Bagaimana Cara: Membuat dan Mengaktifkan Akun Mandiri Internet Banking?

Bagaimana Cara: Membuat dan Mengaktifkan Akun Mandiri Internet Banking?

Berbicara soal teknologi, pastinya semua bank tidak ingin ketinggalan untuk memberikan kenyamanan perbankan pada nasabahnya. Termasuk dengan salah satu Bank Mandiri.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri juga ingin memberikan kenyamanan pada nasabahnya melalui internet banking. Berikut adalah ulasan tentang internet banking dari Bank Mandiri, bagaimana cara daftarnya hingga apa manfaatnya.

Persayaratan untuk mendaftar Mandiri internet banking

Sebelum melakukan pendaftaran internet banking Mandiri (ib Mandiri), Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang harus disiapkan.

  1. Nasabah Bank Mandiri

Pertama-tama, tentunya Anda harus menjadi nasabah dari Bank Mandiri terlebih dahulu untuk bisa menikmati fasilitas ib Mandiri. Jika Anda belum memiliki rekening tabungan Mandiri, maka bisa membuatnya langsung di cabang Bank Mandiri mana saja.

  1. Memiliki buku tabungan

Buku tabungan digunakan sebagai bukti bahwa Anda memiliki rekening di Bank Mandiri. Selain itu, nama pada akun internet banking harus sama dengan nama di buku tabungan Anda.

Buku tabungan juga merupakan syarat yang harus Anda bawa saat aktivasi akun ib Mandiri.

  1. Bukti identitas

Pastikan Anda membawa bukti identitas, baik itu berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau Paspor. Lebih baik lagi jika KTP yang digunakan sudah berupa e-KTP.

Pihak bank juga akan mengecek apakah nama di KTP dan buku tabungan sama.

  1. Surat kuasa

Surat kuasa dibutuhkan jika Anda bermaksud mendaftarkan akun internet banking untuk sebuah badan usaha atau organisasi. Dalam surat kuasa ini tercantum bahwa Anda memang orang yang ditunjuk oleh perusahaan atau organisasi untuk mengurus akun internet banking.

Bagaimana cara membuat akun Mandiri internet banking?

Setelah semua persyaratan lengkap, maka Anda bisa membuat akun internet banking Mandiri dengan cara mendaftar.

Mendaftar akun ib Mandiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu langsung ke cabang Bank Mandiri terdekat atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Kali ini, kami akan menjabarkan cara mendaftar melalui ATM.

Masukkan kartu debit ke mesin ATM lalu nomor PIN Anda, kemudian pilih menu “Transaksi Lainnya”.

layar atm mandiri

Sumber : cara-ambil-uang-di-atm
  • Pilih “E-Banking”, lalu “Internet Banking”.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan enam angka PIN. Jika sudah, pilih “Benar”. Enam angka ini nantinya akan digunakan dalam membuat akun internet banking.
  • Lalu masukkan kembali nomor PIN yang sama, setelah itu tekan “Benar”.
  • Setelah proses selesai, Anda akan melihat tulisan yang menyatakan bahwa pendaftaran berhasil di layar ATM.

Bagaimana cara aktivasi

Setelah proses pendaftaran di ATM selesai, selanjutnya Anda harus melakukan aktivasi lewat ib Bank Mandiri. Sebelum melakukan aktivasi lewat website, pastikan koneksi internet Anda lancar.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Akses situs ib.bankmandiri.co.id kemudian klik “New User”/ “Pengguna Baru”.
    registrasi pengguna baru IB mandiri
  2. Kemudian klik “Agree”/“Setuju” setelah Anda membaca syarat dan ketentuan.
  3. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada lama aktivasi dimana Anda memasukkan Access ID dan Access Code.
    aktivasi akun ib mandiri
  4. Jika Anda mendaftar langsung di kantor cabang Bank Mandiri, maka “ACCESS ID” adalah 16 digit angka yang dikirimkan bank ke Anda lewat SMS. Sedangkan bagi yang mendaftar lewat ATM harus memasukkan 16 angka yang tertera di kartu debit.
  5. Kolom “ACCESS CODE” pun diisi sesuai dengan cara Anda mendaftar. Untuk Pendaftaran lewat bank, “ACCESS CODE” merupakan angka yang Anda terima dari pihak bank. Angka ini akan diberikan dalam amplop tertutup. Kemudian untuk yang mendaftar lewat ATM, “ACCESS CODE” merupakan angka PIN yang Anda set dalam mesin ATM.
  6. Langkah selanjutnya, klik “ACTIVATE”/”AKTIFKAN”. Anda akan melihat laman untuk mengatur ID dan password. Jika Anda sudah mengisi ID dan password sesuai keinginan, maka proses aktivasi pun selesai.

