Kenali Cara Untuk Memulai Investasi Emas Serta Saat Yang Tepat!

Kenali Cara Untuk Memulai Investasi Emas Serta Saat Yang Tepat!

Investasi merupakan hal yang penting jika Anda ingin memiliki kemapanan finansial. Terutama jika Anda memiliki target jangka panjang atau usaha sendiri, maka investasi harus menjadi prioritas utama.

Anda pasti mengetahui ada berbagai jenis investasi. Kali ini, kami akan mengulas tentang investasi emas. Mulai dari fakta-fakta yang menunjukkan kapan saat yang tepat untuk investasi emas sampai bagaimana caranya memulai investasi ini.

Investasi emas sendiri masih menjadi pilihan banyak orang untuk menyiapkan masa depan finansialnya. Hal ini karena emas merupakan alat tukar internasional dan bisa menjadi jaminan proteksi untuk Anda. Sewaktu-waktu emas bisa diuangkan untuk berbagai keperluan.

Tentukan tujuan berinvestasi emas

Dalam berinvestasi emas, Anda tentunya harus tahu kapan saat yang tepat untuk mulai membeli emas. Sebelum Anda memutuskan kapan memulai investasi emas, ada baiknya ditentukan dulu tujuan Anda berinvestasi. Apakah untuk tujuan investasi jangka panjang atau jangka pendek.

Investasi emas jangka panjang

Misalnya Anda ingin berinvestasi untuk kebutuhan pendidikan anak 10 tahun ke depan atau untuk hari tua nanti, maka Anda bisa membeli emas kapan saja untuk tujuan investasi jangka panjang ini. Pasalnya, Anda memiliki banyak waktu untuk menjual atau menguangkan emas ini.

Para investor juga melakukan investasi emas jangka panjang sebagai diversifikasi dari portofolio investasi mereka. Dimana diversifikasi investasi ini merupakan cara yang dilakukan untuk memaksimalkan peluang keuntungan.

Untuk investasi jangka panjang, Anda bisa membeli sejumlah emas sekaligus untuk disimpan. Anda juga bisa mengumpulkan sedikit demi sedikit dengan menambah jumlah investasi setiap bulannya.

Walaupun harga emas berpeluang tinggi untuk terus naik, Anda juga harus bisa memperkirakan perhitungan nilai emas sesuai dengan lama tahun penyimpanannya. Dengan adanya perkiraan ini Anda bisa menentukan berapa yang akan Anda investasikan.

Misalnya, perhitungan pada tahun 2008 sampai 2010, rata-rata kenaikan harga emas per tahun adalah 20%. Namun dari tahun 2011 sampai 2013 kenaikan harga emas tiap tahunnya adalah 10%, kemudian tahun 2013 harga emas kembali turun. Walaupun demikian, secara umum investasi emas tetap memberikan keuntungan karena kenaikan harganya yang cenderung stabil.

Ada baiknya, Anda menyicil pembelian emas setiap bulannya. Misalnya, sebulan Anda membeli 1 sampai 5 gram emas untuk diinvestasikan. Selain tidak memberatkan cara ini juga memberikan peluang keuntungan yang lebih besar, karena pada akhirnya Anda memiliki akumulasi emas yang banyak.

Investasi emas jangka pendek

Emas juga bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka pendek. Hal ini mengingat emas merupakan instrumen yang tahan inflasi sehingga bisa digunakan untuk jaminan di saat Anda membutuhkan.

Misalnya Anda tiba-tiba membutuhkan biaya untuk perbaikan kendaraan, maka simpanan emas bisa diuangkan. Menguangkan emas untuk keperluan mendadak ini pun tidak sulit asalkan emas, baik perhiasan atau emas batangan, yang hendak diuangkan memiliki surat resmi.

Cara menguangkan emas secara cepat bisa dengan cara menjual atau menggadaikan untuk nantinya ditebus kembali. Anda pun tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan uang dari emas yang Anda tukarkan. Setelah emas ditimbang, Anda bisa langsung mendapatkan uang sesuai dengan nilai emas yang diserahkan.

Walaupun tidak memerlukan waktu khusus untuk menjual emas yang akan diinvestasikan, usahakan untuk tetap jeli melihat kesempatan saat Anda menjual atau menggadaikan. Tujuannya agar Anda tetap mendapatkan untung dari investasi emas. Hal ini karena pembelian emas tidak lepas dari pajak. Oleh karenanya penting untuk memperhitungkan total harga pembelian dan potensi harga jual nantinya.

Adapun saat Anda membeli emas pajak yang berlaku adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10%. Misalnya harga emas per gram adalah Rp 586.000, maka Anda harus membayar Rp 586.000 + Rp 58.600 = Rp 644.600.

Sedangkan jika Anda membeli emas dari PT Aneka Tambang (Antam) pajak yang dikenakan untuk pembeli yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah 0,45% dan 0,9% bagi yang tidak memiliki NPWP.

Satu hal penting yang perlu Anda ketahui saat hendak membeli emas, apapun tujuannya, adalah nilai mata uang dolar AS. Hal ini karena, jika dolar AS melemah maka nilai emas naik. Begitupun sebaliknya jika dolar AS menguat, maka harga emas akan turun.

Bagaimana cara memulai investasi emas?

