Cara Praktis Cek dan Bayar Tagihan PDAM Secara Online

Cara Praktis Cek dan Bayar Tagihan PDAM Secara Online

Membayar berbagai iuran merupakan rutinitas setiap bulan. Namun, ada beberapa cara yang membuat rutinitas membayar iuran Anda lebih mudah.

Salah satunya adalah rutinitas membayar iuran air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum).

Akan lebih mudah jika Anda bisa memastikan besaran iuran sebelum membayarnya. Juga lebih mudah lagi jika semua bisa dilakukan tanpa harus mendatangi loket pembayaran.

Cara cek tagihan PDAM

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengecek tagihan PDAM secara online. Anda bisa ke situs PDAM di kota tempat Anda berdomisili, atau menggunakan website lainnya seperti Traveloka dan Tokopedia.

Fasilitas pengecekan tagihan online ini memang belum merata di semua kota di Indonesia. Berikut adalah beberapa link untuk mengecek tagihan PDAM di beberapa kota.

Tangerang

http://www.pdamtkr.co.id/tagihan

Bogor

https://pdamkotabogor.go.id/thepelgn/index.php?p=simulasi

Makassar

http://bm.pdam-makassar.com/report/

Sumatera Utara

http://pdamtirtanadi.co.id/tes-tagihan-air/

Semarang

https://www.pdamkotasmg.co.id/tagihan

Kota Bandung

SMS pendaftaran (REG(spasi)No. langganan kirim ke 0816604774)

Kemudian cara untuk cek tagihan sama untuk semua website, kecuali Bandung, yaitu dengan memasukkan nomor ID pelanggan.

Jika Anda lupa nomor ID pelanggan Anda, maka cek di meteran air yang terpasan di rumah. Lebih mudah lagi, cek bukti pembayaran sebelumnya. Jadi, pastikan untuk tidak menghilangkan bukti pembayaran.

Setiap perusahaan air minum bisa jadi memiliki kode yang berbeda. Namun, Anda bisa melihat pada bagian “Nomor Pelanggan” atau “Member” yang tertera pada bukti pembayaran Anda.

Digit nomor dari nomor ini memang banyak, sehingga cara paling aman agar Anda tidak lupa adalah dengan menyimpan bukti pembayaran.

Satu hal lagi yang harus diingat mengenai ID pelanggan ini adalah, pastikan nomor ID pelanggan yang diterima dari pihak PDAM sesuai dengan yang tertera pada meteran air di rumah Anda.

Cara ini juga digunakan jika Anda ingin memeriksa tagihan melalui website lainnya seperti Traveloka dan Tokopedia. Masuk ke laman tagihan, kemudian masukkan ID pelanggan Anda. Tagihan akan mucul setelah Anda klik “Lanjutkan”.

Cara bayar

Membayar tagihan PDAM secara online bukanlah hal yang asing lagi bagi orang Indonesia. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membayar tagihan PDAM ini.

Melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Membayar tagihan PDAM bisa dilakukan melalui ATM caranya cukup umum untuk setiap bank. Yaitu, pilih menu “Pembayaran” untuk kemudian masuk ke pilihan tagihan yang akan dibayarkan. Setelah itu masukkan kode PDAM dan nomor pelanggan Anda. Berikut adalah ilustrasi untuk pembayaran tagihan PDAM melalui ATM lebih jelasnya.

bni pdam

Sumber : tirtaraharja.co.id

Online banking

Selanjutnya adalah pembayaran menggunakan online banking. Cara ini lebih praktis, karena Anda cukup menggunakan satu situs untuk mengurus semua tagihan atau keperluan keuangan lainnya. Sebagai contoh, kami menggunakan situs KlikBCA.

klik bca

Pertama, login ke akun online banking Anda. Masukkan User ID dan Password Anda, lalu klik “LOGIN”.

klik bca 2

Lalu klik pilihan “Pembayaran”, kemudian “Air/PAM” untuk ke laman berikutnya.

bca

Selanjutnya, masukkan nomor bayar wilayah sesuai dengan tempat Anda berdomisili, pilih wilayah, dan pilih perusahaan air minum yang Anda gunakan. Klik “Simpan ke Daftar Pembayaran” untuk memudahkan pembayaran tagihan berikutnya, lalu klik “LANJUTKAN”.

