Ide Bisnis Rumahan Praktis Bagi Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis Rumahan Praktis Bagi Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga adalah perbuatan mulia. Seorang ibu rumah tangga harusnya diberikan penghargaan tertinggi dalam keluarga karena mumpuni melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu. Maka tak heran, rasa bosan dan jenuh melanda ibu rumah tangga ketika sedang mengurusi keperluan rumah. Agar bisa menjadi ibu rumah tangga yang memiliki penghasilan sendiri bisa memulai bisnis rumahan. Ada beberapa ide bisnis rumahan yang bisa dijadikan pilihan bagi ibu rumah tangga dalam berkarya. Bisnis ini tentu saja mudah dijalankan dan mumpuni meraup keuntungan. Apa saja itu?

1. Bisnis makanan/camilan

Masakan rumah tanggaBagi ibu rumah tangga, memasak merupakan hal mudah. Apabila Anda memiliki banyak waktu luang, manfaatkan keahlian Anda tersebut menjadi ladang uang. Anda bisa berkreasi menciptakan makanan yang sudah menjadi ciri khas dan keahlian Anda. Usaha kuliner seperti ini merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang selalu dicari oleh pasar.

Makanan yang dijajakan dapat berupa makanan utama (nasi, lauk, sayur) ataupun berupa camilan, tergantung potensi bisnis makanan serta pasar yang sedang berkembang. Bila gemar memasak makanan lauk pauk, tak ada salahnya membuka warung makan atau jasa catering kecil-kecilan. Sementara untuk pasar camilan, opsinya adalah membuat kue kering, cupcake hingga dessert.

2. Bisnis kerajinan tangan

kerajinan tanganIde bisnis rumahan selanjutnya yang mumpuni mendatangkan keuntungan bagi ibu rumah tangga adalah bisnis kerajinan tangan. Potensi kerajinan tangan ini sangat menguntungkan apalagi jika lokasi Anda berada di kawasan pariwisata. Dengan memproduksi kerajinan tangan di kawasan pariwisata bisa menarik minat turis yang ingin membawa buah tangan.

Produk kerajinan tangan yang unik umumnya memiliki nilai jual yang tinggi. Selain mempromosikan kebudayaan daerah dengan kerajinan tangan pada turis, Anda juga bisa menghasilkan uang dari penjualan kerajinan tangan tersebut. Misalnya saja, membuat lampu meja dari kerang atau batok kelapa, memproduksi tas anyaman hingga kaos-kaos unik yang dilukis dengan keterampilan tangan.

3. Bisnis MLM

Multi Level Marketing

Bisnis Multi Level Marketing (MLM) bagi ibu rumah tangga bisa dimulai dengan menjajakan kosmetik hingga tempat makan. Modalnya pun hanya niat bergabung dalam komunitas MLM. Sebaiknya, bergabunglah dalam komunitas MLM yang sudah ada kenalan Anda sehingga jika mengalami kesulitan bisa segera menemui solusinya.

Bisnis MLM ini tak memerlukan modal besar, hanya saja perlu perjuangan Anda untuk menawarkan kepada kerabat dan keluarga mengenai produk MLM yang Anda tawarkan. Bisnis inipun bisa dijalankan dari rumah tanpa harus meniggalkan anak Anda dan pekerjaan rumah tangga. Bila Anda berhasil mendapat downline atau agen di bawah Anda, maka Anda bisa memperoleh komisi.

4. Bisnis penulis blog

penulis blog

Memanfaatkan waktu luang dengan menulis blog bisa mendatangkan keuntungan bagi ibu rumah tangga. Bisnis rumahan seperti ini mumpuni menjadi pekerjaan Anda yang memberi penghasilan sendiri bila dijalankan dengan serius dan tekun. Mulailah menulis hal-hal yang sesuai dengan kesukaan Anda, misalnya traveling. Lalu menuliskan secara terperinci mengenai harga transportasi, pilihan akomodasi hingga destinasi wisata ang harus dikunjungi. Jangan lupa sertakan foto-foto Anda yang menarik.

Dari blog, tulisan Anda bisa saja diminati oleh media yang akan menawarkan bekerjasama sebagai penulis lepas. Di samping itu, terdapat beberapa website yang bisa menjadi wadah bagi Anda untuk mengirim tulisan seperti Kontenesia.com, Projects.co.id, Sribulancer.com, atau bisa juga dengan cara bergabung di komunitas Penulispro.net, Ads.id, dan menjual jasa menulis artikel di sana.

5. Bisnis perkebunan

Perkebunan

Punya hobi menanam buah dan sayur di taman rumah? Nah, jika tanaman Anda menghasilkan buah-buahan serta sayuran yang tumbuh subur maka bisa menjadi bisnis menguntungkan. Apalagi harga sayuran dan buah-buahan cukup mahal saat ini. Sebagai tahap awal, Anda bisa menjual hasil berkebun kepada tetangga di sekitar. Tentunya dengan harga di bawah harga pasar.

Dengan memanfaatkan hobi Anda ini, niscaya mumpuni memberikan penghasilan tetap bagi ibu rumah tangga setiap bulannya. Bisnis perkebunan ini tentu membutuhkan perawatan khusus dan ekstra pada tanaman yang Anda kembang biakkan.

6. Bisnis menjahit

Menjahit

Keterampilan menjahit menjadi bagian dari talenta Anda. Mengapa tidak mengubahnya menjadi suatu pekerjaan yang meghasilkan keuntugan. Anda bisa membuka jasa menjahit di rumah, bisa dimulai dari hal kecil terlebih dahulu seperti permak baju dan celana hingga memotong ukuran pakaian. Apabila sudah memiliki pasar sendiri maka bisa melebarkan sayap menjadi desainer kecil-kecilan.

Anda bisa menawarkan jasa membuat pakaian dengan pola sederhana pada pelanggan. Pun, membuat selimut bayi dengan motif unik dan berwarna-warni adalah ide bagus sebagai bisnis rumahan bagi si ibu rumah tangga.

Memasuki Musim Hujan, Coba Lakukan 5 Peluang Usaha Musim Hujan Ini!

Komentar