Berikut Ciri-Ciri yang Menandakan Bahwa Kondisi Finansial Anda Sudah Stabil

Berikut Ciri-Ciri yang Menandakan Bahwa Kondisi Finansial Anda Sudah Stabil

Bicara soal keuangan, tentunya ada tips dan informasi yang bisa Anda pelajari dan aplikasikan. Nah, setelah Anda melakukan semua usaha finansial, sekarang waktunya untuk mengukur kestabilan keuangan Anda.

Jika Anda memiliki semua ciri-ciri ini, maka Anda sudah stabil secara keuangan.

Pengeluaran lebih kecil dari penghasilan

Dua orang sahabat dengan gaji sama, belum tentu kestabilan finansialnya juga sama. Semua tergantung dari gaya hidup.

Seorang yang stabil keuangannya, memiliki pengeluaran yang lebih kecil dari penghasilannya. Hal ini menjadikan dia memiliki tabungan, bahkan investasi. Sehingga ia merasa tenang mengingat dirinya masih memiliki cadangan uang.

Hal ini akan sulit dilakukan kalau Anda mengalami FOMO (Fear of Missing Out), yaitu anggapan bahwa Anda tidak terlihat keren jika tidak mengikuti tren. Jika Anda memilih untuk menjalani gaya hidup seperti ini, maka keuangan Anda yang akan menjadi korban.

Oleh karena itu, pastikan Anda membagi penghasilan sesuai kebutuhan. Berapapun yang Anda gunakan dalam sebulan, pastikan untuk tetap ada sisanya, minimal 10% dari keseluruhan penghasilan.

Rekening tidak pernah kosong

Masih berkaitan dengan ciri sebelumnya, tanda Anda stabil secara keuangan adalah rekening yang tidak pernah kosong.

Kondisi ini bukan karena besarnya penghasilan atau uang yang mengalir terus menerus, melainkan bagaimana Anda mengatur dan menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan.

Jika Anda memiliki target tabungan dan dana darurat setiap bulannya, maka rekening Anda tidak akan pernah kosong.

Saat remaja atau awal masa dewasa, biasanya latihan menabung dimulai dengan target atau tujuan dari tabungan. Contoh, Anda akan menabung untuk jalan-jalan, menambah koleksi, atau melakukan hobi.

Sekarang, tujuan Anda memiliki tabungan bukan lagi sekedar jangka pendek, melainkan untuk kebutuhan jangka panjang.

Untuk alasan ini pula, ada baiknya jika Anda menggunakan produk penyimpanan dana yang lebih menguntungkan. Misalnya, menggunakan tabungan berjangka, deposito, tabungan pensiun, atau investasi berisiko rendah.

Percaya atau tidak, pikiran Anda akan lebih tenang saat mengingat bahwa Anda memiliki simpanan dana di rekening tabungan. Hal ini mencegah stres karena tuntutan keuangan, sehingga hidup Anda akan lebih bahagia setiap harinya.

Tidak pernah menggunakan kartu kredit berlebihan

Satu lagi ciri bahwa Anda stabil secara finansial adalah Anda tidak menggunakan kartu kredit berlebihan. Hal ini karena Anda sadar bahwa menggunakan kartu kredit sama dengan berutang.

Kartu kredit sebenarnya disediakan bank untuk membantu daya beli masyarakat, sehingga perekonomian dalam negeri tetap berjalan dengan baik. Namun, terlalu banyak utang yang berujung pada kredit macet tidak akan menguntungkan, baik bagi pihak bank maupun pengguna kartu kredit.

Saat Anda berbelanja dengan kartu kredit, selain harga barang yang dibeli, Anda juga harus menghitung biaya bulanan kartu kredit. Jika Anda menyicil, maka pikirkan juga bunganya. Kalau boleh disimpulkan, sebenarnya membeli dengan kartu kredit malah menjadikan Anda membayar lebih mahal daripada membeli secara tunai.

Selain itu, ketidakmampuan untuk membayar tagihan kartu kredit membuat catatan keuangan Anda pada SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) menjadi buruk. Hal ini berimbas pada kesulitan untuk mendapatkan pinjaman atau kredit di masa mendatang.

Oleh karenanya, pastikan tagihan kartu kredit Anda maksimal 30% dari keseluruhan penghasilan. Dengan demikian, Anda tetap bisa menikmati kehidupan yang nyaman, tanpa membebani keuangan Anda.

Ingat, bahwa jika Anda tidak mampu membeli sesuatu secara tunai, artinya Anda tidak mampu membelinya. Jadi jangan anggap kartu kredit adalah solusi utama untuk mendapatkan barang mahal, yang sebenarnya tidak mampu Anda beli.

Tidak pernah terlambat membayar tagihan bulanan

Poin ini merupakan ciri utama yang bisa dirasakan secara langsung. Jika Anda tidak perlu merasa bingung bagaimana membayar semua tagihan tepat waktu, maka Anda memiliki kondisi keuangan yang stabil.

Cara yang bisa Anda lakukan agar selalu bisa membayar semua tagihan tepat waktu adalah menjadikan tagihan ini sebagai prioritas. Jadi setelah membayar diri sendiri dengan menabung, bayarlah tagihan rutin agar Anda bisa tenang menikmati semua layanan selama sebulan ke depan.

Jika Anda merasa tagihan bulanan Anda terlalu banyak, maka pilah tagihan mana yang bisa dihilangkan. Misalnya, Anda bisa menghentikan langganan Netflix atau aplikasi hiburan lainnya. Makin sedikit jenis tagihan bulanan yang harus dibayar, makin besar kesempatan Anda untuk mencapai kestabilan finansial.

Poin ini juga berkaitan dengan pengambilan kredit kendaraan. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan finansial Anda, ada baiknya tidak berencana membeli kendaraan terlebih dahulu. Apalagi kendaraan merupakan barang yang terus mengalami penurunan harga, jadi tidak bisa dianggap sebagai aset yang menguntungkan.

Punya catatan keuangan

Pada dasarnya, Anda tidak akan menuju kestabilan finansial kalau tidak pernah mencatat atau menghitung penghasilan dan pengeluaran Anda.

Mencatat keuangan akan membuat Anda lebih sadar akan kondisi keuangan. Kebiasaan mencatat keuangan juga dapat membantu Anda dalam mengetahui kemana perginya penghasilan selama sebulan.

Jika Anda mengetahui dan sadar akan kondisi keuangan, maka Anda akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan yang melibatkan uang.

Aturduit sudah banyak membuat artikel seputar budgeting dan cara mengatur uang, baik di situasi normal maupun resesi.

Tidak khawatir akan masa depan

Jika Anda mempersiapkan keuangan untuk masa depan, maka Anda tidak perlu khawatir. Persiapan keuangan untuk masa depan bukan hanya tabungan atau investasi, melainkan juga kebiasaan yang sehat.

Oleh karena itu, jika Anda tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup saat ini ditambah memiliki simpanan untuk masa depan, maka kondisi finansial Anda sudah stabil.

Perlu diingat bahwa      Anda tidak bisa mempersiapkan masa pensiun jika saat ini Anda masih kesulitan menyisihkan penghasilan untuk tabungan.

Salah satu cara untuk menikmati masa pensiun yang tenang adalah memilih kota dengan biaya hidup murah untuk tinggal saat pensiun kelak.

Setelah membaca enam ciri kondisi keuangan yang stabil, sekarang giliran Anda untuk mencatat. Dari semua poin di atas, berapa poin yang sudah Anda miliki saat ini? Buatlah rencana dan target untuk bisa memiliki semua poin di atas.

Komentar