Panduan Mendaftar Akun BNI Internet Banking, Cara Aktivasi Dan Tips Transaksi Aman

Panduan Mendaftar Akun BNI Internet Banking, Cara Aktivasi Dan Tips Transaksi Aman

Fleksibilitas rasanya sudah menjadi prioritas bagi sebagian besar orang, dimanapun mereka berada. Fleksibilitas ini harus disediakan oleh hampir semua penyedia jasa, termasuk perbankan.

Untuk memberikan kenyamanan dan fleksibilitas pada nasabah, Bank Negara Indonesia (BNI) menyediakan layanan internet banking. Layanan ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi kapanpun mereka mau. Selain fleksibel dan mudah, layanan ini juga dipastikan aman. Sehingga nasabah bisa merasa tenang dalam melakukan kegiatan perbankannya secara online.

Apa itu BNI Internet Banking?

BNI Internet Banking (ibank BNI) sendiri merupakan layanan perbankan untuk pribadi dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan layaknya Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Sehingga manfaatnya hampir sama dengan jika Anda ke ATM atau teller bank, hanya lebih fleksibel.

Apa saja manfaat BNI Internet Banking?

Berikut manfaat dari layanan BNI Internet Banking yang bisa Anda nikmati.

  1. Bisa diakses melalui PC, tablet, atau smartphone selama ada sambungan internet
  2. Anda bisa transfer dana dengan maksimal nominal Rp 1 miliar dalam satu hari, juga bisa melakukan multi transfer, bahkan menjadwalkan transfer
  3. Pembukaan rekening, seperti BNI Deposito berjangka, BNI Taplus, dan BNI Tapenas
  4. Dapat digunakan untuk memblokir kartu debit
  5. Bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan
  6. Melakukan transaksi atau belanja online dengan aman
  7. Memantau cashflow secara realtime
  8. Dapat melakukan transfer rekening BNI dengan mata uang yang sama atau mata uang asing
  9. Mendapatkan notifikasi melalui pesan singkat (sms)

Anda tidak perlu lagi mengantri di ATM atau bank untuk melakukan berbagai transaksi atau keperluan perbankan lainnya. Sehingga kegiatan perbankan pun bisa dilakukan dengan nyaman di mana saja, bahkan dari rumah Anda. Hanya saja, tentunya, Anda tidak bisa melakukan tarik tunai dengan layanan internet banking ini.

Jika Anda belum memiliki akun BNI Internet Banking, maka berikut kami jabarkan bagaimana proses registrasinya.

Bagaimana registrasi akun BNI Internet Banking?

Anda bisa registrasi akun BNI Internet Banking melalui ATM atau customer service di bank BNI cabang mana saja.

Registrasi melalui kantor cabang

Saat melakukan registrasi, bawa serta nomor ponsel dan alamat email terbaru atau yang valid. Bawa juga bukti identitas diri yang masih berlaku dan bukti kepemilikan rekening BNI.

Untuk mengurus akun BNI Internet Banking langsung di bank, jika semua persyaratan sudah terpenuhi, maka Anda akan langsung dibantu oleh customer service. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih metode otorisasi transaksi. Kalau tidak Anda tidak ada preferensi, maka Anda akan dihubungkan dengan BNI m-Secure. Artinya setiap hendak melakukan transaksi finansial melalui BNI Internet Banking, Anda akan mendapatkan PIN dinamis dari aplikasi BNI m-Secure sebagai alat otorisasi. Sedangkan jika Anda memilih metode otorisasi BNI e-Secure, maka Anda akan diberi token.

Setelah proses registrasi selesai, Anda akan diberi struk bukti yang memuat User ID untuk keperluan aktivasi di website.

Registrasi melalui ATM

Anda akan melihat pilihan e-Channel kemudian pilih menu “BNI Internet Banking”. Anda akan mendapatkan PIN Pendaftaran BNI Internet Banking yang digunakan untuk registrasi dan aktivasi di website nantinya. Masukkan PIN Pendaftaran BNI Internet Banking sebagai proses konfirmasi.

Saat proses registrasi di ATM selesai, Anda akan mendapat struk yang berisi enam sampai lapan karakter kode aplikasi BNI Internet Banking yang digunakan untuk aktivasi.