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memulai investasi. Mulai dari menabung emas, membeli perhiasan atau emas batangan untuk disimpan, atau bisa dengan cara arisan emas. Untuk lebih jelasnya, akan kami jabarkan berikut ini.

Menabung emas

Pihak Pegadaian dan bank syariah menyediakan layanan untuk berinvestasi emas yang fleksibel. Dimana Anda bisa membeli emas dan menitipkannya pada Pegadaian. Dengan demikian, emas Anda akan lebih aman.

Selain aman, Anda pun memiliki pilihan yang lebih fleksibel karena minimal biaya penitipan rata-rata Rp 2.500 per bulannya. Sedangkan harga per gramnya mengikuti perkembangan harga emas yang berlaku. Sehingga Anda bisa menabung berapapun yang Anda inginkan.

Untuk cara-cara menabung emas adalah:

  1. Datang ke kantor Pegadaian atau bank syariah terdekat untuk membuka Rekening Tabungan Emas dengan membawa dokumen identitas seperti Kartu Tanda Penduduk atau Paspor yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulis yang disediakan, lalu membayar biaya administrasi.
  3. Selanjutnya Anda bisa memilih jumlah emas yang ingin ditabung serta biaya penitipannya. Misalnya harga emas per gram saat ini adalah Rp 586.000, maka Anda harus membayar emas yang ingin ditabung ditambah biaya penyimpanan untuk setahun (Rp 2.500 x 12 = Rp 30.000).

Sewaktu-waktu jika Anda membutuhkan uang, maka emas yang ada ditabungan Anda bisa dijual kembali ke pihak Pegadaian. Minimal berat emas yang bisa dijual adalah 1 gram.

Menyimpan perhiasan atau emas batangan

Jika Anda berencana untuk berinvestasi dalam jumlah kecil, maka menyimpan di rumah bisa menjadi pilihan. Untuk emas berupa perhiasan, selain bernilai investasi, Anda juga bisa menggunakannya untuk acara khusus seperti pesta. Namun perlu diingat juga bahwa penyimpanan haruslah dilakukan dengan aman, misalnya menggunakan brankas.

Gunakan layanan Safe Deposit Box (SDB) yang disediakan oleh bank untuk mengamankan emas Anda, terutama jika Anda memiliki emas batangan.

Cara lain untuk mengamankan aset emas Anda adalah dengan menggunakan jasa Pegadaian. Anda bisa menitipkan ke Pegadaian saat Anda bepergian, lalu ditebus lagi saat Anda kembali.

Arisan emas

Selain tabungan dan gadai emas, Kantor Pegadaian juga menyediakan layanan arisan emas. Arisan emas merupakan jenis investasi emas yang bisa dilakukan secara komunal (bersama-sama). Dengan total peserta arisan maksimum 36 orang, Anda bisa membeli emas sesuai jumlah yang diinginkan secara bersama sehingga lebih murah.

Misalnya, kelompok arisan Anda ingin menginvestasikan 10 gram emas. Dengan harga emas Rp 586.000 per gram, maka 10 gram adalah Rp 5.860.000. Angka ini kemudian dibagi dengan jumlah anggota arisan, misalnya Rp 5.860.000 dibagi 36 orang, sehingga per orang cukup membayar Rp 162.800.

Karena pemenang arisan diundi setiap bulan, sebagaimana arisan uang, maka setoran sebesar Rp 162.800 dibayarkan setiap bulan. Nantinya, pemenang arisan tiap bulannya akan mendapatkan kepingan emas sesuai dengan yang disepakati antara peserta dan pihak Pegadaian.

Kapan waktu yang tepat untuk investasi emas?

Sebagaimana yang sempat disebutkan sebelumnya bahwa harga emas erat katannya dengan nilai mata uang dolar AS. Melihat pola yang terjadi belakangan ini, dimana rupiah melemah hingga ke angka Rp 14 ribuan, maka harga emas pun cenderung naik.

Oleh karenanya penting bagi Anda untuk memantau perkembangan tren harga emas dan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS.

Selain itu, Anda juga harus bisa melihat tren harga emas, karena pada bulan-bulan tertentu harga emas cenderung turun. Misalnya, pada bulan April sampai pertengahan Juni harga emas akan cenderung turun. Pada saat-saat inilah biasanya para investor membeli emas.

Sedangkan pada akhir tahun seperti bulan November sampai Desember, harga emas cenderung mengalami peningkatan. Tentunya perkiraan ini tidak pasti terjadi, oleh karenanya penting untuk mengikuti perkembangan harga emas terkini lewat media atau situs terpercaya lainnya.

Jika emas sudah dibeli sesuai dengan jumlah yang diinginkan, maka Anda harus menahannya dulu untuk beberapa saat. Jangan diuangkan dalam tempo yang terlampau dekat, karena selisih keuntungannya sangat kecil. Bahkan saat Anda hanya ingin berinvestasi jangka pendek, tahan emas Anda minimal setahun. Dengan demikian, kemungkinan untuk memperoleh keuntungan jadi lebih besar.

Dengan memperhatikan saat yang tepat untuk membeli dan menguangkan emas, Anda bisa memperoleh nilai investasi yang menguntungkan.

Selanjutnya, mari disimak kembali keuntungan dari investasi emas batangan sebagai tambahan referensi Anda.

Komentar