Bom Sarinah Menyadarkan Kita Pentingnya Asuransi

Bom Sarinah Menyadarkan Kita Pentingnya Asuransi

Summary

Asuransi mumpuni memproteksi jiwa dan finansial seseorang ketika mengalami risiko bencana hingga kecelakaan

Jakarta diguncang teror. Seperti itulah headline beberapa media di Indonesia kemarin. Pada Kamis, 14 Januari 2015 kawasan Sarinah mendadak gempar karena terdapat 7 ledakan bom dan serangan baku tembak. Bom sarinah ini menewaskan tujuh orang korban dan menyebabkan puluhan orang luka-luka. Sungguh, peristiwa bermotif terorisme ini sangat terkutuk dan membuat masyarakat takut, cemas, dan panik.

Bom sarinah memang bukan kasus terorisme yang pertama kali melanda Indonesia. Indonesia pernah mengalami kasus terorisme beberapa kali seperti bom bali, bom kuningan dan lainnya. Tindakan terorisme memang sangat membahayakan nyawa dan jiwa manusia. Dan para teroris menyasar sembarang orang untuk menjadi korbannya. Pun, Anda tak akan pernah tahu apakah suatu saat menjadi korban dari terorisme ini atau tidak.

bom sarinah

Kawasan Sarinah jadi sorotan karena adanya ledakan bom sebanyak kurang lebih tujuh kali

Menyikapi hal tersebut, sebaiknya kita selalu waspada dan mawas diri. Membekali diri dengan asuransi adalah salah satu jalannya. Mengapa asuransi? Sebab, asuransi mumpuni melindungi Anda ketika terkena bencana dan kecelakaan yang menyebabkan tubuh Anda sampai cacat atau bahkan meninggal. Memang, kita tak pernah menghendaki mengalami bencana seperti bom sarinah misalnya. Namun, peristiwa tersebut berlangsung cepat dan terjadi di area publik. Korban bisa menimpa siapa saja bahkan pengguna transportasi publik sampai pejalan kaki.
Memiliki asuransi mumpuni menyelamatkan jiwa serta kantong Anda bila menjadi salah satu korban bom. Apa saja yang mendasari pentingnya sebuah asuransi tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Menyelamatkan dalam posisi genting

Katakanlah saat terjadi bom sarinah atau bom di area publik lainnya, Anda berada di lokasi kejadian. Dan naasnya, Anda menjadi salah satu korban yang terluka parah. Di saat genting tersebut semua orang akan menjadi panik. Masing-masing individu tentu akan berusaha menyelamatkan dan mengamankan dirinya masing-masing terlebih dahulu. Nah, luka yang Anda derita ini akan semakin parah apabila tak segera mendapat pertolongan.

Lantas, ketika dibawa ke rumah sakit untuk memperoleh pertolongan kondisi Anda sudah memburuk. Dengan memiliki asuransi, penanganan yang diberikan oleh pihak rumah sakit akan sangat cepat. Mengapa demikian? Memiliki kartu asuransi ibarat memiliki kartu sakti. Pihak rumah sakit akan segera menangani kondisi Anda begitu tiba di tempat. Sehingga luka parah Anda akan segera diobati dan nyawa Anda terselamtkan.

Memperoleh keuntungan maksimal

Dengan memiliki asuransi penanganan yang diberikan oleh pihak rumah sakit saat Anda menjadi korban bom tak sembarangan. Mereka akan bekerja berdasarkan prosedur yang berlaku sesuai dengan manfaat asuransi yang Anda miliki. Misalnya, Anda membayar premi Rp 500.000 setiap bulan pada perusahaan asuransi dengan perjanjian akan memperoleh perawatan dan menempati kelas 1.

Di satu sisi, ketika pemegang polis membayar premi sesuai prosedur, saat itu dia mendapatkan keuntungan yakni berlakunya proteksi bagi dirinya secara maksimal. Inilah keuntungan lain memilikia suransi yang masih belum disadari oleh masyarakat. Mereka beranggapan bahwa asuransi itu hanya buang-buang uang karena belum tentu langsung terpakai. Anggapan lainnya adalah, toh kita pasti selalu sehat dan selalu aman. Ya, kembali lagi pada pemikiran bahwa sakit dan bencana itu bisa dating kapan saja dan tak memandang siapa saja. Jadi, sangat penting membekali diri dengan asuransi.

