Bisakah Anda Buka Puasa dengan Rp 35.000 Di Jakarta?

Bisakah Anda Buka Puasa dengan Rp 35.000 Di Jakarta?

Siapa yang tidak sabar untuk menyambut Ramadhan 2019? Bulan suci ini juga jatuh pada awal Mei 2019.

Selain keseruan tradisi Ramadhan yang dilakukan bersama keluarga, bazar Ramadhan juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Tidak hanya oleh mereka yang menjalankan puasa, melainkan juga oleh masyarakat umum.

Pada bazar Ramadhan, Anda akan menemukan makanan berbuka puasa dengan harga yang lebih murah dari harga toko. Makanan yang disajikan pun beragam, mulai dari takjil hingga makanan berat. Yang menarik lagi, Anda akan menemukan makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Dimana makanan-makanan ini jarang ditemui jika pada hari biasa.

Nah, menyambut Ramadhan kali ini, AturDuit menyajikan ulasan ringan mengenai buka puasa murah meriah dengan Rp 35.000.

Apa yang bisa Anda dapatkan dengan Rp 35.000?

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memang mengalami inflasi. Namun bukan berarti tidak ada sajian murah meriah untuk acara buka puasa Anda.

Bagi yang berdomisili di Jakarta pasti kenal dengan bazar Ramadhan di Pasar Benhil, Jakarta Selatan. bazar di Pasar Benhil ini mulai setiap hari dari jam 2 siang sampai selesai, atau sekitar jam 7:30 malam.

Sebagaimana pada bazar Ramadhan di Pasar Benhil, pada dasarnya jajanan berbuka puasa yang dijajakan di berbagai penjuru Jakarta pun memiliki kisaran harga yang tidak jauh beda, yaitu antara Rp 2.000 sampai Rp 15.000. Sedangkan untuk jenis makanan lengkap, bukan takjil, harganya bisa Rp 30.000 tergantung lauk yang dipilih.

Berikut adalah kisaran harga untuk jajanan berbuka puasa yang bisa didapatkan sepanjang Ramadhan. Harga yang tertera merupakan harga rata-rata yang berlaku di area Jakarta. Kota-kota lainnya pasti menerapkan harga berbeda, yang biasanya, justru lebih murah.

ItemKisaran Harga
GorenganRp 1.000 – Rp 2.500
Takjil (kolak, cendol, atau hidangan manis lain)Rp 3.500 – Rp 10.000
Makanan berat (nasi/mie dan hidangan tambahan)Rp 5.000 – Rp 30.000
Jajanan tradisional (lemper, kue putu, keripik, dan lain-lain)Rp 2.000 – Rp 15.000
Berbagai sumber

Jadi, sebenarnya kurang dari Rp 50.000 pun sudah bisa ngabuburit sambil berburu takjil.

Di mana bisa mendapatkan takjil murah?

Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa Pasar Benhil merupakan tempat bazar makanan yang padat dikunjungi selama Ramadhan. Jika mau ke sini, lebih baik menggunakan angkutan umum. Padatnya pengunjung akan membuat Anda kesulitan mencari tempat parkir.

Bagi penduduk Jakarta, selain Pasar Benhil, ada juga Blok S, dan Gandaria. Selain pusat-pusat jajanan Ramadhan ini, sebenarnya penjaja takjil tersebar hampir seluruh Jakarta.

Pasti beberapa tetangga Anda ada juga yang berjualan takjil selama Ramadhan di depan rumahnya, atau di tempat yang disediakan oleh pihak Rukun Tetangga (RT) setempat. Harganya pun tidak akan beda jauh dengan yang ada di bazar-bazar, yaitu antara Rp 1.500 sampai Rp 5.000.

Saran dari AturDuit, daripada berdesak-desakan berburu takjil, lebih baik membantu tetangga dengan membeli dagangan mereka. Selain lebih nyaman karena letaknya di lingkungan tempat tinggal, Anda juga tidak perlu mengeluarkan ongkos tambahan untuk pulang pergi ke tempat bazar.

Namun jika Anda suka keramaian, maka di Jakarta ada banyak pusat bazar takjil yang bisa dikunjungi.

Nah, tidak susah kan mencari hidangan berbuka puasa murah di Jakarta? Tapi kalau Anda ingin makan di mall, maka budgetnya pun bisa mencapai Rp 100.000 per orang.

Jangan lupa juga kalau bulan Ramadhan juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari uang tambahan lewat kuliner Ramadhan.

Komentar