Cara Termudah Daftar Menjadi Driver Go-Jek (Syarat dan Langkah Lengkap)

Cara Termudah Daftar Menjadi Driver Go-Jek (Syarat dan Langkah Lengkap)

Mencari penghasilan tambahan memang bisa melalui berbagai sumber. Salah satunya dengan bekerja paruh waktu sebagai pengemudi layanan transportasi online.

Salah satu aplikasi online yang menarik minat banyak orang untuk bergabung adalah Go-Jek. Dengan jenis layanan yang makin banyak dan area coverage yang makin luas, tentunya kebutuhan untuk tenaga driver pun bertambah.

Oleh karenanya bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai driver Go-Jek, berikut ini adalah penjabaran mengenai cara daftar menjadi driver Go-Jek lengkap dengan apa saja persyaratannya.

Syarat-syarat menjadi driver Go-Jek

Tentunya untuk menjadi driver Go-Jek ada persyaratan yang harus dipenuhi. Buat checklist untuk syarat-syarat yang dibutuhkan sebagaimana berikut.

  1. Memiliki SKCK dan KTP
    Selain dokumen yang berkaitan dengan kendaraan, pastikan juga Anda memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Dokumen ini pastinya untuk menjamin keamanan penumpang nantinya karena pihak Go-Jek memiliki data lengkap Anda.
  2. Memiliki kendaraan bermotor
    Mengingat status driver dengan Go-Jek adalah mitra, maka Anda diharuskan memiliki kendaraan sendiri untuk kebutuhan operasional. Jika ingin menjadi driver Go-Ride harus memiliki sepeda motor, sedangkan untuk Go-Car harus memiliki mobil. Ada juga layanan lain seperti Go-Box yang mengharuskan Anda memilki truk pick up sendiri.
  3. Memiliki dokumen kendaraan yang lengkap
    Tentunya Anda harus memiliki dokumen kendaraan yang lengkap seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Dokumen-dokumen ini harus masih aktif. Jika STNK atau SIM Anda sudah kadaluarsa, sebaiknya diperpanjang sebelum memulai proses pendaftaran.
  4. Memiliki telepon pintar (smartphone) android
    Anda juga membutuhkan telepon pintar atau ponsel android. Nantinya Anda harus download aplikasi khusus driver untuk menerima pesanan dari calon penumpang.

Perlu diingat juga, sebaiknya Anda memiliki memori minimal 1 GB agar bisa menggunakan aplikasi tanpa gangguan. Hal ini mengingat Anda harus bisa menerima dan menanggapi pesanan dengan cepat, apalagi di jam-jam sibuk.

Jika Anda sudah memiliki ketiga persyaratan ini, saatnya untuk mendaftarkan diri menjadi mitra Go-Jek.

Cara daftar driver Go-Jek

Saat mendaftarkan diri menjadi mitra Go-Jek perlu diingat bahwa Anda tidak langsung diterima untuk menjadi driver. Tapi Anda harus memenuhi persyaratan dan menyelesaikan semua prosedur pendaftaran dengan benar.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah melakukan pendaftaran.

  1. Pilih layanan yang diinginkan
    Akses website Go-Jek atau langsung gunakan alamat https://join.go-jek.com/ untuk menentukan Anda ingin bergabung dengan layanan Go-Jek yang mana. Anda cukup klik layanan yang diinginkan, kemudian Anda akan masuk ke laman formulir pendaftaran.pilih layanan
  2. Masukkan data yang dibutuhkan
    Langkah berikutnya adalah mengisi data-data awal yang dibutuhkan.
    website go-jek

    Sumber : https://daftar.go-ride.co.id/

    Klik “Daftar” setelah memasukkan semua data yang dibutuhkan. Supaya lebih aman, jangan lupa untuk melihat panduan pendaftaran terlebih dahulu sebelum memasukkan data Anda. Panduan disajikan dalam bentuk video hingga mudah dipahami.

    Adapun email yang digunakan haruslah gmail. Jika Anda belum punya, bisa membuat akun email baru di gmail.com.