Dengan akun ini, Anda sudah bisa melakukan pengecekan saldo. Namun, Anda belum bisa menggunakan akun ini untuk berbelanja, transfer, dan membayar tagihan. Anda harus datang ke kantor Bank Mandiri untuk aktivasi dan mendapatkan token.

Ini caranya mendapatkan token untuk transaksi menggunakan internet banking Bank Mandiri.

  1. Anda datang ke Bank Mandiri dengan membawa persyaratan lengkap seperti kartu identitas, buku tabungan, dan surat kuasa jika Anda mewakili organisasi atau badan usaha.
  2. Petugas bank akan memberikan formulir pendaftaran token PIN yang harus diisi dengan benar.
  3. Setelah selesai, petugas akan memberikan token PIN dengan biaya Rp 20.000.

Setelah mendapatkan token PIN dari bank, langkah terakhir adalah mengaktifkan PIN di website internet banking Mandiri.

Login ke akun Anda di website ib.bankmandiri.co.id. Lalu pilih menu “Administrasi”, kemudian pilih “Aktivasi Token PIN Mandiri”.

laman aktivasi token mandiri internet banking

  1. Tekan tombol merah pada token PIN, lalu masukkan enam angka untuk PIN token Anda.
  2. Pada layar token akan muncul tulisan “Appli-“, tekan 2, kemudian Anda akan melihat 6 digit angka di layar token.
  3. Masukkan enam angka yang tertera di layar token ke laman internet banking, lalu klik “Benar”.

Akun Anda sudah bisa digunakan untuk berbagai transaksi. Masukkan angka PIN token Anda setiap hendak melakukan transaksi pembayaran atau transfer.

Manfaat internet banking

Bagi nasabah Bank Mandiri yang memiliki akun internet banking, tentunya bisa merasakan berbagai kemudahan sebagai berikut.

  • Praktis

Keuntungan paling utama dari kepemilikan internet banking adalah Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transaksi. Anda hanya perlu ke ATM jika membutuhkan uang tunai.

Transaksi seperti transfer bisa dilakukan secara non tunai dan secara instan (saat itu juga).  Anda juga bisa cek saldo dan mutasi langsung menggunakan layanan internet banking tanpa harus pergi ke mesin ATM. Isi ulang pulsa elektrik pun bisa dilakukan secara langsung dari laman internet banking.

  • Membayar tagihan secara otomatis

Pembayaran tagihan menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dengan online. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tanggal untuk tagihan rutin. Sehingga secara otomatis tabungan Anda akan didebet untuk membayar tagihan sesuai tanggal yang diinginkan.

Dengan internet banking, Anda bisa cek tagihan kartu kredit, sisa saldo, dan data transaksi. Dengan demikian, memantau pemakaian kartu kredit pun menjadi lebih mudah.

  • Informasi kurs

Anda bisa memantau naik turunnya nilai kurs rupiah terhadap beberapa mata uang asing. Kurs mata uang asing yang tersedia informasinya di situs internet banking Mandiri diantaranya Dolar Amerika (USD), Dolar Singapura (SGD), Dolar Australia (AUD), Euro (EUR), Yen Jepang (JPY), Dolar Hong Kong (HKD), dan lain-lain.

Tips aman menggunakan internet banking

Tidak hanya praktis dan banyak manfaat, bertransaksi dengan internet banking juga ada risikonya. Tapi jangan takut, selalu ada tips untuk menjaga akun Anda tetap aman.

  • Pastikan Anda mengunjungi situs resmi internet banking Mandiri. Periksa kembali alamat url pada browser sebelum melakukan login.
  • Jaga kerahasiaan data akun internet banking Anda, jangan dibocorkan pada siapapun.
  • Jangan meminjamkan token Anda pada siapapun. Jika akun internet banking adalah milik badan usaha, maka pastikan pemegang token hanya beberapa orang dari departemen keuangan.
  • Hapus history pada laptop atau perangkat lainnya yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi internet banking. Terutama jika Anda menggunakan sambungan internet di tempat umum seperti di kantor.
  • Scan perangkat Anda (PC, laptop, atau telepon seluler) secara berkala agar bebas dari virus.
  • Laporkan pada pihak bank segera jika terjadi sesuatu yang tidak wajar pada akun internet banking Anda.

Melakukan aktifitas perbankan dengan internet banking memang lebih mudah dan nyaman. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah pembuatan akun internet banking Mandiri dengan tepat, serta memperhatikan tips keamanannya.

Jangan lupa untuk menyimak pula ulasan menarik tentang penggunaan e-money di Indonesia. Bagi nasabah Mandiri, pastinya tidak asing dengan produk keuangan ini.

 

Komentar