Setelah Millenial, Generasi Z Akan Menjadi Lebih Konsumtif

Setelah Millenial, Generasi Z Akan Menjadi Lebih Konsumtif

Setelah generasi millenial akan datang Generasi Z yang diprediksi akan lebih bersifat konsumtif. Pendapat ini tentunya memiliki latar belakang. Sebagaimana ditulis dalam Swara Tunaiku, setiap hari kita semu disuguhi oleh informasi yang tidak jelas kebenarannya.

Tentunya tidak semua orang setuju dengan pendapat ini. Ada yang menerima dan ada juga yang berpendapat bahwa prediksi ini salah.

Hanya waktulah yang nanti bisa membuktikan kebenaran dari prediksi ini. Namun sebelumnya mari kita lihat apa yang dimaksud dengan Generasi Z. Generasi Z merupakan mereka yang lahir dalam rentan waktu 1996 sampai 2000. Generasi ini juga dikenal dengan naman generasi internet.

Generasi ini dikenal sudah bermain dengan internet dan teknologi sejak masa kecilnya. Sehingga nantinya mereka akan menjadi generasi yang melek teknologi.

Karena mereka akrab dengan dunia internet, mereka pun akan menjadi digital nitive. Dengan gaya hidup yang seperti ini, Generasi Z diperkirakan akan bergaya hidup boros. Mereka harus berada di kelas sosial atas di dunia maya. Sehingga mereka akan merasa menjadi bagian sebuah komunitas maya yang dipandang.

Contohnya, jika ada tempat wisata, produk terbaru, atau tempat kuliner yang sedang menjadi tren, Generasi Z akan cenderung menghabiskan uangnya untuk tren ini dibandingkan menabung. Akhirnya generasi ini akan ada di antara dunia digital dan dunia konsumtif.

Bagi pelaku industri, makin mudah untuk merangkul Generasi Z agar membeli produknya. Generasi ini juga sepertinya yang membuat promosi online makin menjadi metode utama bagi para pengusaha barang dan jasa dalam memasarkan produknya. Dan rata-rata, Generasi Z mengakses internet selama 3 sampai 5 jam setiap harinya.

Mudah sekali terpengaruh

Generasi Z juga diprediksi memiliki karakter yang mudah terpengaruh. Banyaknya waktu yang dihabiskan di dunia maya membuat mereka lebih peduli pada tokoh yang sedang menjadi tren atau perbincangan di media. Oleh karenanya, banyak perusahaan yang akan menggunakan jasa buzzer dari kalangan selebritis atau artis.

Kondisi ini juga membuat makin banyak orang yang berkesempatan untuk menjadi tokoh di dunia maya walaupun mereka bukan artis dari media maistream karena siapa saja bisa memiliki banyak fans dan pengikut.

Selalu ingin up to date

Generasi Z memiliki keinginan untuk menjadi yang terdepan dalam segala hal. Kondisi ini membuat mereka akan tertarik untuk mendapatkan model terbaru dalam semua segi kehidupannya. Termasuk pakaian dengan model terbaru, gadget  model terbaru, termasuk up to date status di media sosial dengan foto di tempat wisata atau kuliner yang paling tren.

 

[Source]

Komentar