Buku-Buku yang Menyelamatkan Anda dari Masalah Keuangan

Buku-Buku yang Menyelamatkan Anda dari Masalah Keuangan

Cuma baca buku demi resolusi tahun baru? Kenapa tidak tambah daftar baca Anda di pertengahan tahun ini dengan buku-buku bermanfaat. Ingat, investasi dalam bentuk pengetahuan adalah investasi terbaik.

Oleh karenanya, kami rekomendasikan lima buku tentang keuangan pribadi untuk inspirasi Anda. Dengan inspirasi dari buku-buku ini juga Anda bisa mengetahui bagaimana cara cerdas memanfaatkan uang Anda dengan efektif untuk meperoleh kehidupan finansial yang mapan.

Enam rekomendasi ini kami pilih dari berbagai topik berbeda sehingga Anda bisa memilih pengetahuan mana yang paling Anda butuhkan.

50 Financial Wisdom Seri 4 Cerdas Edisi Financial (Eko P.Pratomo)

50 financial wisdom

Sumber : financialwisdom.id

Buku 50 Financial Wisdom ini sebenarnya terdiri dari beberapa seri. Di mana setiap seri akan membahas topik khusus, seperti reksa dana, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan investasi. Seri ke 4 ini berisi tentang cerdas finansial, yang bisa digunakan siapa saja.

Buku ini memang disusun dengan bahasa yang mudah dipahami semua orang. Bahkan jika Anda merupakan pemula dalam manajemen keuangan ini.

Penulis dari seri 50 Financial Wisdom ini juga memiliki program pelatihan mengenai keuangan dan investasi. Beberapa buku lain yang diterbitkannya berbicara tentang reksa dana.

Jadi, jika Anda membutuhkan bacaan keuangan yang ringan tapi bisa dipraktikan dalam kehidupan finansial Anda. Maka buku ini bisa menjadi salah satu pilihannya.

Broke Millennial: Stop Scraping by and Get Your Financial Life Together (Erin Lowry)

broke millenial

Sumber: books.google.com

Bokek merupakan permasalahan umum di kalangan milenial, apalagi milenial muda yang baru bekerja. Nah, coba pupuk pengetahuan Anda dengan buku karya Erin Lowry ini.

Ada beberapa poin penting yang ingin penulis bicarakan dalam buku ini. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Memahami hubungan Anda dengan uang.

2. Mengatur utang, contoh yang diberikan di sini adalah pinjaman pendidikan, namun bisa Anda terapkan pada jenis utang apapun.

3. Budaya nongkrong dengan teman-teman.

4. Bagaimana Anda harus jujur dengan pasangan, termasuk mengenai utang atau pinjaman.

5. Buku ini dilengkapi dengan kisah nyata, sehingga pembaca dapat dengan memudah memahami pesan yang ingin disampaikan.

Walaupun buku ini cukup menarik, namun memang ada beberapa orang yang mengulas dan keberatan bahwa tips yang disampaikan hanya untuk mereka yang berpenghasilan tetap.

Sedangkan, banyak milenial yang menjadi pekerja lepas dengan pendapatan berbeda tiap bulannya.

Tertarik? Anda bisa mendapatkan buku Broke Millenial ini dalam bentuk e-book atau fisik di platform toko online seperti Tokopedia.

The Total Money Makeover: A Proven Plan for Financial Fitness (Dave Ramsey)

Sumber : www.daveramsey.com

Jika Anda mencari buku keuangan dari seorang ahli atau praktisi, maka buku inilah jawabannya.

Penulis dari The Total Money Makeover adalah Dave Ramsey, seorang konsultan dan pengajar keuangan. Dia menuangkan pengalamannya selama 20 tahun di bidang keuangan dalam buku ini agar semua orang bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih baik mengenai kehidupan finansial secara menyeluruh.

Di websitenya, Dave Ramsey menulis bahwa dia berharap dengan membaca buku ini, Anda dapat melakukan perombakan keuangan yang meliputi:

  1. Rancangan menyuluruh untuk menyelesaikan semua utang
  2. Mengenali mitos-mitos keuangan yang justru berbahaya
  3. Memiliki simpanan yang melimpah untuk keperluan darurat dan pensiun
  4. Secara positif merubah hidup Anda

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki Dave, tidak mengherankan kalau buku ini menjadi buku dengan penjualan terlaris di Amerika.

Yang menarik dari buku ini adalah pengetahuan dalam buku ini tidak dirancang untuk segelintir orang atau kalangan saja. Melainkan untuk semua orang dari umur produktif berapapun, juga untuk semua kalangan berapapun penghasilannya.

Sekarang, waktunya Anda untuk memiliki buku ini dan mendapatkan pengetahuan menyeluruh untuk membantu kehidupan finansial Anda.

Personal Finance for Dummies (Eric Tyson)

Sumber : www.goodreads.com

Siapa yang tidak pernah mendengar buku ini? Tidak dipungkiri bahwa panduan mendasar untuk keuangan pribadi seperti yang dituangkan Eric Tyson dalam buku ini adalah pengetahuan wajib bagi siapa saja.

Di buku ini Anda akan menemukan tentang prioritas keuangan dan memahami penggunaan semua fasilitas keuangan yang Anda miliki dengan benar.

