Manfaat, Tips Menggunakan dan Cara Registrasi IB BRI Dengan Mudah

Manfaat, Tips Menggunakan dan Cara Registrasi IB BRI Dengan Mudah

Tidak mau ketinggalan dengan perkembangan kebutuhan nasabahnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga mengeluarkan produk perbankan yang menggunakan internet. Layanan ini disebut Internet Banking BRI atau IB BRI.

IB BRI merupakan sebuah layanan perbankan elektronik yang dirancang untuk memberikan kemudahan bertransaksi bagi para nasabahnya. Hal ini karena mereka bisa mengakses IB BRI dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya untuk transfer dan menerima uang, melainkan juga untuk pengecekan saldo, dan keperluan perbankan lainnya. Masih banyak lagi manfaat dari fitur internet banking ini dan akan kami jabarkan lebih jelas selanjutnya.

Jika Anda ingin menikmati fitur internet banking dari BRI, Anda harus melakukan registrasi dulu untuk mendapatkan akun. Berikut adalah penjelasan tentang bagaimana cara mendaftar dan syarat apa saja yang dibutuhkan. Tidak lupa beberapa hal tentang keamanan menggunakan internet banking.

Mengapa menggunakan IB BRI?

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa fitur internet banking ini ditujukan untuk memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam melakukan kegiatan perbankan. Berikut alasannya kenapa nasabah BRI harus memiliki akun IB BRI.

  1. Transaksi bisa dimana saja

Dengan menggunakan kemudahan sambungan internet, Anda cukup mengakses situs https://ib.bri.co.id/ib-bri/ setiap hendak melakukan transaksi. Layanan ini bisa digunakan kapan saja karena bisa diakses 24 jam. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot mencari ATM atau ke bank cabang terdekat untuk melakukan transaksi, bahkan di malam hari. Anda bisa mengakses situs IB BRI ini baik dari PC maupun smartphone.

  1. Anda tidak membutuhkan perangkat tambahan

Tidak seperti bank lainnya yang mengharuskan Anda memiliki perangkat tambahan berupa token, IB BRI menggunakan sistem mToken. Dengan sistem ini, sistem BRI akan mengirimkan PIN ke nomor ponsel yang terdaftar setiap Anda melakukan transaksi. Sehingga Anda tidak membutuhkan perangkat tambahan untuk melakukan transaksi.

  1. Keamanan situs yang bisa dipercaya

Situs IB BRI menggunakan sistem keamanan berlapis untuk situsnya. Juga PIN akan dikirimkan ke nomor ponsel terdaftar, sehingga tidak mungkin orang lain mengetahui PIN mToken Anda.

Sistem kemanan ini bertujuan untuk mencegah pencurian data nasabah yang bisa berujung pada penggunaan akun nasabah secara illegal, seperti pencurian dana nasabah. Anda pun bisa bertransaksi dengan tenang karena data Anda tidak mungkin disalahgunakan oleh pihak lain.

  1. Interface situs yang mudah dimengerti

Komponen penting dalam situs yang menyajikan layanan untuk umum adalah tampilan atau interface yang mudah dimengerti. Anda tidak akan susah memahami instruksi di situs IB BRI karena dibuat sederhana dan mudah dipahami siapa saja, bahkan oleh mereka yang tidak internet savvy.

Bagaimana mendapatkan akun IB BRI?

Setelah mengetahui keuntungan atau manfaat dari memiliki akun IB BRI, berikut cara mendapatkannya. Lama proses registrasi hanyalah sehari.

Persyaratan yang dibutuhkan

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Bukti kepemilikin rekening BRI seperti buku tabungan dan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
  3. Memiliki nomor ponsel dari provider selular yang bermitra dengan BRI, seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Mobile 8.
  4. Memiliki email yang masih valid untuk keperluan verifikasi saat bertransaksi nantinya selain mToken.

