Cek dan Bayar Tagihan BPJS Kesehatan dengan Cara-Cara Ini

Cek dan Bayar Tagihan BPJS Kesehatan dengan Cara-Cara Ini

Memiliki jaminan kesehatan, dulu, merupakan hal yang sulit untuk diakses semua lapisan masyarakat. Terutama mereka yang berada pada lapisan menengah ke bawah. Oleh karenanya, sejak Januari 2014 PT Askes bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan sistem yang lebih mudah dijangkau masyarakat.

Kemudian hadir lagi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

Bagi Anda yang menjadi peserta BPJS Kesehatan, tapi masih bingung mengenai tagihannya, maka informasi ini cocok untuk Anda.

Kami akan menjabarkan dengan sederhana mengenai bagaimana cara cek tagihan BPJS Kesehatan.

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan

Anda bisa cek tagihan BPJS Kesehatan menggunakan empat cara online ini.

1. Website

laman bpjs kesehatan

Sumber : bpjs-kesehatan.go.id

Jika Anda memiliki kartu BPJS Kesehatan, maka cara cek tagihan melalui website sangatlah mudah. Silakan akses ke alamat situs BPJS Kesehatan, lalu pilih “Cek Iuran BPJS Kesehatan”. Maka Anda akan diarahkan ke laman seperti di atas.

Anda tinggal memasukkan nomor BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan kode captcha, lalu klik “Cari”.

Setelah itu Anda akan melihat data BPJS Kesehatan, termasuk jumlah tanggungan, total tagihan, serta tanggal jatuh temponya.

2. Aplikasi

aplikasi jkn

Sumber : play.google.com

Cara lain yang bisa digunakan adalah melalui aplikasi. Akses aplikasi ini pada Google Play Store untuk pengguna android, atau App Store untuk pengguna ios. Lalu unduh dan instal pada perangkat smartphone Anda.

Klik “Pendaftaran Peserta Baru” jika Anda belum memiliki kartu JKN-KIS. Sedangkan bagi yang sudah memiliki kartu, klik “Pendaftaran Menggunakan Mobile” untuk membuat akun pada aplikasi ini.

Selain bisa digunakan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan, aplikasi ini bisa digunakan untuk menemukan pusat layanan kesehatan yang terdekat dengan tempat domisili Anda.

3. SMS

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan layanan pesan singkat atau SMS.

Adapun format SMS untuk mendapatkan informasi tagihan BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut.

NIK<spasi>Nomor Kependudukan atau NOKA<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan

kirim ke nomor layanan BPJS : 08777-5500-400 

Setelah itu, tinggal menunggu balasan dari pihak BPJS Kesehatan mengenai tagihan Anda.

Dimana membayar tagihannya?

Setelah mengetahui berapa besaran tagihan BPJS Anda, maka selanjutnya adalah membayar iuran BPJS sebelum jatuh tempo.

1. Kantor BPJS

Pilihan pertama, tentunya kantor BPJS.

Caranya cukup datang ke kantor BPJS terdekat lalu utarakan bahwa Anda ingin membayar tagihan BPJS Kesehatan. Anda akan dipandu oleh petugas untuk proses pembayarannya. Cukup membawa kartu BPJS Kesehatan dan sejumlah uang untuk membayar tagihannya.

 2. ATM

Cara selanjutnya adalah melalui ATM. Tinggal pilih “Pembayaran” pada mesin ATM untuk bisa melihat pilihan menu tagihan yang ingin Anda bayar.

Adapun bank yang menyediakan layanan pembayaran BPJS Kesehatan lewat ATM adalah BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan BTN.

3. Kantor Pos

Sebagaimana membayar lewat kantor BPJS, membayar iuran BPJS Kesehatan lewat kantor POS cukup datang dan langsung ke loket untuk membayar.

Jangan lupa untuk membawa kartu BPJS Kesehatan, serta sejumlah uang untuk membayar iurannya.

4. Minimart

Membayar iuran atau tagihan BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan di minimart. Adanya layanan ini di berbagai minimart lebih memudahkan karena hampir di setiap lingkungan perumahan tersedia minimart seperti AlfaMart dan Indomaret.

Anda tinggal datang ke kasir untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan. Setelah proses pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan struk sebagai bukti pelunasan tagihan.

Mudah kan? Anda bisa cek tagihan BPJS Kesehatan sesuai dengan cara yang menurut Anda nyaman.

Nah, selain BPJS Kesehatan, adapula BPJS Ketenagakerjaan. Untuk lebih mengenal manfaat dan bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, silakan simak pada ulasan kami ini.

Komentar