Cara Daftar Grab Driver Secara Offline dan Online

Cara Daftar Grab Driver Secara Offline dan Online

Tidak hanya mereka yang belum bekerja, saat ini, orang yang sudah mapan dan memiliki pekerjaan pun menjadi pengemudi transportasi online untuk mendapat penghasilan tambahan.

Salah satu penyedia layanan transportasi yang besar di Indonesia adalah Grab. Banyak orang yang menjadi konsumen setia dari Grab. Tidak mengherankan jika makin banyak juga orang yang memiliki kendaraan ingin bergabung dengan perusahaan ini sebagai pengemudi atau driver.

Bagi Anda yang berniat untuk menjadi driver Grab, sebaiknya memperhatikan persyaratan dan langkah-langkah yang kami jabarkan di bawah ini.

Syarat untuk mendaftar

Sebelum Anda mulai proses pendaftaran, ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki. Persyaratan-persyaratan ini ada yang membutuhkan dokumen, dan ada yang tidak. Lengkapnya, perhatikan poin-poin berikut ini.

Persyaratan umum:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 22 tahun dan maksimal 55 tahun
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Bisa membaca dan menulis
  4. Memiliki alamat Gmail
  5. Memiliki kendaraan sendiri (mobil atau motor yang sesuai ketentuan Grab)
  6. Menguasai area tempat beroperasi nantinya
  7. Bersedia mengikuti proses seleksi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Grab
  8. Menyiapkan Rp 100.000 untuk top up awal bagi yang sudah memiliki smartphone
  9. Menyiapkan Rp 150.000 untuk top up awal bagi untuk yang masih mencicil smartphone
  10. Smartphone buka CDMA (Smartfren/Esia)

Dokumen yang harus disiapkan:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (fotocopy dan asli)
  2. Untuk pemilik KTP luar kota, sertakan surat keterangan domisili
  3. Fotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan yang masih berlaku (STNK)
  4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  5. Surat keterangan kesehatan dari dokter untuk usia 50 tahun atau lebih
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  7. Asuransi kendaraan (untuk mobil)

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah persyaratan untuk kendaraan yang akan digunakan. Berikut spesifikasi kendaraan yang menjadi ketentuan dari pihak Grab.

Untuk mobil maksimal usia kendaraan adalah lima tahun, sedangkan untuk jenisnya diutamakan jenis MPV atau family car.

Adapun untuk motor tidak ada ketentuan khusus. Poin paling penting adalah mesin motor masih berfungsi dengan baik, dan bisa digunakan dengan nyaman untuk penumpang.

Cara mendaftar grab driver

Ada dua cara untuk mendaftar menjadi driver Grab, yaitu secara offline dan online. Pendaftaran secara offline dilakukan dengan mendatangi tempat-tempat pendaftaran Grab secara langsung. Sedangkan pendaftaran online dilakukan dengan mengakses website Grab atau partnernya.

Pendaftaran offline

Langkah pertama adalah dengan mendapatkan formulir pendaftaran untuk nantinya diserahkan secara langsung ke kantor Grab. Bagi Anda yang hendak menjadi driver untuk GrabCar, formulir bisa Anda dapatkan lewat situs resmi Grab.

Kemudian semua persyaratan dan formulir yang sudah diisi dibawa ke tempat pendaftaran. Beberapa lokasi pendaftaran driver di area Jakarta yang bisa didatangi yaitu Maspion Plaza, Plaza Semanggi, Cibubur Junction, dan Teras Kota.

Sedangkan untuk pendaftaran GrabBike, harus dimulai dengan pendaftaran online.

Pendaftaran online

Mendaftar lewat situs Grab

Pendaftaran online untuk GrabBike dimulai dengan mengakses laman pendaftaran mitra di situs Grab, kemudian lakukan pendaftaran online.

1. Isi semua kolom dengan sesuai

langkah 1 grab

Sumber: Grab

2. Setelah mengisi semua kolom, Anda akan mendapatkan empat digit nomor kode verifikasi lewat SMS. Masukkan empat kode verifikasi untuk langsung menuju ke laman pendaftaran.

kode verifikasi3. Setelah berada pada laman pendaftaran, Anda harus mengupload semua berkas dan dokumen yang diminta. Setelah selesai, klik “SUBMIT”.

formulir 1

formulir 24. Setelah semua dokumen lengkap, Anda tinggal menunggu konfirmasi panggilan untuk seleksi. Ingat, Grab enggunakan Gmail untuk mengirimkan informasi. Jadi pastikan Anda memiliki akun Gmail sebelum mendaftar.

Untuk pendaftaran GrabCar, langkah yang ditempuh juga sama. Hanya saja Anda harus mau terdaftar di koperasi atau badan hukum, serta mengikuti uji KIR (uji kelayakan kendaraan bermotor). Kunjungi website Grab berikut untuk mendaftar Grab driver.

Mendaftar lewat KUDO

Grab memiliki partner untuk membantu pendaftaran online serta top up saldo. KUDO bisa menjadi salah satu layanan untuk membantu proses pendaftaran calon driver Grab. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

kudo

  1. Buat akun pada website KUDO atau download aplikasinya.
  2. Setelah Anda memiliki akun, siapkan softcopy semua dokumen yang dibutuhkan, untuk nantinya diupload.
  3. Selanjutnya, masuk ke kolom Grab dan pilih Pendaftaran Pengemudi.
  4. Anda kemudian akan menemukan tiga kolom, yaitu Buat Pendaftaran Baru, Lanjutkan Pengisian Formulir, Cek Status.
  5. Setelah semua formulir diisi, Anda bisa melakukan top up saldo lewat akun KUDO.
  6. Jika top up saldo sudah dilakukan, selanjutnya Anda menunggu panggilan untuk tahap seleksi, serta pengumuman kelulusan seleksi.

Apa yang perlu Anda ketahui

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami, kalau perlu tanyakan, saat Anda melakukan pendaftaran untuk menjadi driver. Berikut beberapa diantaranya;

1. Perhitungan insentif

Cara perhitungan insentif untuk driver mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Memang banyak website yang menuliskan tentang hal ini, namun ada baiknya Anda mendapatkan penjelasan langsung dari pihak Grab saat menghadiri tahap seleksi.

2. Hak dan kewajiban

Hal ini pastinya dijelaskan oleh pihak Grab saat Anda mengikuti pelatihan. Namun, pastikan Anda memahami semua poin. Jika ada yang tidak jelas, jangan ragu untuk bertanya.

3. Ketahui peraturan terbaru

Pemerintah terkadang melakukan revisi untuk mengatur jalannya transportasi online. Pastikan Anda mengetahui apa saja persyaratan yang harus dimiliki untuk menghindari masalah di kemudian hari.

4. Siapkan semua dokumen persyaratan dalam bentuk softcopy

Hal ini bukan hanya memudahkan Anda saat melakukan proses pendaftaran. Anda juga memiliki salinan yang bisa Anda gunakan di kemudian hari.

Simak juga informasi dari kami tentang Grab, terutama mengenai perhitungan insentif Grab.

Selamat memulai pendaftaran Anda, jangan lupa untuk tetap mengutamakan keamanan Anda dan penumpang saat bekerja.

 

Sumber image : grab.com

Komentar