Registrasi dan aktivasi melalui customer service di kantor cabang

Internet Banking BRI dari Customer Service BRI

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi dengan lebih detail, cara terbaik untuk registrasi adalah melalui customer service di kantor cabang BRI terdekat. Adapun cara registrasi lewat kantor cabang adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat.
  2. Pastikan membawa ponsel dengan nomor yang hendak digunakan untuk mToken. Pendaftaran mToken dilakukan saat Anda registrasi akun IB BRI.
  3. Setelah pembuatan akun selesai, Anda kemudian harus melakukan aktivasi mToken dengan bantuan customer service di bank. Setelah mToken aktif baru akun IB BRI bisa digunakan untuk transfer dan pembayaran tagihan. Tanpa aktivasi mToken, akun Anda hanya bisa digunakan untuk cek saldo dan pemindahan pembukuan.

Registrasi lewat ATM

IB BRI lewat ATM BRI

Saat Anda ke mesin ATM untuk membuat akun IB BRI, ini yang perlu Anda lakukan.

  1. Masukkan PIN ATM
  2. Pilih “menu lainnya
  3. Pilih “menu registrasi
  4. Pilih “internet banking
  5. Masukkan enam digit password untuk akun internet banking Anda (bisa berbeda dengan PIN ATM Anda)
  6. Ulangi input password untuk konfirmasi
  7. Kemudian Anda akan mendapatkan User ID internet banking
  8. Setelah proses registrasi selesai, Anda akan mendapatkan struk berisi User ID dan password akun IB BRI
  9. Selanjutnya Anda masuk ke situs IB BRI

Aktivasi akun Internet Banking BRI

Aktivasi BRI mbanking

 

  1. Masukkan User ID dan password yang tertera pada struk dari ATM, lalu masukkan juga kode Captcha
  2. Anda akan masuk halaman Syarat dan Ketentuan, setelah dibaca secara menyeluruh dan dipelajari, klik “setuju
  3. Anda lalu diminta merubah password akun IB BRI juga memasukkan email
  4. Registrasi selesai dan bisa digunakan untuk cek saldo dan pemindahan pembukuan tabungan
  5. Anda tidak bisa melakukan transfer atau kegiatan perbankan selain cek saldo dan pemindahan pembukuan sebelum mToken aktif

Proses registrasi ini hanya akan memberikan User ID dan password. Untuk aktivasi mToken, Anda harus ke kantor cabang.

Bagaimana mengantisipasi risiko penggunaan internet banking?

Bagaimanapun jaringan internet bisa menjadi rawan bagi pengguna jasa internet banking. Adapun risiko bertransaksi dengan internet banking adalah sebagai berikut.

  1. Jangan akses IB BRI menggunakan wifi di tempat umum

Penggunaan jaringan internet di tempat umum tidak aman untuk aktivitas perbankan Anda, karena jaringan ini tidak dilengkapi sistem keamanan yang baik. Artinya, pengguna internet yang lain juga bisa dengan mudah mengakses akun perbankan Anda. Jadi pastikan Anda hanya menggunakan jaringan internet yang aman (secure) untuk mengakses akun IB BRI.

Selain itu, gunakan perangkat pribadi untuk akses akun perbankan Anda. Jangan gunakan perangkat bersama seperti PC di restoran atau perpustakaan. Pastikan hanya Anda yang mengakses PC ini.

  1. Scan PC secara berkala

Membersihkan perangkat PC dari virus secara berkala memang seringkali tidak dianggap hal yang urgent. Padahal, bisa saja para pelaku cybercrime menggunakan virus untuk mengakses data di PC Anda. Ingat, data perbankan Anda bisa saja disalahgunakan dan berujung pada kerugian finansial.

Oleh karenanya, upgrade program anti-virus Anda dan pastikan firewall dalam keadaan aktif.

  1. Jangan berikan data perbankan Anda pada siapapun

Tips ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan berikan password Anda pada siapapun, bahkan pada sahabat atau keluarga. Jika ada dari mereka yang membutuhkan bantuan Anda seperti transfer dana atau pembayaran tagihan, jangan izinkan mereka untuk mengakses akun Anda. Anda bisa membantu namun harus Anda sendiri yang mengakses dan melakukan transaksi.

Tidak perlu takut untuk bergabung dengan masyarakat digital dan menggunakan internet banking. Selain lebih fleksibel dan mudah untuk digunakan, pihak perbankan juga memastikan bahwa layanannya aman bagi nasabah.

Jangan lupa juga untuk melihat kembali tips transaksi aman menggunakan internet banking di bank lainnya, seperti KlikBCA Individual.

 

Komentar