Format KK Berubah, Pendatang Baru Diminta Segera Lapor

Format KK Berubah, Pendatang Baru Diminta Segera Lapor

Dinas Kependudukan di Jakarta berencana untuk segera menerbitkan permintaan Kartu Keluarga (KK). Hal ini untuk penyediaan data kependudukan tahun 2019.

Kepala Dinas, Dhany Sukma, mengatakan bahwa pihaknya masih menentukan isi dari kartu keluarga.

“Kartu Keluarga yang baru akan memasukkan nomor surat nikah, status pernikahan, agama atau keyakinan, golongan darah, dan nomor paspor,” jelasnya pada hari Kamis lalu.

KK baru ini berisi 16 kolom. Sedangkan KK yang sebelumnya berlaku hanya berisi 15 kolom.

Saat liburan Idul Fitri lalu, diperkirakan sebanyak 69.479 pendatang memasuki Ibu Kota. Angka ini sesuai dengan data resmi yang ada dari Kementerian Perhubungan mengenai laporan penggunaan kendaraan.

“Dibandingkan tahun lalu, terjadi penurunan 1,5 persen dari 70.752 orang,” ungkap pihak kependudukan dan catatan sipil Jakarta.

Sebagaimana yang terjadi setiap tahunnnya, bahwa mereka yang mudik ke kampung halaman seringkali kembali membawa sanak keluarganya untuk mendapatkan hidup yang lebih baik di Jakarta.

Pihak pemerintahan provinsi DKI Jakarta pun menyatakan bahwa pihaknya tidak melarang siapapun untuk mencari pekerjaan yang lebih baik di Jakarta. Hanya saja, mereka disarankan untuk segera melapor ke Dinas Kependudukan.

Menurut dinas kependudukan sesuai pengamatan mereka setiap tahunnya, ditemukan bahwa kebanyakan mereka yang datang untuk bekerja akan tinggal di kawasan industri atau pelabuhan. Sedangkan mereka yang datang untuk belajar akan tinggal di kawasan kampus.

 

[Source]

Komentar