu sebelum hari kedatangan.

Dikarenakan adanya tren lonjakan pemesanan hotel, harga hotel pun ikut meningkat di setiap periode libur Lebaran. Dari data tahun lalu, harga kamar hotel di kota tujuan popular seperti Yogyakarta, Bandung, Solo, Bali, dan Jakarta mengalami peningkatan sekitar 110% sampai 150%.

Adanya pola yang terjadi saat Lebaran, Pegipegi pun melakukan riset untuk memperkirakan dan menemukan antisipasi saat terjadi lonjakan pemesanan tiket pesawat dan hotel. Dimana lonjakan pemesanan ini berdampak pada naiknya harga dan minimnya ketersediaan tiket dan kamar hotel.

“Melihat hal ini, kami menyarankan masyarakat untuk sesegera mungkin melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel melalui OTA seperti Pegipegi, agar bisa langsung membandingkan harga atau fasilitas secara lebih detail. Selain itu, manfaatkan juga berbagai promo yang kami tawarkan sebagai antisipasi terjadinya lonjakan harga jelang libur Lebaran tahun ini,” ujar Takeo Kojima, sebagai CEO dari Pegipegi.

 

[Source]

Komentar