Siap Miliki Tampilan Hunian Baru di Tahun Baru? Simak Cara Perencaan Biaya Renovasi!

Siap Miliki Tampilan Hunian Baru di Tahun Baru? Simak Cara Perencaan Biaya Renovasi!

Merenovasi rumah dengan budget yang lebih murah tidaklah mustahil. Ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memangkas biaya renovasi rumah, baik renovasi besar maupun kecil.

Bagi Anda yang ingin menyambut tahun baru dengan tampilan rumah yang lebih menarik, simak tips dari kami dan rencanakan renovasi rumah Anda.

Tentukan titik renovasi

Langkah ini menentukan estimasi biaya yang Anda butuhkan nanti. Hal ini karena besar kecilnya skala renovasi yang akan dilakukan nantinya ditentukan pada langkah ini.

Tentukan area rumah yang harus direnovasi, serta perabotan yang harus diganti. Dari sini Anda bisa menentukan juga apakah renovasi besar harus dilakukan, atau cukup dengan perubahan kecil saja.

Sisihkan waktu untuk melakukan inspeksi rumah secara menyeluruh sehingga perencanaan bisa lebih efektif. Dengan demikian, tidak ada titik yang terlewat sehingga proses renovasi bisa dilakukan sekalian.

Pada proses ini, Anda juga bisa sekalian menentukan desain dari bagian yang ingin direnovasi.

Lakukan riset

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset. Ini juga penting supaya pengerjaan renovasi bisa lebih efisien dan efektif.

Pastikan Anda melakukan pencatatan pada beberapa hal berikut:

  • Ukuran area yang harus direnovasi;
  • Bahan atau perabotan yang di butuhkan;
  • Perbandingan harga dan kualitas;
  • Jika membutuhkan bantuan tukang, di mana mencari dan berapa biayanya;
  • Apakah semua harus diselesaikan sekaligus atau bisa ditunda;
  • Estimasi biaya keseluruhan.

Riset membutuhkan waktu, jadi jangan terburu-buru. Pastikan Anda mendapatkan deal terbaik, serta pastikan jalannya renovasi nanti lebih efisien.

Selain riset di toko-toko perabotan dan bangunan secara offline, coba lakukan riset secara online. Referensi dari teman dan keluarga juga bisa jadi acuan. Apalagi jika mereka sudah pernah merenovasi rumah sebelumnya.

Kalau proses renovasi membutuhkan bantuan tukang, baik dari kontraktor atau pemborong, maka lakukan juga riset mengenai hal ini. Anda bisa melakukan browsing, atau bertanya pada teman dan keluarga.

Buat rincian kebutuhan dan anggaran

Langkah kemudian adalah menyusun rincian kebutuhan dan anggaran. Buat perincian jelas apa saja yang dibutuhkan, serta berapa biaya atau harganya.

Misalnya, Anda ingin mengganti keramik. Maka rincian anggarannya adalah sebagai berikut.

Area yang direnovasiJumlah bahan yang dibutuhkanHarga per m2Total harga
Total biayaRp 13.891.796‬
Keramik 60 x 60 cm41,79 m2Rp 213.400Rp 8.917.773‬‬
Plint lantai72,23 mRp 45.000Rp 3.250.350
Pemasangan keramik lantai kamar mandi3,404 m2Rp 154.200Rp 524.897
Pemasangan keramik dinding kamar mandi7,53 m2Rp 159.200Rp 1.198.776
Sumber : sejasa.com

Anda juga bisa menggunakan format ini untuk menghitung anggaran renovasi atau penggantian perabotan rumah.

Jika Ada yang bisa Anda lakukan sendiri, seperti mengganti gorden atau mengecat, maka lebih baik untuk dikerjakan sendiri. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya tukang.

Pastikan Anda memilih bahan-bahan bangunan yang berkualitas. Hal ini karena jika bahan yang digunakan tidak tahan lama, Anda harus melakukan perbaikan lagi.

Keamanan tetap utama

Walaupun Anda menghemat biaya, bukan berarti mengesampingkan kualitas dan keamanan. Bayangkan jika Anda harus mengeluarkan uang untuk perbaikan kembali hanya setelah beberapa bulan merenovasi rumah.

Apalagi jika renovasi merupakan bagian rumah yang rawan seperti sambungan listrik atau atap, maka pemilihan material yang asal murah akan membahayakan Anda dan keluarga.

Begitupun dengan jasa tukang. Berhati-hatilah dalam memilih kontraktor atau pemborong. Jangan sampai Anda tergiur dengan biaya tukang yang murah, kemudian mengesampingkan kualitas pekerjaan mereka. Selalu cari referensi terpercaya sebelum memilih jasa kontraktor atau pemborong untuk mengerjakan renovasi.

Perlu diingat juga, jangan memaksakan diri kalau Anda tidak yakin bisa mengerjakan perbaikan atau renovasi sendiri. Hal ini bisa membahayakan keselamatan Anda, atau malah menjadikan proses renovasi tidak efisien.

Mengatur keuangan untuk renovasi

Terakhir adalah bagaimana mengumpulkan dana untuk kebutuhan renovasi. Tentunya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan ini. Berikut adalah di antaranya.

Tabungan berjangka

Kami selalu menyarankan tabungan berjangka untuk berbagai kebutuhan Anda di masa depan, salah satunya adalah renovasi.

Ada baiknya jika Anda tidak mulai menabung ketika ada kebutuhan saja. Tabungan berjangka baiknya selalu Anda miliki dan perbarui, minimal, setiap enam bulan.

Sehingga ketika Anda hendak melakukan renovasi, bisa menyesuaikan dengan waktu tenor tabungan Anda selesai. Sehingga Anda tahu berapa rupiah yang akan Anda miliki saat proses renovasi berlangsung.

Pinjaman

Salah satu kategori pinjaman yang disediakan bank dan lembaga keuangan adalah renovasi rumah. Anda bisa mengajukan pinjaman melalui lembaga terpercaya, kemudian saat diverifikasi, beri keterangan pada petugas bahwa pinjaman digunakan untuk renovasi rumah.

Jika Anda memiliki dokumen yang disyaratkan, biasanya hanya KTP dan bukti penghasilan, maka pengajuan pinjaman kemungkinan besar akan disetujui.

Tunaiku

Tunaiku

Pinjaman dana online hingga Rp 20 juta cair dalam 24 jam

Manfaatkan diskon musiman

Pada saat hari-hari besar seperti hari raya keagamaan dan tahun baru, banyak toko yang memberikan diskon. Selain itu, momen seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) juga bisa digunakan untuk belanja keperluan renovasi. Mulai dari membeli keperluan seperti material bangunan, hingga perabotan rumah tangga yang baru.

Walaupun diskon seperti ini tidak berlaku untuk jasa pengerjaan renovasi, setidaknya Anda telah menghemat pengeluaran dari segi material bangunan dan perabotan.

Dengan tips ini, kami berharap Anda bisa menjalani tahun 2020 dengan suasana rumah yang lebih nyaman dan aman.

Bicara soal rumah dan renovasi, kami juga memiliki tips mengenai membeli rumah bekas untuk disulap menjadi kediaman yang nyaman.

Komentar