Ketahui Harga BBM (Pertamax, Pertalite, Premium dan Solar) Terkini Dan Bagaimana Cara Berhematnya

Ketahui Harga BBM (Pertamax, Pertalite, Premium dan Solar) Terkini Dan Bagaimana Cara Berhematnya

Salah satu pengeluaran penting bagi setiap keluarga adalah pengeluaran transportasi. Bagi yang memiliki kendaraan sendiri, biaya bensin merupakan pengeluaran wajib yang harus dipikirkan selain parkir dan uang Tol.

Kali ini sebelum kami menyajikan bagaimana caranya menghemat uang bensin untuk kendaraan Anda, mari kita lihat lebih jauh ulasan mengenai harga bensin yang berlaku. Adapun contoh harga yang digunakan adalah patokan harga untuk area Jakarta.

Harga BBM (Pertalite, Pertamax, Premium, Solar) terkini – 19 Oktober 2018

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan seperti bensin ataupun solar pasti terjadi pada tenggat waktu tertentu. Kenaikan harga ini pastinya dipengaruhi beberapa hal, salah satunya adalah harga minyak dunia.

Untuk di Indonesia sendiri, kenaikan BBM diperkirakan akan terjadi pada tahun 2018 ini. Besaran kenaikan harganya diperkirakan antara 10% sampai 30%. Namun perkiraan ini bisa terjadi, bisa juga tidak.

Sedangkan untuk harga BBM terkini yang berlaku sejak perubahan terbaru termasuk harga Pertamax, Pertalite, Premium dan Solar pada 19 Oktober 2018 adalah sebagai berikut.

JenisHarga Terbaru (per liter)Harga Sebelumnya (Per liter)
PertamaxRp 10.400Rp 9.500
Pertamax TurboRp 12.250Rp 10.700
Pertamina DexRp 11.850Rp 10.500
Premium Rp 7.000Rp 6.550
PertaliteRp 7.800Rp 7.800
Dexlite Rp 10.500Rp 9.000
Bio SolarRp 9.800Rp 9.800
Sumber : www.pertamina.com
* Harga diatas berdasarkan harga bbm non subsidi
Harga Premium di Luar Jawa Madura Bali (Jamali) Rp 6.900/liter

BACA JUGA: 5 Pinjaman Online tercepat yang bisa Anda dapatkan dalam 24 jam serta aplikasi mudah!

Sedangkan budget untuk biaya BBM sebulan bisa Anda ilustrasikan seperti ini.

Jarak dari tempat tinggal ke kantor Anda adalah 10 kilometer sehingga untuk pulang balik jaraknya menjadi 20 kilometer. Artinya dalam sebulan, dengan asumsi 25 hari kerja, total jarak tempuh Anda adalah:

20 kilometer X 25 hari = 500 km

Jika Anda memiliki mobil dengan spesifikasi konsumsi BBM 1:10, maka dapat dihitung jumlah pemakaian bensin sebulan:

500 kilometer/10 liter = 50 liter per bulan

Jika mobil Anda menggunakan Premium dengan harga Rp 6.550 per liter, maka biaya bensin Anda sebulan adalah:

Rp 6.550 X 50 = Rp 327.500

Tentunya perhitungan di atas bisa berbeda tergantung dari spesifikasi konsumsi bahan bakar pada kendaraan Anda, juga jarak tempuh yang Anda lakukan setiap harinya. Selain itu, penggunaan bahan bakar juga bisa dipengaruhi oleh cara Anda mengemudikan kendaraan serta kondisi jalan dan macet.

Pastinya BBM bukan satu-satunya item transportasi yang menjadi kebutuhan setiap bulannya, ada juga biaya parkir, dan untuk yang memiliki mobil ada biaya Tol. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak tips hemat BBM di bawah ini.

Tips bagaimana menghemat bensin

Pertamina isi BBM

Setelah mengetahui harga BBM per liter untuk kendaraan bermotor Anda, sekarang Anda juga harus tahu bagaimana cara menghematnya.

  1. Tidak memanaskan kendaraan terlalu lama

Saat Anda menyalakan mesin, kendaraan Anda sudah langsung menggunakan bahan bakarnya. Oleh karenanya, jika Anda ingin menghemat pembelian BBM, Adan tidak boleh memanaskan kendaraan terlalu lama. Kebiasaan lain yang menguras bahan bakar saat memanaskan mobil adalah menginjak pedal gas dalam-dalam.

Panaskanlah kendaraan beberapa saat sebelum Anda hendak berangkat. Jangan sepelekan waktu memanaskan mobil jika Anda ingin irit BBM.

  1. Tidak melewati batas kecepatan

Jangan disangka kebut-kebutan tidak menjadikan Anda boros BBM. Menginjak pedal gas padas mobil, atau memutar gas pada motor, tiba-tiba saat kendaraan berhenti akan menjadikan bensin Anda cepat habis. Begitupun dengan melakukan rem mendadak saat kendaraan sedang melaju, hal ini bisa menjadi penyebab borosnya penggunaan bahan bakar kendaraan Anda.

