Meriahkan Harbolnas 12.12 Dengan Cerdas Untuk Dapatkan Keuntungan

Meriahkan Harbolnas 12.12 Dengan Cerdas Untuk Dapatkan Keuntungan

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mulai diadakan pada tahun 2017, tepatnya tanggal 12 Desember. Program ini diadakan untuk membantu pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi bagian dari market place online.

Karena tanggal penyelenggaraannya, Harbolnas dikenal juga dengan 12.12. Pada tahun lalu, program ini pun diikuti oleh 200 e-commerce di seluruh Indonesia.

Nah, dengan adanya pesta belanja online ini, bukan berarti para pembeli bisa bersikap impulsif. Pun bagi penjual, pastinya ada beberapa hal yang harus disiapkan.

Walaupun masih bulan depan, namun Anda bisa mulai mempersiapkan diri untuk Harbolnas. Berikut adalah beberapa ide yang kami sajikan baik untuk Anda sebagai pembeli maupun sebagai pengusaha toko online.

online shopping

Pembeli

Menjelang Harbolnas 12.12, sudah banyak website yang menyajikan tips agar tidak ketinggalan sales. Namun karena tugas kami adalah membantu Anda dalam mengatur duit, maka kali ini kami ingin Anda mengetahui bagaimana menyikapi Harbolnas dari segi finansial.

Perhatikan dua poin berikut ini yang menjelaskan bagaimana caranya agar apa yang Anda belanjakan memiliki nilai finansial yang lebih.

Membuat wishlist

Ada dua manfaat utama dari membuat wishlist saat Harbolnas. Pertama, untuk membantu Anda saat flash sale, yang kedua untuk mencegah Anda overbudget.

Flash Sale

Saat masa belanja online nasional dimulai, akan ada waktu-waktu tertentu dimana pihak e-commerce mengadakan diskon besar-besaran untuk beberapa item. Momen ini dikenal dengan flash sale. Biasanya durasinya hanya sebentar (hanya beberapa menit). Oleh karena itu, para calon pembeli akan berebutan untuk bisa mengakses website market place.

Membuat wishlist untuk momen seperti ini. Caranya, masukkan item yang masuk dalam flash sale pada wishlist Anda. Langkah ini akan menghemat waktu karena Anda tidak perlu membuang waktu untuk browsing barang yang hendak dibeli.

Jadi 15 menit sebelum flash sale dimulai, Anda sudah bersiap-siap di laman wishlist. Sehingga saat flash sale mulai, Anda bisa langsung melakukan berbelanja.

Mencegah overbudget

Manfaat lainnya dari membuat wishlist adalah untuk mencegah Anda dari overbudget karena terlalu lama browsing item yang ingin dibelanjakan.

Alasannya, karena laman wishlist memperkecil kesempatan untuk tergoda dengan item lain saat berbelanja, karena Anda bisa langsung ke wishlist untuk berbelanja.

Anda juga bisa menyeleksi item sebelum berbebelanja, dengan menghapus item yang tidak diperlukan dari wishlist. Sehingga penggunaan uang dalam pesta belanja online ini tidak ada yang sia-sia.

Belanja untuk jangka panjang

Pernakah terpikir bahwa Anda bisa memanfaatkan momen Harbolnas untuk kebutuhan jangka panjang?

Anda bisa menggunakan momen turunnya harga ini untuk berhemat di saat-saat selanjutnya. Misalnya dengan melakukan belanja rumah tangga saat Harbolnas untuk kebutuhan beberapa bulan ke depan. Sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk sebulan kedepan, atau bahkan lebih.

Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk mengganti perabot rumah tangga yang rusak atau membeli perangkat rumah tangga baru yang bisa dipakai dalam waktu lama. Sehingga Anda bisa mengerjakan pekerjaan rumah dengan lebih cepat dan efektif. Anda pun tidak perlu repot memanggil tukang untuk memperbaiki peralatan rumah tangga.

Jeli dengan harga

Perlu diingat bahwa terkadang ada pemilik toko online yang menaikkan harga sebelum memberikan diskon. Oleh karenanya, Anda mungkin akan menemukan toko online yang harga barangnya tidak banyak berkurang dari harga asli.

