Caranya Menggunakan E-Wallet Agar Lebih Menguntungkan

Caranya Menggunakan E-Wallet Agar Lebih Menguntungkan

Menggunakan metode pembayaran elektronik bukan lagi hal yang asing di tengah masyarakat Indonesia. Terutama untuk mereka yang ada di tengah-tengah awal usia produktif (20an hingga 30an).

Memang perlu diingat bahwa karakter orang Indonesia adalah tidak menyukai hal-hal rumit. Rasanya inilah yang membuat masyarakat kita terbuka dengan teknologi pembayaran elektronik seperti e-money atau e-wallet.

Dengan adanya teknologi seperti ini, mereka tidak perlu lagi menyiapkan uang jika ingin bertransaksi. Bagi penjual, mereka tidak perlu repot menyiapkan kembalian. Jadi siapa yang tidak diuntungkan dengan teknologi ini?

Nah, kali ini kami akan menghadirkan tips menggunakan e-wallet yang menguntungkan untuk Anda sebagai konsumen.

Bayar duluan

Tidak usah takut untuk membayar duluan saat makan bersama. Baik itu makan di restoran, atau dengan menggunakan jasa pesan antar.

Selain praktis, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berupa poin atau cashback yang diberikan oleh penyedia e-wallet. Poin ini bisa Anda gunakan untuk bertransaksi di kemudian hari. Saldo Anda pun tidak akan berkurang, karena mereka yang ikut memesan akan membayar utangnya.

Satu hal yang harus diingat untuk melakukan tips ini adalah, pastikan teman yang Anda ajak untuk makan bersama akan membayar di kemudian hari. Jika tidak, Anda sendiri yang rugi.

Bayar utang

“Aku transfer saldo aja.”

Rasanya inilah cara anak muda zaman sekarang membayar utang pada teman-temannya. Tentu saja mereka yang menerima saldo ini tidak akan menolak. Saldo dalam e-wallet bisa digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Mulai dari transportasi, membeli makanan, belanja di minimart, sampai laundry.

Oleh karena itu, sekarang Anda tidak bisa beralasan lagi untuk menghindar dari utang karena tidak membawa uang tunai. Hal ini karena ada e-wallet dan internet banking yang bisa digunakan untuk transfer uang.

Membayar utang dengan e-wallet pun lebih disukai oleh teman debitur Anda karena bisa diterima dan digunakan kapan saja.

Punya beberapa akun

Salah satu kekuatan beberapa e-wallet di Indonesia adalah mereka memiliki layanan atau produk yang bisa digunakan. Sebut saja Go-Jek dan Grab yang masing-masing memiliki layanannya sendiri.

Dengan memiliki beberapa akun ini Anda bisa menggunakan layanan dari dua perusahaan ini. Belum lagi poin yang akan diterima serta merchant yang bekerjasama dengan mereka pun akan memberikan potongan harga jika Anda berbelanja menggunakan poin.

Tapi ingat untuk tidak membuka terlalu banyak akun. Cukup atau dua atau tiga e-wallet yang memang sering Anda gunakan untuk transaksi sehari-hari. Hal ini untuk menghindari Anda dari kesulitan melacak pengeluaran. Serta untuk menghindari penggunaan yang tidak perlu.

Adapun membuka akun terlalu banyak bisa mengakibatkan saldo mengendap percuma. Hal ini karena Anda tidak memakai layanan e-wallet sedangkan saldo dalam e-wallet tidak bisa dicairkan.

Jadi buka beberapa akun, namun hanya e-wallet yang memang Anda pakai layanan atau produknya.

Penyelamat akhir bulan

Pastinya Anda pernah melakukan pengumpulan poin sepanjang bulan untuk nantinya ditukarkan dengan layanan gratis di akhir bulan.

Menggunakan e-wallet bisa membantu Anda di saat kantong mulai menipis. Simpan poin-poin yang Anda dapatkan untuk digunakan di saat yang dibutuhkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengganggu tabungan saat akhir bulan.

Cara lain yang bisa digunakan untuk memperpanjang keuangan Anda adalah dengan memanfaatkan setiap promo. Disinilah kepemilikan dua akun berbeda diperlukan, karena setiap e-wallet memiliki promo yang berbeda. Jadi Anda bisa membandingkan dan memilih promo yang paling menguntungkan.

Sebagaimana memiliki uang tunai, memiliki uang elektronik pun harus diatur dengan baik. Jika tidak, Anda akan membuang uang percuma, atau malah boros karena berbelanja semudah menggunakan aplikasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai e-wallet, Anda bisa berkunjung ke artikel tentang bangkitnya penyedia e-wallet. Di sini akan ditemukan penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa produk e-wallet di Indonesia.

Komentar