Mendapat uang pertanggungan

Misalnya, saat terjadi bom sarinah atau bencana lainnya, Anda menjadi korban jiwa. Kejadian yang tak diinginkan ini tentu sangat membuat keluarga Anda kehilangan. Apalagi Anda memiliki istri dan anak-anak yang menjadi tanggungan belum lagi utang dan cicilan masih menumpuk. Lalu, siapa yang akan membiayai hidup mereka di masa depan? Bagaimana dengan utang-utang Anda? Anda mungkin tak lagi memikirkan hal tersebut, namun kehidupan keluarga Anda akan menjadi sulit. Terlebih bila Anda sama sekali meninggalkan tabungan dalam keadaan kosong.

Seandainya mendaftar asuransi, keluarga Anda tak akan ditinggalkan dengan tangan hampa belaka. Keluarga sebagai ahli waris akan mendapat jaminan keuangan untuk meneruskan hidup dan cita-cita walaupun Anda misalnya, sebagai tulang punggung keluarga mengalami musibah. Bahkan asuransi dapat membantu penyelesaian utang tertanggung di masa hidupnya. Pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan pada keluarga atas kerugian atau risiko terhadap jiwa dan masa depan Anda. Jumlahnya bervariasi, umumnya pihak asuransi memberukan uang pertanggungan 100-200 % atas segala kejadian baik sakit hingga kecelakaan yang menyebabkan terjadinya resiko meninggal dunia.

Menghindari keadaan tak terduga

Menjadi korban bencana bukan impian setiap masyarakat, Kedatangannya sama sekali tak dinantikan namun bisa menyerang Anda kapan saja dan di mana saja. Bom sarinah memang tak berdampak apa-apa pada jiwa maupun tubuh Anda. Tetapi, jika suatu saat Anda yang menjadi korban. Apa yang harus dilakukan?

Dalam kondisi terluka, Anda tak mungkin melarikan diri ke rumah sakit terdekat. Anda hanya bisa menunggu pertolongan datang, Dan akan sangat menyebalkan lagi jika sesampainya di rumah sakit, masih harus menunggu tersedianya kamar dan perawatan. Padahal tubuh Anda sudah terluka parah dan darah berlinang di beberapa bagian. Jika tak segera ditangani secara cepat akan berdampak buruk. Inilah pentingnya asuransi, kondisi yang terluka ini bisa terhindar karena pihak rumah sakit segera bertindak cepat untuk menangani tertanggung.

Setelah mengamati manfaat asuransi di atas, Anda tertarik untuk memproteksi diri dengan asuransi. Namun, masih bingung mau mendaftar asuransi jenis apa. Kami akan memberikan beberapa jenis produk asuransi terbaik sebagai pilihan untuk Anda.

1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah alat perlindungan dan penyelamatan dari berbagai kemungkinan risiko dalam kehidupan. Proteksi dan manfaat yang diperoleh dengan kepemilikan asuransi jiwa beragam. Antara lain :

  • Pemindahan risiko yang mungkin terjadi ke pihak ketiga, dalam hal ini adalah perusahaan asuransi (konsep asuransi konvesional) melalui produk asuransi jiwa.
  • Pemberian perlindungan terhadap pihak yang ditinggalkan (keluarga, ahli waris) bila seseorang meninggal dunia, baik secara tiba-tiba maupun yang telah diperkirakan.
  • Memberikan jaminan perlindungan bagi kesejahteraan Anda hingga mencapai tertent
  • Pemberian uang pertanggungan atas risiko meninggal dunia yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan. Manfaat ini dilengkapi dengan fasilitas diskon premi yang meningkat tiap tahun hingga mencapai usia tertentu.

2. Asuransi kesehatan

Produk asuransi ini memproteksi seseorang yang berkaitan dengan kesehatan Anda dan anggota keluarga. Banyaknya masyarakat yang memilih jenis asuransi kesehatan ini adalah karena adanya kesadaran tentang pentingnya arti perlindungan bagi kesehatan dan pikiran/alasan bahwa kesehatan itu adalah hal yang paling penting. Manfaat asurani ini antara lain :

  • Memperoleh fasilitas rawat inap dan rawat jalan sesuai premi yang diberikan;
  • Perawatan operasi, dan sebagainya
  • Memiliki masa proteksi paling lama, khususnya untuk penyakit kritis (hingga nasabah berusia 70-100 tahun).
  • Memberi pergantian pada tertanggung dalam jumlah tertentu misalnya Rp 500.000 per hari ketika kita di rawat rumah sakit.

Oleh sebab itu sebelum Anda memutuskan pilihan dalam hal berasuransi, hendaknya mengetahui terlebih dahulu jenis asuransi manakah yang menguntungkan serta bermanfaat bagi Anda dan keluarga ke depannya, dan mana yang malah merugikan. Semua pilihan masa depan dalam berasuransi ada di tangan Anda.

Sebelum memutuskan untuk daftar asuransi, simak dulu artikel mengenai Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan, Mana yang Lebih Sesuai?

Komentar