Tidak Sulit Untuk Mendapatkan Kartu NPWP dan Nikmati Manfaatnya

Tidak Sulit Untuk Mendapatkan Kartu NPWP dan Nikmati Manfaatnya

Pajak merupakan kontribusi dari masyarakat kepada negara. Bagi setiap warga negara Indonesia yang sudah memenuhi persyaratan wajib pajak, harus membayar pajak dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Bagi wajib pajak, mengetahui nomor ini sangatlah penting karena dalam pengurusan berbagai dokumen, nomor NPWP selalu ditanyakan. Oleh karenanya kepemilikan kartu NPWP ini wajib bagi semua orang yang menjadi wajib pajak.
Pembuatan kartu NPWP ini bisa dilakukan melalui instansi atau perusahaan tempat Anda bekerja, bisa pula diurus sendiri secara manual dan online. Selain sebagai tanda bahwa Anda adalah seorang wajib pajak, kartu NPWP juga bermanfaat bagi Anda. Berikut penjabaran lebih lanjut tentang manfaat dan cara membuat kartu NPWP.

Manfaat memiliki kartu NPWP

• Sebagai kelengkapan administratif
Dalam mengurus beberapa hal yang berkaitan dengan instansi, seperti bank atau instansi pemerintahan, NPWP merupakan salah satu dari kelengkapan administrastif yang harus dipenuhi. Jika Anda hendak mengurus pinjaman ke bank, seperti KPR atau KTA, maka petugas akan menanyakan nomor kartu NPWP Anda. Pun jika Anda hendak membuka usaha maka kepemilikan kartu NPWP merupakan keharusan.

Kepemilikan kartu NPWP menunjukkan kredibiltas Anda sebagai wajib pajak. Terutama jika Anda memiliki usaha dan hendak mengurus Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) maka Anda harus menyertakan copy NPWP saat menyerahkan kelengkapan administrasi.

Selain saat berurusan dengan bank atau mengajukan ijin usaha, dalam melamar pekerjaan pun NPWP biasanya disebutkan sebagai kelengkapan administrasi yang harus dikumpulkan. Ada perusahaan yang menggunakan peraturan ini untuk mempermudah pihak personalia dalam mengurus administrasi karyawan nantinya.

• Mempermudah saat bepergian ke luar negeri
Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, maka kepemilikan NPWP akan membantu perjalanan Anda. Dengan menunjukkan kartu NPWP di bandara saat Anda hendak bepergian ke luar negeri, Anda pun akan dibebaskan dari biaya fiskal.

Ketentuan ini juga merupakan bagian dari program sosialisasi NPWP 2010. Selain itu, terkadang beberapa maskapai penerbangan yang membuat promo potongan harga jika Anda menunjukkan NPWP. Salah satunya maskapai yang memberikan diskon untuk pemegang kartu NPWP adalah Garuda Indonesia.

• Pengurusan Taspen
Bahkan untuk yang sudah tidak bekerja secara aktif lagi, kemepilikan NPWP tetap diperlukan. Hal ini karena mereka tetap menerima penghasilan berupa uang pensiun. Bagi pensiunan TNI yang dikelola oleh Asabri dan PNS, pembuatan Tabungan Pensiun (Taspen) membutuhkan NPWP sebagai kelengkapannya.

• Potongan pajak

Sesuai dengan Undang-Undang PPh Pasal 21 Ayat 5a, yang menyatakan bahwa mereka yang sudah wajib membayar pajak dan tidak memiliki kartu NPWP akan membayar pajak 20% lebih besar dari mereka yang memiliki NPWP. Kebijakan ini juga yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mendapatkan potongan pajak dengan mengakomodir pemilikan NPWP setiap karyawannya.

Ini artinya, Anda hanya cukup mengurus NPWP sekali untuk bisa digunakan seumur hidup. Dengan melihat semua manfaat dari kepemilikan kartu NPWP, maka pajak bukan lagi sesuatu yang menakutkan.

Cara membuat kartu NPWP secara langsung

Membuat kartu NPWP secara langsung tidaklah sulit bahkan Anda hanya membutuhkan satu hari kerja untuk menerima kartu NPWP Anda. Jadi jangan sampai Anda tertipu dengan orang yang menamakan diri konsultan pajak dan menawarkan bantuan untuk mengurus NPWP.

Datang ke Kantor Pajak terdekat dengan tempat tinggal Anda. Dalam proses mengurus kartu NPWP, Anda tidak boleh diwakilkan. Selain itu, tempat tinggal yang ada di KTP harus juga mencakup area Kantor Pajak tempat Anda mengurus NPWP. Jika Anda tidak tinggal di tempat Anda membuat KTP, maka Anda harus mengurus surat domisili di kelurahan setempat.

Anda juga harus mempersiapkan persyaratan yaitu berupa; KTP, untuk WNA paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), SK untuk PNS, dan formulir pembuatan NPWP yang sudah tersedia di Kantor Pajak.

Setelah semua perlengkapan admisnistrasi lengkap, Anda cukup menyerahkannya ke petugas. Mungkin akan ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda jawab seperlunya saja. NPWP akan diproses saat itu juga. Kemudian, sesuai dengan ketentuan yang ada, kartu NPWP akan dikirimkan lewat POS Indonesia. Namun jika tempat tinggal Anda di daerah terpencil, maka kartu NPWP dapat diambil pada hari yang sama.

