Cara Membebaskan Diri Dari Tagihan Kartu Kredit

Cara Membebaskan Diri Dari Tagihan Kartu Kredit

Pusing memikirkan tagihan kartu kredit yang kian menumpuk dan tak kunjung usai? Ini saatnya bagi Anda untuk membebaskan diri dari kejaran utang kartu kredit agar bisa hidup tenang. Kartu kredit memang bisa dikatakan seperti pisau bermata dua, bila digunakan dengan bijak akan menguntungkan secara finansial, tetapi jika pemakaiannya salah malah merugikan. Salah satu contoh akibat pemakaian kartu kredit yang salah adalah timbulnya tagihan yang menumpuk.

Memang, dengan transaksi menggunakan kartu kredit segala jenis pembayaran mudah diubah ke dalam bentuk cicilan. Awalnya hal ini terasa menguntungkan, namun jika semua pembayaran Anda ubah ke dalam cicilan bisa-bisa tagihan kartu kredit Anda semakin larut berkepanjangan dan terus menumpuk.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan berbelanja menggunakan kartu kredit apalagi hanya untuk memenuhi keinginan nafsu belanja semata berdampak buruk bagi kondisi finansial Anda? Jika kepemilikan kartu kredit Anda hanya menambah beban bukannya keuntungan berarti Anda telah salah cara menggunakan kartu kredit.

Nah, agar terbebas dari beban jika Anda sudah terlanjur memiliki tagihan kartu kredit yang menumpuk selama ini, ikuti 5 cara berikut untuk mengatasi sekaligus mencegahnya :

Cara #1

Buat daftar perencanaan keuangan

Pemakaian kartu kredit berlebihan didasari keteledoran akibat memuaskan keinginan semata. Bahkan, Anda tidak bisa mengontrol nafsu belanja hingga mengakibatkan pengeluaran lari dari anggaran keuangan yang telah dibuat. Akibatnya ketika tagihan kartu kredit membengkak, Anda hanya bisa berteriak.

Untuk itulah sangat penting membuat daftar perencanaan keuangan ketika menerima penghasilan bulanan. Dalam perencanaan ini akan tercantum cara Anda menyelesaikan tagihan yang menumpuk tersebut.

Misalnya, dalam sebulan Anda menerima gaji Rp 5.000.000 dan tagihan kartu kredit Anda berjumlah Rp 3.000.000. Tentu jika Anda melunasinya langsung dalam sebulan, gaji Anda langsung habis dan tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Cara terbaik adalah menyusun rencana keuangan dalam sebulan baik pemasukan dan pengeluaran kemudian untuk pembayaran tagihan kartu kredit bisa dilakukan setengahnya dahulu. Sisa tagihan beserta bunganya jangan lupa dibayar di bulan berikutnya.

Simulasinya bisa dilihat dalam tabel berikut ;

Bulan pertama

Jumlah PenghasilanRp 5.000.000
Kebutuhan per bulanRp 2.000.000
Bayar Tagihan Kartu KreditRp 1.500.000
TabunganRp 1.000.000
SisaRp 500.000

Bulan kedua

Jumlah PenghasilanRp 5.000.000
Kebutuhan per bulanRp 2.000.000
Bayar Tagihan Kartu Kredit beserta bungaRp 1.550.000
TabunganRp 1.000.000
SisaRp 450.000

Bulan kedua

Cara #2

Ajukan pembayaran dengan sistem cicilan

Anda bisa memanfaatkan fasilitas pembayaran dengan cicilan. Seandainya bank penerbit kartu kredit Anda memiliki fasilitas untuk membayar sisa tagihan tanpa dikenai bunga, langsung ambil kesempatan tersebut. Meski demikian, konsekuensinya Anda tidak akan dapat lagi menggunakan kartu kredit bank tersebut. Memang tidak semua bank memiliki fasilitas ini, tetapi tidak ada salahnya mempertimbangkan solusi ini.

