5 Destinasi Wisata Mancanegara yang Halal dan Bebas Visa

5 Destinasi Wisata Mancanegara yang Halal dan Bebas Visa

Bagi umat muslim tanah air, banyak yang merasa bahwa pilihan tujuan wisata luar negeri memang terbatas. Hal ini dikarenakan pada negara-negara dengan mayoritas penduduk non muslim, mereka kesulitan untuk mendapatkan makanan halal.

Selain rekomendasi negara-negara yang menjadi destinasi wisata halal, kami juga menyajikan peringkat negara destinasi wisata halal menurut Mastercard-CrescentRating.

Peringkat tujuan wisata halal di dunia

Mastercard-CrescentRating merilis Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018. Dimana peringkat ini mencakup negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan negara non-OKI.

Berikut adalah peringkat negara-negara tujuan wisata halal sesuai GMTI.

Negara-negara OKI

PeringkatNilaiNegara
180,6Malaysia
272,8Uni Emirat Arab
Indonesia
369,1Turki
468,7Arab Saudi
566,2Qatar
665,9Bahrain
765,1Oman
861,7Maroko
960,5Kuwait

Negara-negara non-OKI

PeringkatNilaiNegara
166,2Singapura
256,1Thailand
353,8Inggris
451,4Jepang
549,6Taiwan
Hongkong
647,7Afrika Selatan
745,7Jerman
845,2Perancis
944,7Australia

Adapun peringkat ini didasarkan pada penilaian beberapa kategori, yang di antara lain adalah kelengkapan infrastruktur, lingkungan, serta komunikasi terhadap target wisatawan.

Artinya, negara-negara di atas memiliki fasilitas ibadah untuk wisatawan muslim serta variasi hidangan halal yang mudah didapatkan.

Pada rekomendasi kali ini, kami memilihkan negara-negara yang ramah untuk wisatawan muslim serta mudah diakses karena tidak memerlukan visa.

wisata di thailand

Malaysia

Salah satu negara yang bertetangga dengan Indonesia ini merupakan tujuan wisata yang menjadi rekomendasi utama untuk turis muslim.

Selain fasilitas ibadah serta makanan halal yang tersedia, negara ini juga menjadi salah satu tujuan wisata termurah di dunia.

Walaupun memiliki mayoritas penduduk muslim, Malaysia memiliki atraksi wisata dari berbagai kebudayaan seperti India dan Cina. Keragaman bisa menjadi pengalaman menarik bagi siapa saja yang mengunjungi negara ini.

Bagi Anda yang menyukai hidangan dari Medan, tidak akan kesulitan mencari makanan di sini. Karena, menurut banyak orang Indonesia, makanannya memiliki citarasa yang mirip dengan masakan Medan.

Destinasi wisata yang bisa dikunjungi antara lain; Kota Kinabalu, Batu Cave, Menara kembar Petronas, dan masih banyak lagi.

Turki

Bagi Anda yang ingin menikmati klasiknya suasana Eropa dan keeksotisan Timur Tengah di satu tempat, maka Turki tempatnya.

Bagi turis Indonesia, Anda tidak perlu mengurus visa sebelum keberangkatan. Karena negara ini menggunakan sistem Visa on Arrival (VoA) untuk pengunjung dari Indonesia.

Jadi saat kedatangan, Anda cukup mengantri di loket VoA. Loket ini tidak menerima pembayaran visa secara non tunai, jadi Anda harus menyiapkan uang sebesar USD 35 (Rp 490.000).

Negara ini berpenduduk mayorits muslim, sehingga tidak sulit untuk menemukan tempat-tempat ibadah serta makanan halal. Jadi bagi turis muslimah, jangan lupa untuk membawa perlengkapan shalat saat jalan-jalan ke sini.

Di sini ada banyak tempat bersejarah serta toko yang menjajakan barang-barang unik. Tempat menarik yang bisa dikunjungi antara lain adalah; Kota Tua Istanbul, Kota Kuno Ephesus, Cappadocia, dan bersantai di spa natural di Hierapolis Turki.

