Cara Meningkatkan Karir Di Awal Tahun

cara meningkatkan karir di awal tahunSemua manusia memiliki harapan dan cita-cita. Baik itu dalam soal karir, keluarga, pendidikan dan masih banyak lagi. Selalu ada cara untuk mewujudkan impian dan cita-cita tersebut. Di tahun yang baru ini, setiap manusia memiliki resolusi tersendiri dalam hidupnya. Dan mereka berlomba-lomba untuk mewujudkan resolusi tersebut. Salah satu hal yang biasanya diharapkan selalu meningkat ialah karir. Bukan perkara sulit untuk meningkatkan karir Anda di tahun yang baru ini. Berikut enam cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan karir yang berhasil dihimpun dari salah satu situs penyedia jasa lowongan pekerjaan, Jobstreet.com.

1.Selalu Memiliki Rencana

Setiap individu memiliki rencana dalam hidupnya. Rencana untuk menikah, rencana untuk memiliki anak, hingga rencana dalam soal pekerjaan. Pada umumnya, individu yang selalu terencana, perjalanan hidupnya akan lebih lancar karena ia sudah tahu apa yang akan ia lakukan untuk masa depannya. Begitu juga dalam soal karir. Anda harus punya tujuan untuk karir Anda di masa mendatang. Apakah akan tetap bertahan pada perusahaan yang lama atau bertualang mencari pekerjaan baru demi mewujudkan pekerjaan impian. Dalam memilih karir pun, Anda pasti berpikir sangat matang. Jika saat ini Anda sudah terjebak pada karir yang sejatinya tidak diinginkan maka segera buat rencana. Perbaharui kembali surat lamaran pekerjaan Anda dan sebarkan ke perusahaan-perusahaan impian.

2.Pelajari Budaya Organisasi

Budaya meliputi organisasi tradisi, adat dan gaya. Budaya organisasi setiap negara tentu berbeda-beda. Bila Anda bekerja pada perusahaan asing maka mau tidak mau Anda harus mempelajari budaya organisasi yang diterapkan di situ. Tentulah akan berbeda dengan budaya Anda sebagai orang Indonesia. Budaya ini bisa mencakup kode pakaian, cara berkomunikasi hingga cara memberi salam. Jika Anda hendak meningkatkan karir maka cobalah mempelajari budaya organisasi yang diterapkan pada perusahaan tempat Anda meraih ilmu dan rezeki.

3.Menguasai Public Speaking

Komunikasi adalah ilmu dasar untuk meningkatkan karir. Ilmu ini sangat penting dalam segala aspek apa pun. Dalam hal karir, komunikasi yang baik dan benar wajib Anda miliki. Misalnya, saat membuat presentasi bisnis, berbincang dengan rekan kerja hingga mengajak klien untuk bekerja sama. Komunikasi yang efektif adalah keterampilan penting untuk berhasil dalam lingkungan perusahaan. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan berbicara di depan umum, coba untuk mengambil kelas public speaking untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda. Kemampuan untuk mempresentasikan dan mengomunikasikan ide secara efektif akan memberikan nilai tambah yang luar biasa bagi karir Anda.

4.Pengembangan Reputasi

Anda bisa meningkatkan karir dengan menjadi pekerja yang punya reputasi dan tanggung jawab besar. Jadilah seorang pekerja bukan hanya mampu menyelesaikan semua pekerjaannya, namun bisa dilakukan tepat waktu, sesuai anggaran dan benar. Seandainya Anda sudah memiliki sikap ini dalam pribadi Anda maka pertahankan. Niscaya, Anda akan selalu menjadi individu yang dapat diandalkan oleh rekan kerja maupun atasan. Dan bila atasan Anda melihat sikap ini dalam diri Anda maka bisa menjadi salah satu cara meningkatkan karir.

5.Berwawasan Luas

Cara meningkatkan karir yang terakhir ialah menjadi pribadi yang berwawasan luas. Anda jangan hanya terpaku dan sebatas mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan Anda saat ini. Cobalah untuk mengeksplorasi kemampuan di bidang lain. Misalnya, Anda bekerja sebagai seorang public relations yang biasanya fasih berbicara di depan umum. Tak ada salahnya untuk mempelajari ilmu marketing. Sebab, kedua ilmu ini masih berhubungan satu dengan yang lainnya. Dengan memiliki keterampilan dan keahlian melampaui pekerjaan Anda saat ini, Anda menjadi tidak hanya karyawan yang berharga, tapi layak dipromosikan. Pengetahuan yang luas seperti ini berguna untuk memeriksa peran Anda apakah Anda bisa berkompeten di bidang pekerjaan lain atau tidak. Juga, Anda dapat membuat keputusan di masa depan untuk membantu pindah ke jalur pekerjaan yang lebih diinginkan.

6.Jadilah Profesional Amatiran

Untuk menapaki tahap profesional Anda bisa belajar menjadi seorang profesional amatiran. Cara ini bisa dimulai dengan banyak berdiskusi dengan para ahli di bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Topik diskusi bisa berkisar mengenai peran mereka dalam bidang pekerjaan yang digeluti, bagaimana meraih sukses dalam departemen yang dipimpin maupun sukses dalam perusahaan. Anda juga bisa mengikuti forum diskusi, pameran atau konferensi mengenai bidang pekerjaan yang Anda geluti dan sukai. Tantang diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih profesional yang berwawasan luas. Saat Anda mengikuti berbagai forum diskusi dan bertemu dengan banyak orang otomatis akan memperluas jaringan kerja Anda dan siapa tahu karir Anda akan meningkat saat bertemu koneksi yang tepat.

Pastikan juga Anda mampu menerapkan 7 Hal Yang harus Anda Lakukan Di Umur 20-an Agar Mencapai Kesuksesan

Komentar