Pendapatan Global Meningkat Seiring Berkembangnya E-Sport

Pendapatan Global Meningkat Seiring Berkembangnya E-Sport

Tahun 2024 nanti, para gamer profesional akan memiliki kesempatan untuk bertanding dalam sebuah Olimpiade di Paris.

Menurut berita yang sudah marak tersebar,  akan adanya sebuah kompetisi e-sport –  kompetisi video game teratur dan terorganisir – yang mempertemukan gamer profesional dari seluruh dunia.

Presiden Panitia Olimpiade Paris 2024, Tony Estanguet, mengatakan bahwa kemampuan pertandingan yang berbasis digital perlu dipertimbangkan sebagai olahraga yang sah dalam Olipiade. Hal ini pentig untuk mempertahankan relevansi Olimpiade bagi anak muda.

“Sepertinya menarik jika kami melakukan interaksi dengan International Olympic Committee (IOC) sekaligus e-sport untuk memahami prosesnya, mengingat (e-sport) bisa sangat sukses,” kata Estanguet seperti yang dikutip oleh dailymail.co.uk.

E-sport memang tidak melibatkan aktivitas fisik sebagaimana cabang olahraga seperti biasanya. Namun demikian, interaksi dalam permainan digital ini bisa dikatakan masih sama dengan kompetisi olahraga yang sudah ada.

Sebagaimana kompetisi lainnya, untuk bisa memenangkan pertandingan, para peserta harus memiliki kecakapan, strategi, dan juga strategi kelompok. Persaingan dalam pertandingan e-sport juga akan sangat ketat karena adanya hadiah yang besar.

Kiprah e-sport

Bermain game online pada dewasa ini sudah bukan sekedar hobi. Lebih dari itu, keguatan ini juga sudah banyak dilakukan secara profesional dan menjadi sumber penghasilan.

Peluang meningkatkan pendapatan di dunia digital menggunakan e-sport ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Karena, tercatat dalam dua tahun terakhir, penonton dari permainan game online meningkat hingga 43 persen. Pendapatan global dari e-sport ini pun naik dari 194 juta dollar AS, menjadi 463 juta dollar AS.

Pada tahun lalu, Dota 2 bahkan membukukan jumlah pemain mereka yaitu sebanyak 772 pemain dengan 118 turnamen. Pendapatan yang mereka terima pada tahun yang sama berjumlah 37 juta dolar AS.

Dengan adanya perkembangan kondisi dunia digital ini, maka tidak salah jika e-sport dipandang sudah seharusnya menjadi sebuah cabang olahraga yang dipertandingkan.

Selain itu, rencana untuk menjadikan e-sport sebagai salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan juga sudah muncul sebelumnya dalam Asian Games. Rencananya, e-sport akan dipertandingkan dalam Asian Games 2022.

[Source]

Sumber image : commons.wikimedia.org

 

Komentar