Singapura

Walaupun bukan bagian dari OKI, Singapura merupakan negara yang ramah untuk pengunjung muslim. Hal ini dilihat dari fasilitas serta ketersediaan makanan halal yang mudah.

Singapura juga memiliki komunitas orang Melayu yang kebanyakan beragama Islam. Sehingga Anda tidak kesulitan untuk menemukan makanan yang halal serta cocok dengan citarasa Indonesia. Biaya untuk mengunjungi Singapura pun masih terjangkau karena jaraknya yang dekat.

Tidak heran kalau setelah Malaysia, banyak orang Indonesia yang menjadikan Singapura sebagai tujuan wisata.

Selama di Singapura, jangan lupa untuk mengunjungi Sentosa Island, Orchard Road, Bugis Street, atau Universal Studios Singapore.

Thailand

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan kuliner khas Thailand? Nah, paling tepat kalau menyantap hidangan khas Thailand sembari menikmati keunikan negaranya.

Mayoritas penduduk negara ini memang bukan muslim, namun Anda masih bisa menemukan hidangan halal dengan mudah. Coba ikuti panduan ini untuk menemukan makanan halal di Thailand. Lebih mudah lagi, Anda bisa mencari di internet daftar restoran halal di Thailand sebelum berangkat liburan.

Sedangkan untuk shalat, sebaiknya atur waktu jalan-jalan dengan waktu shalat. Hal ini untuk mengantisipasi jika Anda tidak menemukan tempat ibadah saat berada di luar hotel atau penginapan.

Walaupun bukan mayoritas, penduduk Thailand sudah familiar dengan kebudayaan Islam. Jadi para turis muslim akan diterima dengan baik di negeri ini.

Soal tujuan wisata, jangan ditanya lagi. Thailand memiliki beragam tujuan wisata yang menarik seperti kuil putih Chiang Rai, taman Sung Nong Nooch, atau kota Chiang Mai.

Jepang

Jepang merupakan destinasi wisata yang menjadi tren di Indonesia. Banyak orang yang ingin ke negeri Sakura untuk menikmati keindahan alamnya dan keunikan budaya di sana.

Bagi Anda pemegang e-passport, Anda bisa masuk ke Jepang tanpa visa untuk maksimal 15 hari. Jadi sebelum Anda berangkat, pastikan untuk mendaftar izin masuk bebas visa. Sedangkan untuk pemilik paspor biasa, harus memiliki visa terlebih dahulu sebelum berangkat.

Jika Anda berwisata ke Jepang menggunakan jasa perusahaan perjalanan (tour and travel), maka pengurusan visa dilakukan secara kolektif. Pihak pemandu perjalanan juga akan membantu Anda menemukan makanan halal selama di Jepang.

Bagi Anda yang bepergian sendiri, memang paling aman untuk mencari makanan vegetarian atau sushi. Namun, ada banyak juga restoran halal di Jepang. Jadi jangan takut kelaparan selama ada di negara ini.

Sebagaimana di Thailand, sebaiknya Anda menyesuaikan waktu jalan-jalan dengan waktu shalat. Walaupun di Jepang terdapat masjid, namun jumlahnya tidak banyak. Sehingga ada baiknya Anda mengantisipasi agar ibadah harian tidak terganggu.

Jika Anda berkesempatan ke Jepang, jangan lupa untuk mengunjungi Tokyo Tower, Sensoji Temple, dan Ueno Park. Kalau Anda sempat mengunjungi kota lain selain Tokyo, ada baiknya Anda ke Osaka untuk menikmati berbagai atraksi wisata di sana.

Jadi bagi umat muslim yang ingin berlibur ke luar negeri, jangan ragu untuk memilih negara-negara sesuai peringkat GMTI agar nyaman selama perjalanan.

Kemudian supaya Anda tidak “jatuh miskin” karena jalan-jalan, perhatikan tips keuangan ini sebelum merencanakan liburan.

Komentar