Dirjen Pajak Membuka Layanan EFIN Dan Informasi Lewat Ponsel

Dirjen Pajak Membuka Layanan EFIN Dan Informasi Lewat Ponsel

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan per tanggal 8 Maret 2018 lalu sudah membuka layanan Electronic Filing Identification (EFIN) dan layanan informasi kode pembayaran atau kode verifikasi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) lewat ponsel.

Bagi wajib pajak (WP) yang tidak ingat EFIN atau bagia yang mau mendapatkan kode verifikasi bisa mengajukannya lewat Twitter ataupun live chat.

“Ini layanan untuk pelaporan SPT secara elektronik melalui akun Twitter @kring_pajak dan live chat di situs www.pajak.go.id,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama melalui keterangan tertulis.

Yoga juga menjelaskan untuk WP yang ingin minta EFIN mereka, harus menyiapkan beberapa hal untuk verifikasi dari petugas DJP.

Adapun yang harus dipersiapkan adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nama, alamat terdaftar saat registrasi EFIN, alamat email atau nomor telepon saat registrasi EFIN, dan tahun pajak SPT terakhir.

Setelah semua data terverifikasi, WP akan mendapatkan email dari informasi@pajak.go.id. Dalam email ini ada informasi EFIN yang dilampirkan dalam format PDF. Anda juga akan mendapatkan kata sandi yang digunakan untuk membuka file PDF.

Kemudian untuk WP yang menginginkan informasi mengenai kode pembayaran atau verifikasi, harus menyiapkan NPWP, nama, alamat email atau nomor telepon saat registrasi EFIN, EFIN, dan jenis SPT serta masa dan status SPT. Informasi yang diinginkan akan dikirimkan pada Anda melalui email.

“Pemberian informasi melalui Twitter, live chat, dan telepon hanya dapat dilayani selama waktu operasional kantor, Senin sampai Jumat pukul 08.00 hingga 16.00,” tutur Yoga.

Sedangkan untuk batas akhir pelaporan SPT WP untuk perorangan adalah akhir Maret 2018. Kemudian untuk pelaporan SPT WP badan batas waktunya adalah akhir April 2018.

 

[Source]

Komentar