Faktor Penentu Dalam Memilih Pekerjaan

Faktor dalam mencari pekerjaanGaji menjadi prioritas bagi sebagian karyawan. Sebagai upah kerja keras selama sebulan, tentu setiap karyawan menantikan kehadirannya. Ada survey menarik dari jobstreet.co.id yang membeberkan fakta bahwa karyawan pria di Indonesia lebih mementingkan gaji dibanding karyawan wanita dalam mencari pekerjaan. Survey ini dilakukan Juli lalu.

Dari 18,275 koresponden, 63.42% pria dan 36.58% wanita. Keduanya menyatakan bahwa dalam mencari karir baru ternyata fokus penentu dalam memilih pekerjaan ialah nominal gaji. Sisanya, sekitar 5.56% koresponden menyatakan bahwa gaji bukan menjadi prioritas utama dalam berburu pekerjaan. Dan 0.21% koresponden beranggapan besarnya gaji tidak penting bagi mereka.

Survei tersebut diikuti oleh 40.21% senior staff, 27.23% junior staff, 17.26% manajer, 9.25 % fresh graduate dan sebanyak 6.05% berasal dari level senior manager ke atas. Hasil survei di atas menjelaskan bahwa para pencari kerja lebih tertarik pada iklan lowongan kerja yang mencantumkan besarnya kisaran gaji pada suatu posisi pekerjaan. Pencantuman kisaran gaji pada iklan lowongan pekerjaan seharusnya menjadi perhatian utama bagi perusahaan yang ingin mencari kandidat terbaik.

Dominasi karyawan pria yang lebih mementingkan gaji terdorong oleh faktor tanggung jawab serta kebutuhan yang semakin meningkat. Bila ia seorang kepala keluarga, pasti membutuhkan penghasilan yang besar. Seperti biaya pendidikan anak, biaya belanja bulanan, biaya listrik, biaya cicilan dan lain-lain. Bila ia seorang bujangan, pasti membutuhkan biaya untuk memenuhi setiap kebutuhannya. Baik kontrakan rumah, cicilan kartu kredit, cicilan mobil, dan lain-lain.

Dalam survey ini juga ditanyakan perihal faktor-faktor yang menjadi pertimbangan calon karyawan dalam memilih pekerjaan. Hasilnya ada lima faktor yang berhasil dihimpun tim jobstreet. Faktor-faktor penentu dalam memilih pekerjaan berikut sudah disusun secara berurutan sesuai dengan tingkat persentase tertinggi.

1.Gaji

Tentu perihal gaji menjadi fokus utama bagi sebagian karyawan dalam mencari pekerjaan. Totalnya ada 33.14% orang yang menyatakan nominal gaji menjadi prioritas faktor penentu dalam memilih pekerjaan. Tak dimungkiri bahwa nominal memang penting karena calon karyawan ingin melihat gaji yang ditawarkan oleh perusahaan. Ini menjadi pertimbangan, apakah gaji yang ditawarkan lebih tinggi atau justru lebih rendah dibanding di perusahaan sebelumnya.  Perusahaan juga harus lebih terbuka mengenai kisaran gaji pada iklan lowongan karena akan mempermudah kedua belah pihak. Para pencari kerja hanya akan melamar pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang mereka harapkan. Sedangkan perusahaan hanya akan memilih kandidat yang memiliki kisaran gaji seperti yang tercantum dalam iklan yang mereka tayangkan.

2.Uraian Pekerjaan

Sebanyak 25.73% koresponden mengakui fokus utama dalam memilih pekerjaan ialah uraian pekerjaan/job description yang diberikan perusahaan pencari kerja. Pada umumnya uraian pekerjaan sangat perlu dicantumkan dalam lowongan pekerjaan. Sehingga calon karyawan merasa lebih percaya diri dalam melamar bila uraian pekerjaan yang dibeberkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Pentingnya meletakkan uraian pekerjaan dalam lowongan pekerjaan adalah memudahkan calon karyawan mencari dan mengualifikasi setiap pekerjaan yang diiklankan. Apalagi dalam uraian pekerjaan tercantum pula kualifikasi yang dibutuhkan seperti apa. Dengan begitu baik pemberi maupun pelamar lowongan pekerjaan akan sama-sama diuntungkan.

3.Nama Perusahaan

Faktor lain yang memengaruhi calon karyawan dalam menentukan pekerjaan ialah nama perusahaan atau brand pemasang iklan. Dari situ bisa terlihat apakah perusahaan merupakan perusahaan besar atau kecil. Ada kalanya calon karyawan lebih melihat nama perusahaan-perusahaan besar untuk menaikkan tingkat gengsi dan gaji. Kebanyakan perusahaan/grup besar menjadi incaran calon karyawan. Bergabung dalam sebuah perusahaan besar tentu memiliki nilai tambah sendiri. Dan calon karyawan tidak perlu khawatir akan merasa ditipu. Ada sekitar 25.64% koresponden yang melihat nama brand/perusahaan pengiklan lowongan sebagai faktor memilih pekerjaan.

4.Lokasi

Ketika calon karyawan hendak memilih pekerjaan barunya, salah satu faktor penentu dalam memilih pekerjaan yang perlu menjadi perhatian ialah lokasi. Lokasi strategis akan sangat berpengaruh bagi calon karyawan dalam menentukan karir barunya. Misalnya, lokasi perusahaan berada di dekat rumah atau bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Biasanya ini menjadi favorit calon karyawan. Selain itu lokasi yang berada di area bisnis dan di sekitarnya terdapat pusat perbelanjaan, pusat makanan, pusat hiburan juga menjadi keuntungan. Nah, faktor lokasi inilah yang membuat sebanyak 10.06% koresponden menjadikan alasan dalam menentukan pekerjaan.

5.Keuntungan

Sebesar 5.43% koresponden menyatakan keuntungan dan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan pengiklan lowongan pekerjaan menjadi faktor penentu dalam memilih pekerjaan. Ketika perusahaan memberikan fasilitas dan keuntungan yang beragam maka sang pencari kerja dengan senang hati akan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Beberapa keuntungan atau fasilitas yang kerap dicari calon karyawan antara lain, asuransi kesehatan, biaya lembur, biaya tunjangan hari raya, jamsostek, dan lain-lain.

Berdasarkan survey tersebut terbukti bahwa gaji menjadi prioritas utama dalam mencari kerja. Dan memang karyawan pria lebih mementingkan gaji ketimbang karyawan wanita.

Setelah mengetahui faktor penentu dalam memilih pekerjaan di atas, Anda mungkin ingin mengetahui tentang 10 profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia berikut ini.

Komentar