  3. Verifikasi nomor ponsel
    Anda akan menerima SMS dari pihak Go-Jek setelah melakukan pendaftaran, berupa empat angka kode verifikasi.sms kode verifikasiKode ini untuk membuktikan bahwa nomor ponsel yang Anda masukkan adalah benar. Selanjutnya adalah memasukkan kode verifikasi.verifikasiKlik atau tekan “Kirim” jika kode verifikasi yang dimasukkan sudah benar. Setelah itu Anda bisa melanjutkan pengisian data lainnya seperti nomor darurat, nomor telepon alternative, dan alamat domisili.
  4. Upload dokumen yang dibutuhkan
    Selanjutnya adalah upload foto dokumen-dokumen yang diperlukan berupa, SKCK, KTP, SIM, dan STNK.Dokumen yang diupload tidak boleh lebih dari 10 megabyte dan harus jelas. Pada setiap kali Anda upload dokumen, akan ada kolom yang meminta data-data terkait dokumen yang diupload. Pastikan Anda mengisi semua informasi yang dibutuhkan dengan benar.
    Selanjutnya, setelah semua dokumen yang diminta lengkap, klik “Kirim”. Lalu Anda akan diarahkan ke laman konfirmasi. Klik “OK” untuk konfirmasi bahwa semua data yang dimasukkan sudah benar.
  5. Notifikasi Go-Jek
    Jika semua data sudah dikirim, Anda akan mendapatkan notifikasi dari Go-Jek melalui SMS.Adapun jika data belum lengkap, Go-Jek tetap mengirimkan SMS yang memuat link untuk melengkapi data atau dokumen Anda. Klik link tersebut, dan masukkan kembali empat angka kode verifikasi. Anda pun akan langsung melihat halaman di mana ada data yang kurang atau tidak lengkap.Lengkapi data, upload atau upload ulang dokumen yang kurang. Jika sudah, klik “Kirim” kemudian verifikasi dengan klik “OK”.Anda pun akan mendapatkan SMS notifikasi dari Go-Jek yang menyatakan bahwa data sudah lengkap. Jika SMS notifikasi sudah diterima, maka Anda bisa segera datang ke kantor Go-Jek di kota domisili untuk mengurus prosedur selanjutnya.
  6. Mengunduh aplikasi Go-Ride
    Jika Anda diterima untuk menjadi mitra Go-Jek, maka Anda bisa mengunduh aplikasi Go-Ride untuk digunakan dalam operasional sehari-hari. Anda pun akan mendapatkan helm dan jaket Go-Jek, serta kelengkapan lain seperti masker dan penutup kepala untuk digunakan oleh penumpang.

Yang perlu Anda perhatikan

Saat Anda memutuskan untuk menjadi mitra Go-Jek, pastinya ada beberapa hal yang harus Anda ingat. Selain agar berkesempatan untuk diterima, poin-poin ini juga bermanfaat untuk perencanaan keuangan Anda ke depannya.

  • Perpanjang dokumen yang kadaluarsa

Sebagaimana yang Anda lihat pada langkah pendaftaran driver Go-Jek, Anda harus upload foto semua dokumen yang dibutuhkan. Oleh karenanya, pastikan semua dokumen tidak kadaluarsa.

  • Miliki rencana untuk masa depan

Menjadi driver Go-Jek jangan dijadikan sebagai sumber penghasilan untuk selamanya. Jika Anda belum memiliki pekerjaan tetap, maka pastikan untuk memiliki rencana ke depannya, entah itu mendapatkan pekerjaan tetap atau usaha. Hal ini karena banyaknya driver, mengakitbatkan penghasilan tiap orang menjadi berkurang.

Bagaimana? Sudah jelas bukan penjelasan di atas?

Jika Anda mencari di google, pastinya akan menemukan banyak website yang menulis tentang cara daftar menjadi driver Go-Jek. Namun yang kami sajikan adalah cara terbaru sesuai panduan website Go-Jek, dan sudah kami coba sendiri.

Perlu juga diketahui bahwa penyedia transportasi online di Indonesia tidak hanya Go-Jek. Anda bisa juga bisa menjadi driver untuk Grab sebagai sumber penghasilan tambahan.

Nah, bagi Anda yang masih asing dengan aplikasi Go-Jek dan belum memiliki aplikasinya, simak penjabaran kami tentang cara membuat akun Gojek.

 

Sumber image : medium.com/@fraudbusters

Komentar