Agar Anda bisa mendapatkan deal terbaik, tidak ada salahnya untuk membandingkan harga ke beberapa situs lainnya. Jangan sampai Anda memasukkan item dengan diskon abal-abal ke dalam wishlist hanya karena Ana tidak mau membandingkan harga dengan situs lain.

Tunaiku

Tunaiku

Pinjaman dana online hingga Rp 20 juta cair dalam 24 jam

Penjual

Bagi Anda yang memiliki akun di e-commerce sebagai merchant, Harbolnas pasti akan menjadi hari sibuk. Hal ini karena Anda akan menerima banyak pesanan.

Anda harus siap-siap untuk mengurus pengiriman dalam jumlah besar. Selain itu, Anda harus ikut mempromosikan Harbolnas di akun media sosial agar makin banyak orang yang berbelanja di toko Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan jika Anda merupakan pihak penjual di saat Harbolnas.

Antisipasi pesanan

Pastinya Anda perlu mengantisipasi banjirnya pesanan ke toko Anda. Nah, pastikan Anda menyiapkan beberapa hal berikut ini.

  • tenaga kerja

Anda harus mempertimbangkan apakah dibutuhkan tenaga tambahan sementara atau tidak. Ada baiknya Anda mempersiapkan satu atau dua orang untuk mengantisipasi pesanan yang melonjak. Apalagi jika jenis barang yang Anda jual adalah jenis barang yang berpotensi banyak dipesan, seperti pakaian, aksesoris, atau telepon genggam.

Adanya tenaga tambahan juga bisa membantu dalam menerima pesanan di saat Anda tidak sedang memantau.

  • internet

Satu hal kecil yang perlu Anda perhatikan adalah ketersediaan internet. Jangan sampai penerimaan pesanan terganggu karena sambungan internet yang terganggu.

Walaupun Anda memiliki fasilitas wifi, isi ulang juga kuota internet untuk telepon Anda sebagai antisipasi jikalau sambungan internet Anda mengalami gangguan. Jangan sampai pelayanan Anda melamban karena masalah internet yang harusnya bisa diantisipasi.

  • perlengkapan pengemasan

Selanjutnya yang harus dipastikan tersedia perlengkapan pengemasan. Seperti kotak, plakban, kertas, serta printer yang berfungsi baik. Jangan lupa juga untuk menyediakan perlengkapan alat tulis serta kwitansi untuk keperluan pengiriman bukti pembayaran.

  • ketersediaan stok

Pastinya Anda juga harus memastikan adanya ketersediaan stok selama Harbolnas. Tambah stok untuk antisipasi selama Harbolnas tidak ada ruginya. Dengan demikian Anda tidak akan kehilangan pembeli karena stok yang habis.

Jika memang barang tidak habis saat itu juga, maka stok masih bisa digunakan untuk penjualan berikutnya. Jadi tidak ada ruginya untuk menambah persediaan barang yang akan dijual.

Promosi

Walaupun pihak market place atau e-commerce sudah melakukan promosi dengan gencar, tapi yang menjadi materi promosi adalah barang yang dijual atau besaran diskon, bukan toko Anda.

Oleh karena itu, gunakan media sosial yang Anda miliki untuk memberi tahu lebih banyak orang mengenai link toko online yang Anda kelola. Sehingga, setidaknya, pengikut pada media sosial Anda mengtahui dengan pasti dimana harus berbelanja.

Selain media sosial, Anda juga bisa menggunakan sarana lain seperti group chat atau memberitahukan secara langsung ke orang-orang terdekat.

Salah satu kesalahan dari pemilik toko online adalah menyepelekan promosi karena menganggap memiliki toko di sebuah website e-commerce sudah cukup.

Baik Anda sebagai penjual maupun pembeli, jangan sampai melewatkan momen hari belanja online nasional ini. Persiapkan diri agar bisa memanfaatkan momen Harbolnas dengan maksimal.

Bagi Anda yang hanya scrolling saat pesta belanja online 10.10 dan 11.11, pastikan tanggal 12 Desember nanti, Anda berpartisipasi. Jangan lupa juga bahwa tidak hanya market place yang meramaikan Harbolnas. Artinya, Anda bisa juga mendapatkan penawaran menarik dari mana saja.

Gunakan juga fasilitas keuangan promo kartu kredit yang bisa memberikan keuntungan saat Anda berbelanja.

Komentar