Anda kemudian akan melihat data tagihan. Selanjutnya masukkan kode dari token key BCA Anda, terakhir klik “Kirim”.

Konfirmasi pembayaran akan dikirim juga melalui email, sehingga Anda bisa dengan mudah menyimpan bukti pembayaran.

Website dan aplikasi lainnya

Aplikasi dan website yang kami maksudkan di sini adalah marketplace seperti Traveloka dan Tokopedia.

Traveloka

Setelah melakukan pengecekan tagihan, Anda bisa langsung menekan tombol “Lanjutkan”. Aplikasi Traveloka akan mengarahkan Anda ke laman pembayaran. Adapun, saat ini, Traveloka menerima pembayaran lewat beberapa metode berikut ini.

  1. Via UANGKU
  2. Via Transfer Bank
  3. Via ATM
  4. Via BCA KlikPay
  5. Via kartu kredit
  6. Via Alfamart

Biaya admin untuk pembayaran PDAM lewat Traveloka adalah Rp 1.500.

Tokopedia

Membayar tagihan PDAM menggunakan Tokopedia hampir sama dengan Traveloka. Buka laman pembayaran PDAM pada website Tokopedia lalu login ke akun Anda. Kemudian masukkan nomor tagihan pelanggan serta wilayah tempat layanan Anda.

Klik “Bayar” dan Anda akan melihat informasi jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Lalu klik “Lanjut” untuk memilih metode pembayaran. Anda bisa membayar langsung dengan e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, dan Klik BCA. Tokopedia juga memungkinkan Anda untuk membayar offline melalui gerai Indomart atau Alfamart.

Biaya admin untuk pembayaran melalui Tokopedia adalah antara Rp 1.500 hingga Rp 2.500 tergantung kebijakan dari pihak PDAM dari masing-masing wilayah.

Tips untuk hemat air

Selain mengetahui cara mengecek dan membayar tagihan PDAM, Anda juga harus mengetahui tips berhemat air. Menghemat air tidak hanya meringankan tagihan bulanan Anda, melainkan juga lebih ramah lingkungan.

Periksa kebocoran pipa

Kebocoran kecil bisa jadi penyebab terbuangnya air sia-sia. Selain bisa menyebabkan bengkaknya meteran penggunaan air, kebocoran ini juga bisa merusak rumah Anda.

Periksa saluran air di rumah Anda, untuk memastikan tidak ada kebocoran. Segera perbaiki jika Anda melihat keretakan, atau tanda-tanda kebocoran.

Mencuci banyak sekaligus

Walaupun agak susah dilakukan, apalagi jika Anda memiliki anak, namun usahakan untuk tidak mencuci setiap hari. Hal ini untuk menghemat penggunaan air untuk mencuci.

Jadwalkan mencuci pakaian sekali atau dua kali dalam seminggu. Dengan demikian, Anda tidak menggunakan air lebih banyak dari yang seharusnya. Selain itu, Anda juga jadi punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal lainnya karena waktu mencuci sudah terjadwal.

Tampung air hujan

Ini merupakan cara lama yang masih sangat berguna. Anda bisa menggunakan ember atau bak untuk menampung hujan. Pastikan juga sistem penampungan hujan Anda tidak mengundang nyamuk.

Air hujan ini bisa digunakan untuk menyiram tanaman dan mencuci perabotan rumah tangga.

Simak juga panduan kami lainnya mengenai cara mengecek dan membayar tagihan listrik.

Komentar