Tidak Usah Antri Di Samsat, Bayar PKB Sekarang Bisa Online

Tidak Usah Antri Di Samsat, Bayar PKB Sekarang Bisa Online

Selain pengecekan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang bisa dilakukan secara online, pembayarannya juga saat ini bisa dilakukan secara online. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan kewajibannya. Juga untuk menambah penghasilan negara dari pajak yang nantinya digunakan untuk masyarakat juga.

Walaupun belum semua daerah di Indonesia yang menerapkan pembayaran PKB secara online, namun ini merupakan awal dengan harapan fasilitas ini bisa tersebar dan tersedia untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Cara pembayaran PKB secara online ini memang belum banyak diketahui oleh semua orang. Oleh karena itu, berikut kami jabarkan informasi mengenai pembayaran PKB online, mulai dari cara membayarnya, sekilas tentang Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), dan tentu saja informasi tentang daerah-daerah yang sudah memiliki layanan ini.

Apa itu Samsat dan apa saja jenis layanannya?

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) merupakan sebuah sistem terpadu antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero).

Mulai tahun 1976, pemerintah memberlakukan sistem Samsat sebagai sebuah layanan terpadu dari tiga instansi ini. Oleh karenanya Samsat menjalankan fungsi yang berkaitan dengan Polri yaitu penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), pemasukan PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) yang mana berkaitan dengan Dinas Pendapatan Provinsi, serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Apa yang perlu disiapkan untuk membayar PKB online?

Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB ada dua jenis yaitu pajak yang dibayar setiap tahunnya, dan pajak yang dibayar lima tahun sekali. PKB tahunan merupakan pajak rutin yang besarnya adalah 1,5% dari harga jual kendaraan. Pajak ini nilainya berkurang tiap tahunnya karena adanya faktor penyusutan nilai jual kendaraan. Sedangkan PKB lima tahunan artinya sudah saatnya Anda mengganti plat nomor kendaraan dan STNK. Khusus untuk pajak lima tahunan ini, Anda harus ke kantor Samsat induk di daerah tempat tinggal Anda.

Untuk membayar kedua pajak ini, Anda harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Syarat pembayaran PKB tahunan:

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) asli
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku. Nama yang tertera dalam KTP harus sama dengan STNK
  • Uang sejumlah nominal pajak

Syarat pembayaran PKB lima tahunan:

  • STNK dan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotocopy
  • KTP asli dan fotocopy
  • Ambil formulir untuk cek fisik kendaraan oleh petugas

Setelah menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, Anda tinggal melakukan pembayaran pajak. Perlu diketahui bahwa pembayaran PKB online tidak tersedia untuk pajak kendaraan bermotor lima tahunan. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membayar PKB secara online.

Langkah-langkah membayar pajak kendaraan bermotor online

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa layanan pembayaran PKB online baru ada di beberapa daerah besar saja. Karena setiap daerah memiliki langkah pembayaran yang berbeda, maka kali ini kami akan menjabarkan langkah pembayaran untuk daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Bayar PKB online di Jakarta

Untuk area Jakarta, Anda bisa membayar PKB secara online dengan beberapa cara yaitu langsung melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), melalui PC, dan smartphone. Berikut caranya untuk masing-masing cara bayar PKB online.

Melalui ATMMelalui portal e-SamsatMelalui Smartphone
Langsung ke mesin ATMMasuk ke portal http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dkiLogin ke portal melalui smartphone
Pilih menu “Bayar” lalu ke “Menu Lainnya”Kemudian masukkan kode, dan dapatkan konversi NopolKemudian masukkan kode, dan dapatkan konversi Nopol
Kemudian pilih menu “Pajak / Penerimaan Negara”Lalu bayar ke ATMLalu bayar ke ATM
Pilih menu “e-Samsat”Simpan struk pembayaran PKB AndaSimpan struk pembayaran PKB Anda
Lalu masukkan Nomor Polisi (Nopol) atau ikuti petunjuk di ATM
Bayar
Simpan struk pembayaran lewat ATM

Untuk ilustrasi yang lebih jelas, bisa Anda lihat dalam video yang disiarkan di website bprd.jakarta.go.id.

Jika KTP dan area domisili Anda berbeda, bagi yang tinggal di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat bisa tetap mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau pajak tahunan di Samsat tempat Anda tinggal.

AreaArea di KTPArea Layanan Samsat
BantenBSD, Cikokol, Ciputat, Ciledug, BalarajaSamsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere
JakartaJakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta TimurSamsat BSD, Samsat Cinere, Samsat Cikokol
Jawa BaratDepok, Cinere, Cikarang-BekasiSamsat Jakarta Selatan, Samsat Cikokol, dan Samsat BSD

Bayar PKB online di Jawa Barat

Membayar PKB juga bisa online melalui ponsel Anda dengan mengirimkan SMS.

  • Kirim pesan singkat (SMS) ke nomor 08112119211 (SMS Gateaway Server Dispenda Aplikasi Samsat) menggunakan format: esamsat (nomor chasis kendaraan) (nomor identitas (KTP)) (email)
  • Kemudian lakukan pengecekan data Nomor Induk Kependudukan (NIK)/ Kartu Tanda Penduduk (KTP), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), dan blokir di server Polda.
  • Tunggu balasan SMS yang isinya adalah: kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan
  • Bayarlah pajak kendaraan melalui ATM
  • Setelah pembayaran selesai, Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi
  • Pergi ke Kantor Samsat untuk menukar struk dengan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah)

Adapun untuk cara membayar pajak kendaraan bermotor online di daerah lainnya, bisa dilihat langsung pada website masing-masing daerah di cara cek pajak kendaraan bermotor.

Dengan adanya fasilitas pembayaran PKB secara online, Anda tidak perlu mengantri lagi di kantor Samsat hanya untuk memperpanjang STNK. Gunakan fasilitas yang sudah disediakan ini untuk menyelesaikan kewajiban pajak Anda, yang pada akhirnya digunakan kembali untuk pembangunan.

Komentar