Cara Menghindari Bunga Kartu Kredit, Biaya Lain yang Tak Perlu

bunga kartu

Bunga itulah sumber pemasukan bank.

Kartu kredit, tak perlu diragukan lagi, termasuk salah satu produk keuangan yang nyaman dan memikat banyak konsumen. Dengan kartu kredit Anda bisa ”belanja dulu, bayar belakangan”–sebuah konsep yang terlalu indah untuk jadi kenyataan. Nyatanya, yang indah-indah di dunia ini jarang gratis. Dalam kasus kartu kredit, tentunya saat bunga dan biaya-biaya lainnya mulai bermunculan.

Bunga kartu kredit dikenakan karena bank telah mengizinkan kita membeli barang dan layanan tanpa membayar lebih dulu. Bunga itulah sumber pemasukan bank. Selain itu, bank juga mengenakan biaya-biaya seperti biaya pemakaian melampaui batas (over-limit), biaya keterlambatan pembayaran (late payment), biaya tarik tunai kartu kredit (cash advance), dan lain-lain.

Orang biasanya kurang awas akan biaya-biaya ini. Karena itu di artikel ini kami jelaskan beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ikuti untuk menghindari biaya-biaya tambahan yang tidak perlu (atau setidaknya menanggung sesedikit mungkin!):

Lunasi seluruh tagihan

Cara TERMUDAH (dan Anda pastinya pernah mendengar ini sebelumnya) adalah melunasi utang kartu kredit Anda, seluruhnya, tiap bulan. Tidak ada saldo tertagih berarti tidak ada bunga.

Manfaatkan Layanan Transfer Utang

Sejumlah bank menawarkan layanan transfer utang kartu kredit dengan bunga 0%. Ini salah satu cara menghindari membayar bunga yang menumpuk. Tapi, layanan ini biasanya berlangsung selama kurun waktu pendek. Kalau Anda masih memiliki sisa utang kartu kredit yang besar, jangan lewatkan layanan transfer utang yang ditawarkan bank tersebut!

Ketahui kapan masa tenggang berakhir

Kebanyakan kartu kredit disertai masa tenggang (biasanya sekitar 20 hari) di mana pembelanjaan sepanjang masa ini tidak dikenai bunga. Manfaatkan masa tenggang ini sebaik mungkin, dan lunasi tagihan sebelum masa tenggang berakhir.

Minimalkan penarikan tunai

Memegang uang tunai yang sebetulnya bukan milik Anda selalu menggoda, tapi tidak ada kisah indah di mana Anda memperoleh uang tunai tanpa memberikan sesuatu (lebih banyak) sebagai imbalan. Bank umumnya mengenakan suku bunga dan biaya sangat tinggi untuk penarikan tunai, jadi minimalkan penggunaannya.

Lunasi tagihan kartu kredit Anda tepat waktu

Biaya keterlambatan sungguh tidak Anda perlukan. Bayarlah tagihan kartu kredit tepat waktu, tiap bulan, dan Anda bisa menghemat jutaan rupiah tiap tahun!

Lacak belanja Anda dan hindari melampaui plafon

Begitu pembelanjaan Anda melampaui plafon (batas kredit), bank otomatis mengenakan biaya pemakaian melampaui batas (over-limit). Dengan sedikit upaya, yaitu melacak tiap transaksi belanja, Anda bisa terhindar dari biaya yang tidak perlu ini!

Kini Anda tahu, bank memiliki banyak cara untuk mengenakan biaya selama Anda menggunakan kartu kredit mereka. Kebanyakan dari biaya ini tidak penting dan bisa Anda hindari. Jadilah konsumen cerdas, berhentilah membayar biaya-biaya ini sedari sekarang. Anda akan terkejut, betapa banyak uang yang bisa Anda hemat karenanya!

Suka artikel ini? Coba cek, siapa tahu Anda melakukan beberapa kesalahan umum penggunaan kartu kredit!

Komentar