Pertimbangan Sebelum Melakukan Transfer Saldo Kartu Kredit

transfer saldo ccSetelah membaca tentang dasar-dasar transfer saldo kartu kredit dan mengetahui cara menggunakan transfer saldo kartu kredit untuk meningkatkan bunga yang Anda bayarkan untuk kartu kredit secara signifikan, Anda mungkin akan tergoda untuk melakukannya saat itu juga. Sebelum Anda melakukan hal tersebut, kami ingin Anda mempertimbangkan beberapa poin penting untuk membuat pilihan yang tepat. Kartu kredit yang berbeda memiliki fitur dan klausul yang berbeda pula. Pikirkan masak-masak sebelum Anda melakukan transfer saldo.

Apakah Bunga Perkenalannya Kompetitif?

Umumnya, perusahaan kartu kredit menawarkan suku bunga perkenalan yang lebih rendah untuk pelanggan transfer saldo baru. Suku bunga tersebut cenderung jauh lebih rendah dari standar suku bunga yang ada, tetapi hanya bertahan selama periode waktu tertentu. Katakanlah Anda dikenai bunga 24% saat ini, maka suku bunga perkenalan sebesar 6,24% selama setahun berarti Anda akan menghemat lebih dari 17% dalam biaya-biaya finansial selama dua belas bulan mendatang! Ingatlah bahwa sebagian bank bahkan menawarkan suku bunga perkenalan 0%, jadi lakukan riset terlebih dahulu. Anda juga perlu menghitung waktu yang dibutuhkan untuk membayar pinjaman Anda seluruhnya dengan asumsi suku bunga perkenalan berlaku untuk periode tersebut, karena banyak bank menetapkan suku bunga standar setelah 12 bulan pertama.

Berapa Lama Anda Dapat Mengambil Keuntungan dari Suku Bunga yang Lebih Rendah?

Hal ini tergantung pada perusahaan kartu kredit untuk memutuskan berapa lama Anda dapat menikmati suku bunga perkenalan tersebut. Umumnya suku bunga perkenalan berlaku selama enam bulan di Singapura. Saat Anda memilih kartu kredit sebagai tujuan perpindahan saldo Anda, pastikan Anda memilih satu yang menawarkan periode perkenalan selama mungkin. Sebab, suku bunga rendah atau nol selama beberapa bulan saja dapat membawa perbedaan besar dalam jumlah tagihan total Anda.

Sejauh Manakah Suku Bunganya Lebih Baik?

Setelah periode perkenalan Anda berakhir, Anda akan perlu membayar suku bunga normal yang hampir sama dengan suku bunga pada kartu kredit yang Anda miliki saat ini. Oleh karena itu, selalu bandingkan suku bunga standar kartu kredit baru Anda dengan kartu kredit Anda saat ini. Jika Anda ingin membawa saldo hingga melewati periode suku bunga perkenalan, Anda berisiko memperburuk utang Anda dalam jangka panjang jika Anda memilih kartu kredit dengan suku bunga yang tinggi.

Biaya Apa yang Diterapkan pada Transfer Saldo?

Umumnya, transfer saldo kartu kredit tidak bebas biaya. Jadi, jika Anda melakukan transfer saldo kartu kredit, perusahaan kartu kredit baru Anda umumnya menetapkan biaya di muka sekitar 2-4% dari jumlah yang ingin Anda transfer. Berhati-hatilah saat mempertimbangkan hal ini karena Anda dapat menghemat banyak dari suku bunga perkenalan yang rendah, tetapi di saat yang sama mengalami kerugian dari biaya transfer saldo ini!

Apakah Saya Memenuhi Syarat?

Hanya karena Anda melihat iklan yang mempromosikan “Suku Bunga 0%” bukan berarti Anda otomatis memenuhi syarat untuk hal tersebut. Saat Anda mencari kartu kredit yang baik untuk melakukan transfer saldo kartu kredit, pastikan untuk bertanya demi memastikan bahwa Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan suku bunga perkenalan dan benar-benar mendapatkannya.

Sudahkah Anda Membaca Ketentuannya?

Seperti segala hal lainnya, bacalah selalu bagian ketentuan. Lebih baik aman dan agak repot di awal daripada menyesal kemudian.

Anda masih kurang mengerti mengenai arti dan manfaat dari transfer saldo kartu kredit? Pelajari dulu mengenai pengertian dasarnya di artikel kami yang terkait.

Komentar