Go-Jek Lebarkan Saya Dengan Akuisisi Tiga Fintech Besar Di Indonesia

Go-Jek Lebarkan Saya Dengan Akuisisi Tiga Fintech Besar Di Indonesia

Go-Jek berambisi untuk menjadikan fitur Go-Pay sebagai sebuah platform pembayaran digital. Hal ini dibuktikan dengan langkah Go-Jek yang mengakuisisi tiga startup fintech yaitu Kartuku, Midtrans, dan Mapan.

Pihak Go-Jek sendiri tidak mengemukakan berapa dana yang digunakan untuk mengakuisisi tiga startup ini. Namun jelas terlihat bahwa dengan bergabungnya ketiga fintech ini, posisi Go-Jek sebagai penyedia dompet digital akan semakin kuat di Indonesia.

Ketiga platform keuangan yang dipilih Go-Jek ini memiliki spesialisasi masing-masing dalam memberikan layanan pembayaran. Baik untuk pembayaran online maupun offline.

Seperti Kartuku yang dikenal sebagai penyedia layanan pembayaran offline terbesar di Indonesia. Sedangkan Midtrans merupakan penyedia gerbang pembayaran (payment getaway) online. Lalu Mapan merupakan sebuah platform arisan online.

Mapan sendiri sudah melayani lebih dari satu juta keluarga dalam pengelolaan arisan. Layanan mereka juga sudah digunakan oleh masyarakat di 100 kota di Indonesia.

Kemampuan ketiga startup ini akan digunakan untuk mendukung fitur Go-Pay dalam memenuhi berbagai kebutuhan pembayaran di Indonesia. Tidak hanya untuk pengisian saldo layanan Go-Jek, Go-Pay nantinya bisa dipakai untuk berbagai platform lainnya, dan membantu UMKM serta marketplace.

“Akuisisi ini akan mengakselerasi penetrasi dan jangkauan Go-Pay ke ranah pembayaran offline melalui Kartuku, ranah pembayaran online melalui Midtrans, serta meningkatkan inklusi finansial bagi masyarakat unbanked melalui Mapan,” ujar Andre Soelistyo, Presiden Grup Gojek melalui sebuah siaran pers.

“Kolaborasi antara perusahaan fintech nasional di dalam Go-Jek Group ini akan mendorong percepatan inklusi finansial untuk jutaan orang Indonesia serta meningkatkan produktivitas ekonomi di seluruh penjuru negeri,” tambahnya.

CEO Go-Jek Nadhiem Makarim juga sempat mengatakan niatnya untuk menjadikan Go-Pay sebagai aplikasi pembayaran multiplatform yang terpisah dari Go-Jek pada tahun 2018.

Menurutnya, Go-Pay sedikit banyak berpengaruh pada gaya hidup masyarakat saat ini. Hal ini merupakan peluang bagi Go-Jek untuk melebarkan sayapnya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal layanan pembayaran untuk multiplatform secara lebih luas.

“Melalui akuisisi ini, Go-Jek akan berkolaborasi dengan tiga perusahaan fintech nasional terdepan di Indonesia yang memiliki visi dan etos kerja yang sama dengan kami. Inisiatif ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat pondasi dan langkah kami di industri fintech Indonesia,” kata Nadhiem.

 

[Source]

Komentar