Oleh karena itu, dengan melakukan kebiasaan berkendara yang baik Anda sebenarnya sudah menghemat penggunaan bensin.

  1. Matikan mesin jika macet total

Untuk area Jakarta, sudah tidak asing lagi dengan kondisi jalanan yang macet. Kalau Anda terjebak di jalanan yang macet total, maka sebaiknya Anda mematikan mesin kendaraan Anda.

Selama Anda mengaktifkan mesin kendaraan, maka bensin akan terus terpakai. Karena itulah, untuk penggunaan bensin yang efisien, sebaiknya Anda mematikan mesin kendaraan kapapun tidak digunakan, termasuk saat terjebak dalam keadaan macet total.

  1. Gunakan AC dengan efisien

Satu lagi yang membuat Anda boros dalam pengeluaran bahan bakar adalah penggunaan Air Conditioner (AC) dalam mobil yang berlebihan. Hal ini karena penggunaan AC mempengaruhi putaran mesin yang juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Dengan menggunakan AC sewajarnya, Anda mengurangi beban putaran mesin dan mengurangi penggunaan bahan bakar.

  1. Tidak menambah hambatan angin dan beban mobil secara berlebihan

Menambah aksesoris kendaraan secara berlebihan bisa menjadikan Anda boros bahan bakar. Penambahan bumper, rak barang, atau sound system yang terlalu berat akan menghambat jalannya kendaraan. Menyebabkan kendaraan Anda membutuhkan lebih banyak tenaga, yang akhirnya membutuhkan penggunaan bensin yang lebih banyak.

  1. Service secara berkala

Melakukan service secara berkala dan memastikan kondisi kendaraan selalu dalam keadaan baik akan menghemat penggunaan bahan bakar.

Dengan melakukan service secara rutin, Anda bisa memastikan semua komponen mesin dalam kendaraan akan dipastikan kondisinya. Jika semua komponen kendaraan dalam keadaan baik, Anda bisa memastikan bahwa penggunaan bahan bakar juga efisien.

  1. Gunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan persyaratan pabrikan

Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan bahan bakar sesuai dengan persyaratan pabrikan. Misalnya, jika kompresi pembakaran mobil Anda menuntut mobil diisi dengan bahan bakar ber-oktan tinggi seperti Pertamax, maka jangan diisi dengan Premium. Ketidakcocokan antara kompresi pembakaran dengan bahan bakar bisa merusak mesin dan membuat penggunaan bahan bakar lebih boros.

Kartu kredit untuk pengisian BBM yang hemat

Salah satu cara menghemat BBM adalah dengan menggunakan penawaran yang diberikan oleh penerbit kartu kredit. Jika Anda teliti dalam memilih kartu kredit, Anda akan menemukan bahwa ada beberapa kartu kredit yang memberikan cashback untuk pengisian bahan bakar untuk kendaraan Anda. Tidak hanya cashback, point rewards juga bisa berguna untuk Anda nantinya karena bisa ditukarkan dengan keuntungan lain. Berikut beberapa contoh kartu kredit yang memberikan potongan harga untuk pengisian bahan bakar.

  1. HSBC Signature Experience

Bagi pengguna kartu kredit ini, Anda akan mendapatkan point reward dengan melakukan pengisian bensin. Pengguna Signature Experience dari HSBC ini berhak untuk mendapatkan point reward sebanyak 2 point rewards  untuk tiap transaksi Rp 2.500 dan kelipatannya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

HSBC Signature Experience

HSBC Signature Experience

Cashback hingga Rp 1 juta di gerai MAP

Point reward untuk pengisian BBM minimal Rp 2.500
  1. Citibank Cashback

Pemegang kartu kredit Citibank Casback juga bisa menghemat pengeluaran bahan bakarnya karena mereka akan mendapatkan cashback sebesar 5 persen untuk transaksi di SPBU. Selain itu dengan memiliki kartu kredit ini, Anda berkesempatan untuk mendapatkan tambahan cashback maksimal Rp 100.000 untuk transaksi kategori SPBU ini.

Citibank Cashback

Citibank Cashback

Tambahan cashback Rp 100.000 untuk bahan bakar

Cashback 5% untuk transaksi SPBU
  1. Standard Chartered Mastercard Titanium

Dengan memiliki kartu kredit Mastercard Titanium dari Standard Chartered, Anda berhak mendapatkan cashback hingga 2,5 persen untuk transaksi di SPBU dengan maksimal cashback Rp 650.000 per bulan. Anda bisa langsung menghemat pengluaran bahan bakar dengan memiliki kartu kredit ini.

Kartu Kredit Standard Chartered Master Card Titanium

Kartu Kredit Standard Chartered Master Card Titanium

Maksimal cashback Rp 650.000 per bulan di SPBU

Cashback hingga Rp 2,5% setiap transaksi di SPBU

Setelah mengetahui informasi harga bahan bakar dan tips hematnya, Anda bisa lebih bijak lagi dalam berkendara. Bagi Ada yang sedang mencari kendaraan baru, simak juga artikel tentang jenis kendaraan yang paling irit dan boros ini.

Komentar