Cara Berhemat BBM Dengan Menggunakan Kartu Kredit

berhemat bbm

Gonjang-ganjing kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) menyebabkan semua pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat gusar. Apalagi tahun 2015, masyarakat dijungkirbalikkan dengan kondisi BBM yang naik turun tak menentu. Kondisi tersebut seolah memacu setiap pemilik kendaraan untuk berpikir keras bagaimana caranya untuk berhemat BBM.

Meskipun di awal tahun ini, presiden memberikan hadiah bagi setiap pengguna kendaraan dengan menurunkan harga BBM bersubsidi jenis Premium dan Solar dari Rp. 7.600 menjadi Rp 6.600/liter, dan solar Rp 6.400/liter nyatanya itu tak bertahan lama. Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk menaikkan kembali harga BBM jenis Premium menjadi Rp 6.800 per liter pada awal Maret 2015 ini. Namun, pemerintah tak mengubah harga BBM jenis Solar sehingga tetap di harga Rp 6.400 per liter.

Untuk harga Pertamax juga mengalami kenaikan. Pertamax Plus 95 dijual di harga Rp 9.450 per liter sebelumnya berada di level Rp 9100 per liter.  Pertamax 92 dihargai Rp 9.250 per liter, padahal sebelumnya ada di angka Rp 8.050 per liter. Lonjakan BBM non subsidi ini juga terjadi secara signifikan.

Pun kenaikan harga BBM juga melanda perusahaan minyak lainnua yang beroperasi di Indonesia. Salah satunya ialah PT Shell Indonesia. BBM Shell dengan produk Super dibanderol Rp 8.150 per liter, V-Power Rp 8.350 per liter dan Diesel Rp 9.800 per liter. Jika dilihat dari pantauan harga sebelumnya, Shell membanderol BBM jenis Super di level Rp 8.100 per liter, V-Power di harga Rp 9.100 per liter dan Diesel di angka Rp 9.500 per liter

Berbagai upaya coba dikerahkan pemilik kendaraan untuk berhemat BBM. Salah satunya adalah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan menggantinya dengan transportasi publik. Ada yang sudah mempraktikkannya, ada juga yang belum. Buktinya jalanan masih saja dipadati oleh kendaraan pribadi yang lalu lalang dari pagi hingga malam hari.

Cara berhemat BBM selain dengan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi bisa juga disiasati dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini bisa diterapkan oleh para pemilik kendaraan yang masih bergantung pada kendaraan pribadinya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Daripada terus memusingkan pro kontra BBM lebih baik manfaatkan fasilitas cash back hingga promo diskon BBM dari kartu kredit. Kartu kredit yang bisa Anda pilih untuk berhemat BBM, antara lain :

Citibank Kartu Kredit Cash Back

Citibank jenis cash back memudahkan segala transaksi Anda dalam pembelanjaan di berbagai merchant. Salah satunya untuk pembelian BBM. Kartu kredit ini memberikan cash back hingga 5% untuk semua transaksi, termasuk saat membeli bahan bakar di SPBU, atau sampai dengan Rp 500.000 per bulan atau Rp 6.000.000 per tahun dengan penukaran cash back minimum Rp 50.000/bulan.

Penawaran untuk berhemat BBM dari Citibank  tak hanya dirasakan di SPBU Jabodetabek melainkan di SPBU Non Jabodetabek yang turut berpartisipasi, seperti di Bandung dan Medan. Untuk promo di SPBU Non Jabodetabek ini, Anda bisa memperoleh cash bonus hingga Rp 10 ribu pada transaksi kedua. Beberapa keuntungan lain juga dapat Anda rasakan dengan memakai kartu kredit ini dan membayar biaya tahunan sebesar Rp 225.000. Belum memiliki kartu kredit Citibank Cash Back? Silakan daftar di AturDuit.

Kartu Kredit BCA Black Card (MasterCard atau Visa)

Bagi Anda pemegang kartu kredit BCA khususnya Black Card baik MasterCard ataupun Visa, kemudahan berhemat BBM ada di depan mata. Khususnya untuk pengguna kendaraan yang setia mengonsumsi Shell. Anda akan memperoleh voucher Shell sebesar Rp 50.000 dengan melakukan minimal transaksi di Shell sebesar Rp 350.000.

Voucher gratis tersebut dapat digunakan untuk pembelian berikutnya dan tidak dapat digunakan untuk mengurangi jumlah transaksi awal yang dilakukan. Voucher ini berlaku untuk pembelian BBM Shell tipe apa saja. Dan dapat digunakan di seluruh SPBU Shell seluruh Indonesia. Promo dari BCA Black Card ini berlaku dari 1 Januari – 31 Maret 2015.

Kartu Kredit Danamon Platinum

Kemudahan pembelian BBM dengan kartu kredit juga dapat dirasakan oleh pemilik kartu kredit dari Danamon, khususnya Danamon Platinum. Anda bisa memperoleh cash back setiap pembelian bahan bakar. Cara menikmati manfaat cash back dari Danamon Platinum adalah melakukan 5 kali transaksi ritel dalam 1 bulan dengan nominal Rp 100.000,- per transaksi. Anda bisa mengajukan kartu kredit jenis ini dan membayar biaya tahunannya sebesar Rp 500.000.

Sejatinya, Anda sendiri yang memutuskan mau melakukan penghematan BBM dengan cara apa. Bagaimanapun BBM sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Pengeluaran setiap bulan untuk BBM pun wajib diprioritaskan dan dimasukkan dalam anggaran bulanan. Sama halnya seperti kebutuhan sandang dan papan.

Pro kontra BBM sebaiknya disikapi melalui Apakah Indonesia Siap Menghadapi Kenaikan Harga BBM?

 

Komentar