Contohnya, ada satu bagian di buku ini yang mengatakan bahwa penggunaan kartu kredit hanyalah untuk kemudahan dan bukan untuk menambah utang. Kemudian ada juga bagian yang menjelaskan tentang pemanfaatan utang untuk hal-hal yang produktif dan memiliki nilai tambah, bukan untuk hal konsumtif.

Yang menarik lagi, ada juga bagian dari buku ini yang memuat panduan agar Anda siap menghadapi perubahan dalam hidup. Dimana perubahan ini juga akan merubah kebutuhan finansial Anda.

Buku ini dikemas dengan Bahasa ringan sehingga mudah dipahami siapa saja. Personal Finance for Dummies merupakan buku yang cocok untuk Anda yang baru saja mendapat pekerjaan, atau untuk Anda yang baru mulai memperbaiki kondisi keuangan.

Semua informasi di buku ini merupakan hal mendasar yang bisa diaplikasikan siapa saja dengan penghasilan berapa saja. Jadi jika Anda mencari buku keuangan yang mudah dipahami dan memuat hal-hal mendasar tentang pengelolaan keuangan, buku ini adalah pilihannya.

All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan (Elizabeth Warren, Amelia Warren Tyagi)

Sumber : www.amazon.com

Jika Anda melihat ulasan buku ini di situs goodreads, Anda akan menemukan banyak tanggapan positif untuk buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan.

Penulis dari buku ini adalah Elizabeth Warren dan putrinya Amelia Warren Tyagi. Para pembaca menganggap bahwa buku ini sangat bagus untuk mereka yang ingin membuat keputusan finansial yang penting dalam hidupnya.

Buku ini juga bagus untuk mereka yang baru memulai karirnya atau yang berumur 20an. Selain itu, buku ini disarankan untuk mereka yang sedang mengalami kesulitan finansial dan ingin mencari jalan keluar.

Struktur penulisan buku yang praktis juga menjadikan pembaca bisa dengan mudah mengikuti setiap langkah yang diberikan. Anda pastinya tidak akan menemukan banyak teori dari buku ini, melainkan langkah sistematis yang dapat dipahami oleh siapa saja.

Satu lagi nilai lebih dari buku ini adalah bahasanya yang positif. Dengan gaya bahasa yang positif, Elizabeth dan Amelia tidak ingin siapapun yang membaca buku ini merasa bersalah atau terpuruk dengan kesulitan finansial yang dialami. Mengingat kesulitan finansial adalah permasalahan umum yang pasti pernah dirasakan semua orang.

Secara ringkas, di buku ini memberikan tips berguna mengenai keuangan pribadi. Salah satunya yang bisa Anda ikuti adalah tips pembagian penghasilan. Yaitu, 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan atau kebutuhan sekunder, dan 20% untuk tabungan.

Make Your Kid A Money Genius (Even If You’re Not) (Beth Kobliner)

Sumber : hellogiggles.com

Pengetahuan tentang finansial memang paling baik untuk diberikan juga pada anak-anak. Buku berjudul Make Your Kid A Money Genius (Even If You’re Not) ini cocok untuk para orang tua yang ingin melatih anak-anaknya dalam mengelola keuangan.

Penulis Beth Kobliner akan menjelaskan mengapa memberikan pengetahuan dini tentang uang adalah hal yang penting. Beth bahkan menyuguhkan penjelasan tentang pendidikan finansial usia dini ini dalam beberapa kategori umur. Jadi, para orang tua bisa dengan mudah menemukan bagian yang cocok dengan anak-anaknya.

Beth sendiri adalah bekas anggota Dewan Penasehat Kemampuan Finansial Untuk Anak Muda Amerika saat Presiden Barack Obama menjabat. Pengalamannya menjadikan Beth bisa memahami bagaimana mengemas hasil penelitan dan pengamatannya untuk semua orang tua dan anak-anak.

Bagi Beth, pengetahuan finansial yang baik sejak dini akan melatih anak-anak agar terbiasa bijak dengan uangnya di masa yang akan datang. Bagi para orang tua, mereka juga bisa menyiasati bagaimana menyikapi permintaan anak-anaknya akan berbagai hal sehingga tidak perlu terlilit hutang.

Buku ini juga menyederhanakan topik keuangan yang rumit sehingga para orang tua bisa dengan mudah memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam melatih anak-anaknya. Bahasa yang digunakan ringan dengan tips yang praktikal. Rasanya setiap orang tua perlu menyimpan buku ini agar dapat dibaca kembali jika sewaktu-waktu butuh referensi.

Baik Anda adalah karyawan, pengusaha, mahasiswa, atau orang tua, kelima buku di atas merupakan buku-buku keuangan pribadi yang mudah dipahami dan dapat diaplikasikan. Karena sebenarnya, permasalahan keuangan yang dihadapi kebanyakan orang tidak terletak pada besar kecilnya penghasilan. Lebih dari itu, pola pikir yang salah karena kurangnya pengetahuan bisa membuat Anda terjebak dalam kondisi finansial yang merugikan.

Selain buku-buku keuangan ini, perlu disimak juga tips keuangan yang cocok untuk mengelola keuangan keluarga.

Komentar