Pekerja Di Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Terabaikan

Pekerja Di Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Terabaikan

Sebuah koalisi dari LSM yang bernama Solidaritas Pekerja Kelapa Sawit meminta pemerintah untuk memperhatikan permasalahan payung hukum yang melindungi jutaan pekerja di sektor industri minyak kelapa sawit. Mereka melihat bahwa pekerja di sektor ini dieksploitasi dengan berbagai cara oleh para pemilik usaha.

Mereka menyatakan kelapa sawit sudah dikembangkan sejak ratusan tahun lamanya dan menjadi salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Namun di sisi lain, mereka yang bekerja di perkebunan kelapa sawit seringkali terabaikan.

“Indonesia tidak pernah memiliki regulasi khusus untuk pekerja kelapa sawit. Pengajuan regulasi khusus harus dilakukan segera untuk mencegah pelanggaran hak terjadi lebih jauh lagi,” ungkap Deputi Direktur Andi Muttaqien dari ELSAM.

ELSAM merupakan satu dari 11 kelompok yang berada dalam koalisi itu. Kelompok lainnya yang juga tergabung adalah Linkar Advokasi dan Riset (Link-AR Borneo) dan OPPUK.

Koalisi ini pun hadir dengan membawa hasil investigasinya. Dalam sebuah wawancara, OPPUK dan Link-AR Borneo mempresentasikan temuan mereka dalam kegiatan investigasi mengenai pelanggaran hak yang terjadi di perkebunan kelapa sawit. Investigasi ini mengambil tempat di Sumatera Utara dan Kalimantan Barat. Salah satu pelanggaran hak yang terjadi adalah, para pekerja dilarang untuk membentuk persekutuan buruh. Adapun kasus lainnya yaitu pekerja di bawah umur dan kurangnya sarana pemeliharaan kesehatan.

Andi juga mengatakan bahwa baik pemerintah dan DPR harus segera melakukan langkah awal yaitu, menelaah ulang Undang undang Ketenagakerjaan tahun 2003 dan Undang undang Perkebunan tahun 2014. Andi menganggap perlu dimasukkan pasal khusus untuk perlindungan hak pekerja perkebunan kelapa sawit.

Sebagai penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia memiliki sekitar 11,6 miliar hektar perkebunan kelapa sawit dan menghasilkan sekitar 35 juta ton di tahun 2016. Selain itu, ada sekitar 16 juta orang yang bekerja di sector kelapa sawit.

Kondisi ini menunjukkan bahwa sudah saatnya pemerintah mengatasi pelanggaran hak para pekerja di perkebunan kelapa sawit. Koalisi ini pun berharap pemerintah dapat bergerak cepat dan melindungi mereka yang bekerja di sektor ini.

[source]

Sumber image www.wwf.org.au

Komentar