Aktivasi BNI internet banking

Baik melalui custumer service ataupun ATM, Anda harus melakukan aktivasi akun BNI Internet banking lewat website. Di bawah ini merupakan cara yang bisa digunakan
1. Selanjutnya, Anda melakukan aktivasi di website www.bni.co.id. Pilih “E-Banking” lalu klik “Personal Login”.

2. Setelah masuk lewat “Personal Login”, Anda akan masuk ke halaman ini

Dengan mengklik “klik disini”, Anda akan langsung diarahkan ke halaman Aktivasi Pengguna Baru/Reset Password BNI Internet Banking.

3. Selanjutnya isi semua kolom dengan benar sesuai yang tercantum di struk dari ATM, kemudian Anda akan  diminta untuk verifikasi nomor ponsel yang terdaftar di BNI.

 

4. Anda akan mendapatkan One Time Password (OTP) lewat SMS. Pastikan saat memasukkan OTP di website, Anda melakukannya dengan benar karena jika OTP yang dimasukkan salah maka proses aktivasi langsung dihentikan.

5. Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan password yang baru sebanyak dua kali. Jika input password selesai, Anda akan ditunjukan User ID, nomor ponsel, dan alamat email yang tersimpan di data BNI. Jika tidak sesuai, Anda bisa melakukan pembaruan lewat BNI Internet Banking.

6. Anda pun akan melihat tampilan pilihan apakah Anda ingin menggunakan mobile browser (jika Anda tidak melakukan aktivasi lewat PC). Hilangkan centang pada pilihan mobile browser jika tidak setuju. Klik tombol “Proses” untuk menyelesaikan proses aktivasi.

7. Saat pertama kali melakukan aktivasi maka secara otomatis Anda akan dihubungkan dengan BNI m-Secure untuk otorisasi finansial. Jika Anda tidak setuju dengan metode otorisasi ini, Anda bisa ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengubah pilihan metode otoritas.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan BNI Internet Banking

Saat melakukan transaksi apapun dengan fasilitas internet banking, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini untuk mencegah Anda dari kerugian, baik kerugian secara finansial atau pencurian data.

Berikut tips aman yang harus diperhatikan saat melakukan transaksi dengan BNI Internet Banking.

  1. Pastikan Anda masuk melalui situs ibank BNI yang benar yaitu https://ibank.bni.co.id/.
  2. Jangan klik menggunakan link yang mengarahkan untuk membuka alamat URL, lebih aman jika Anda mengetik sendiri alamat situs atau bookmark alamat situs BNI Internet Banking.
  3. Apabila halaman transaksi berbeda dengan tampilan yang biasanya, hentikan transaksi dan hubungi BNI Call di 1500046.
  4. Pastikan perangkat yang Anda bersih dari virus, malware, atau worm. Lakukan scan secara berkala untuk membersihkan gangguan ini.
  5. Pastikan firewall Anda dalam keadaaan aktif.
  6. Perlu diingat bahwa BNI e-Secure atau m-Secure hanya digunakan untuk aktivasi finansial atau perubahan data. BNI tidak akan pernah mengharuskan Anda melakukan sinkronisasi BNI e-Secure atau m-Secure di layar BNI Internet Banking.
  7. Jangan beri tahu password BNI Internet Banking dan PIN BNI e-Secure pada siapapun.
  8. Untuk menghindari kejahatan pencurian informasi (keylogger), Anda bisa menggunakan virtual keyboard untuk mengetikkan password.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan aman dan tenang. Jangan sampai Anda mengalami kerugian seperti pencurian uang di rekening secara virtual karena Anda tidak melakukan transaksi internet banking secara aman.

Tidak sulit kan untuk mendapatkan dan menggunakan BNI Internet Banking? Jika Anda nasabah BNI dan belum memiliki akun BNI Internet Banking, maka disarankan untuk segera melakukan registrasi. Fasilitas ini juga nantinya akan membantu Anda dalam berbagai transaksi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jasa perbankan yang dapat digunakan secara digital, maka Anda bisa membacanya di artikel mengenai panduan komprehensif jasa dan layanan Bank.

Komentar