Anda harus ingat, bahwa proses mengurus kartu NPWP tidak dikenakan biaya apapun. Sehingga Anda tidak memerlukan bantuan calo, atau jika ada petugas yang memungut biaya tidak perlu Anda hiraukan.

Cara membuat kartu NPWP secara online

Selain datang langsung ke Kantor Pajak, mengurus NPWP juga bisa dilakukan secara online. Sebelum memulai proses pembuatan NPWP online, Anda harus mempersiapkan kelengkapan administratifnya terlebih dahulu. Adapun kelengkapan yang diperlukan yaitu, scan KTP, keterangan kerja untuk karyawan dan SK untuk PNS, atau scan surat keterangan usaha.

  • Pertama, Anda harus membuat akun terlebih dahulu di website ereg.pajak.go.id. Anda akan menemukan laman ini.

npwp 1

  • Kemudian akan ada pop up notifikasi yang memberitahukan bahwa email verifikasi sudah dikirimkan ke email Anda.

npwp 2

  • Jika Anda sudah berhasil mengakses email dan klik link verifikasi, selanjutnya Anda harus mengisi data Anda pada laman formulir yang tersedia.

npwp 3

  • Jika sudah diisi semuanya kemudian klik tombol “Daftar”. Selanjutnya Anda akan dikirimi notifikasi   sebagaimana awal Anda mendaftarkan email Anda. Kemudian Anda bisa langsung aktivasi melalui email Anda.

npwp 4

  • Kemudian, Anda harus klik link aktivasi untuk diarahkan ke laman login. Login menggunakan akun yang sudah Anda buat. Setelah login, Anda harus mengisi formulir dan menyelesaikan 9 tahap pengisian data.

npwp 5

  • Pertama Anda harus memilih kategori wajib pajak. Sebagai tambahan informasi, pendaftaran NPWP secara online ini baru berlaku untuk wajib pajak pribadi dan bukan perusahaan. Selain itu, bagi wanita yang telah     menikah tidak diwajibkan untuk memiliki NPWP karena beban pajak ditanggung oleh suami. Pemilikan NPWP untuk wanita yang sudah menikah hanya wajib jika ada perjanjian pisah harta atau telah bercerai.
  • Saat mengisi tiap tahapannya, Anda akan diminta untuk mengisi form tentang alamat tempat tinggal. Harap diingat, bahwa alamat tempat tinggal yang harus dicantumkan adalah alamat yang sesuai dengan kondisi saat ini. Belum tentu alamat tempat tinggal sama dengan KTP Anda.
  • Lalu untuk bagian “Kode Wilayah”, Anda cukup klik icon “Cari” lalu akan muncul daftar kode wilayah yang   bisa dipilih. Jika sudah menemukan kode wilayah yang dicari, klik “Pilih”.

npwp 6

  • Selanjutnya ada tahapan Alamat Domisili (tahap ke 5). Jika alamat domisili sama dengan alamat tempat tinggal, maka Anda bisa centang pilihan “Sama dengan alamat tempat tinggal”. Kalau berbeda, maka harap diisi sesuai dengan alamat domisili saat ini. Ingat alamat domisili harus sama dengan alamat di KTP.
  • Kemudian, jika Anda memiliki usaha, maka Anda harus mengisi form tentang alamat usaha Anda. Namun jika tidak, langkah ini bisa dilewatkan.

npwp 7

  • Setelah formulir dari tahap 1 sampai tahap 7 selesai diisi, Anda pun harus mengunggah gambar scan     kelengkapan administratif yang sudah dipersiapkan.

npwp 8

  • Setelah itu, Anda akan ke tahap 9 yang merupakan laman Pernyataan. Di sini, Anda diminta untuk memastikan bahwa data yang Anda submit adalah benar dan lengkap.
  • Setelah Anda klik tombol “Simpan” maka Anda akan diarahkan ke dashboard. Di sini, Anda klik tombol “Minta Token”.

npwp 9

  • Anda akan mendapatkan email yang memuat kode token Anda. Setelah mendapatkan email untuk kode token, langkah selanjutnya adalah kembali ke laman dashboard dan klik “Kirim Permohonan”.
  • Kemudian Anda akan melihat pop up Surat Pernyataan Memperoleh Informasi Perpajakan. Di sini Anda harus memasukkan kode token yang sudah didapatkan melalui email.

npwp 10

  • Setelah klik tombol “Kirim”, Anda akan melihat pop up notifikasi yang membertahu bahwa Anda telah sukses melakukan permohonan NPWP secara online. Selanjutnya, kartu NPWP akan dikirimkan ke alamat Anda melalui POS dalam jangka waktu, maksimal, 14 hari kerja.

Tips terakhir jika Anda melakukan permohonan kartu NPWP secara online adalah, hubungi Kantor Pajak terdekat maksimal 1 jam setelah proses permohonan online selesai. Laporkan bahwa Anda telah melakukan registrasi kartu NPWP secara online. Cara ini membuat permohonan Anda bisa diproses di hari yang sama.

Dengan pengetahuan ini, Anda akan sadar bahwa menjadi wajib pajak selalu bermanfaat. Penghasilan yang dipotong untuk keperluan pajak, pada akhirnya akan kembali lagi pada kita dalam bentuk hasil pembangunan dan kemudahan.

Lebih lanjut lagi mengenai pajak penghasilan, cek bagaimana cara menghitung pajak penghasilan Anda.

 

Sumber image (banner) www.newsth.com

Komentar