Apabila bank penerbit kartu kredit Anda tidak memiliki fasilitas tersebut, ajukan pembayaran dengan cicilan dengan syarat akan dikenakan bunga tertentu dari bank. Bunganya mulai dari 0,1 % sampai 1,5 % setiap bulan tergantung kebijakan masing-masing bank. Patuhi pembayaran cicilan tersebut selama periode yang telah disepakati. Upayakan juga selama sedang membayar cicilan jangan menggunakan kartu kredit tersebut untuk transaksi agar utang Anda cepat selesai.

Cara #3

Hindari membayar biaya tagihan minimum

Ketika tagihan kartu kredit datang, Anda diperbolehkan membayar nilai tagihan minimum atau 10% dari total tagihan, namun hal ini sangat tidak disarankan. Alasannya, membayar tagihan minimum setiap bulan hanya akan membuat keuangan Anda terkatung-katung karena tagihan tak kunjung usai akibat terus terbebani biaya bunga.

Demi menghindari tagihan yang semakin tinggi, bayarlah tagihan dengan jumlah di atas nilai minimum. Namun Anda perlu memerhatikan pula tanggal jatuh tempo dan melunasi jumlah sisa tagihan sebelum tanggal tersebut agar tidak dikenai denda keterlambatan pembayaran.

Cara #4

Gunakan bonus, THR atau konsolidasi utang

Salah satu cara ampuh untuk membebaskan diri dari tagihan kartu kredit adalah dengan menggunakan dana lebih seperti bonus tahunan dan THR. Biasanya ketika THR datang, Anda akan memperoleh penghasilan sebesar satu bulan gaji. Utamakan THR tersebut untuk membayar utang-utang baru sisanya dipergunakan membeli kebutuhan.

Pun, konsolidasi utang juga disarankan demi menyelesaikan utang kartu kredit yang menumpuk. Konsolidasi utang memungkinkan orang-orang dengan beberapa utang untuk menggabungkan semua pinjaman bunga tinggi menjadi satu pinjaman lebih besar yang menawarkan tingkat suku bunga relatif lebih rendah. Selain menghemat uang untuk membayar bunga, konsolidasi utang juga menyediakan kenyamanan membayar semua utang Anda melalui satu pinjaman.

Penerapan konsolidasi utang dapat dilakukan dengan mengajukan pinjaman pribadi bersuku bunga rendah dan tetap (fixed). Memilih mengonsolidasi utang dalam satu lumbung melalui pinjaman, membuat Anda terfokus pada satu jenis pembayaran pinjaman saja. Serta menghindarkan Anda dari bencana kebangkrutan karena harus membayar berbagai cicilan dan bunga yang tumbuh terus menerus dalam satu waktu.

Cara#5

Hilangkan ketergantungan pada kartu kredit

Cara terakhir agar terbebas dari tagihan kartu kredit adalah menghilangkan ketergantungan pada kartu kredit. Ketika Anda hendak membeli barang namun masih memiliki uang tunai maka gunakan uang tersebut sebagai alat pembayaran. Jangan sering-sering menggunakan kartu kredit terlebih demi memuaskan keinginan semata yang bersifat konsumtif.

Anda harus bijaksana dalam memakai kartu kredit. Gunakan kartu hanya ketika Anda butuh melakukan pembayaran dalam jumlah besar atau saat memenuhi kebutuhan darurat. Satu hal lagi, jangan pernah tarik tunai kartu kredit. Pasalnya, melakukan tarik tunai dari kartu kredit bunganya cukup besar dan sangat tidak disarankan jika Anda melakukannya untuk melunasi utang atau sedang mengalami kesulitan finansial.

Menumpuknya tagihan kartu kredit adalah akibat dari perencanaan keuangan yang buruk. Apabila Anda termasuk dalam kategori individu boros serta kurang pandai mengatur penggunaan kartu kredit sebaiknya segera terapkan kelima cara di atas!

Mau menggunakan kartu kredit untuk liburan, baca dulu 7 Cara Melunasi Tagihan Kartu Kredit Sebelum Liburan!

Komentar