Sudah Paham dengan SSE Pajak? Yuk, Simak Panduan Sederhananya!

Sudah Paham dengan SSE Pajak? Yuk, Simak Panduan Sederhananya!

Sering mendengar atau menemukan istilah SSE saat musim laporan pajak? Mari kita lihat lebih lengkap dan mendetail, mengenai apa yang dimaksud dengan SSE.

Apa itu SSE?

Kepanjangan dari SSE adalah Surat Setoran Elektronik. SSE ini dipakai ketika Anda hendak membayar pajak. Di mana sistem ini diatur oleh Direktorat Jendral Pajak dalam situsnya. SSE pajak ini pun dapat Anda akses di situs djponline.

Adapun SSE pajak ini akan menerbitkan ID billing atau kode billing pajak sesuai dengan jenis pajak dan akun pajak Anda. Sehingga baik perorangan maupun badan usaha, dapat membayar pajak dengan lebih mudah secara online, bahkan lewat bank.

Perlu diketahui juga bahwa ID billing ini menyimpan data wajib pajak secara real time. Jadi semua data yang Anda temukan di sini, adalah data pajak Anda yang terbaru.

Keuntungan menggunakan SSE Pajak

Ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh wajib pajak saat menggunakan SSE pajak. Tiga keuntungan utamanya adalah sebagai berikut.

Fleksibel

Dengan menggunakan sistem SSE pajak ini, Anda bisa melaporkan dan membayar pajak kapan saja. Anda bahkan bisa membayar lewat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) jika mengurus setoran pajak secara online.

Tentunya dengan kenyamanan fasilitas ini, diharapkan makin banyak wajib pajak yang membayar dan melaporkan pajaknya tepat waktu.

Hemat waktu

Sistem ini juga cukup hemat waktu karena Anda tidak perlu susah-susah ke kantor pajak terdekat. Anda pun tidak perlu mengisi lembaran formulir seperti sebelumnya. Anda bisa langsung mendapatkan kode billing dengan mengurus SSE pajak di situs online pajak.

Akurat

Sebagaimana sempat disebutkan sebelumnya, bahwa semua informasi dalam ID billing Anda sifatnya real time. Sehingga semua informasi yang ada di dalamnya adalah akurat. Adanya sistem online ini juga meminimalisir kesalahan input Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS).

Bagaimana cara mengisi SSE Pajak?

1. Anda harus masuk ke situs djponline terlebih dahulu. Jika sudah ada akun sebelumnya, Anda cukup login. Namun jika belum, Anda bisa registrasi.

pajak online

2. Setelah itu, Anda harus mengisi Form Surat Setoran dengan lengkap. Pada kolom “Jenis Pajak”, jangan lupa untuk memilih dengan benar. Misalnya, 411125-PPh Pasal 25 Orang Pribadi untuk pajak perorangan.

3. Jika semua sudah terisi dengan benar, maka klik “Submit” untuk mendapatkan Kode billing atau ID billing.

formsse3

Sumber : modalrakyat.id

4. Kemudian klik “Cetak” jika Anda ingin membuat cetakan (print) ID billing.

5. Langkah terakhir yaitu membayar pajak. Membayar pajak bisa dari mesin ATM atau online banking. Cara membayar pajak untuk online banking, misalnya BCA. Pertama, masuk ke akun Anda, lalu pilih “Pembayaran”, kemudian pilih “Pajak”. Pada “Jenis Pajak” pilih “Penerimaan Negara”.

Kemudian Anda memasukkan Kode Billing sesuai dengan yang didapatkan setelah mengisi SSE pajak.

bayar pajak online (1)

 

Setelah itu, klik “Lanjutkan”. Langkah terakhir adalah mentransfer uang pembayaran pajak.

Simpan bukti pembayaran pajak online ini, sebagai catatan Anda.

Lebih mudah dan fleksibel bukan? Nah, simak juga informasi kami lainnya mengenai pajak di situs kami. Jangan sampai terlambat, bayar dan laporkan pajak Anda segera!

Komentar