Berikut 5 Ide Usaha Musiman untuk Menyambut Natal dan Tahun Baru

Berikut 5 Ide Usaha Musiman untuk Menyambut Natal dan Tahun Baru

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru artinya merencanakan festival yang akan dikunjungi, atau liburan panjang. Namun, pada saat seperti ini juga Anda sebaiknya mengambil peluang untuk menjalankan usaha.

Ada beberapa jenis usaha yang selalu dibutuhkan pada masa perayaan Natal dan Tahun Baru. Bukan hanya makanan, namun jenis usaha kreatif dan pariwisata juga banyak dicari konsumen.

Yuk, raih peluang sekarang dengan ide-ide usaha berikut ini.

pohon natal

Pernak-pernik Natal dan Tahun Baru

Jenis usaha kerajinan pernak-pernik Natal dan Tahun Baru memang selalu dibutuhkan menjelang akhir tahun. Tidak hanya untuk kebutuhan perayaan di rumah-rumah, pengelola area bisnis atau perkantoran juga akan menghias properti mereka dengan berbagai pernak-pernik khas Natal dan Tahun Baru.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini sebenarnya ada dua cara, yaitu membuat sendiri atau menjadi tenaga pemasarannya. Kedua cara ini sama-sama memerlukan perencanaan, baik perencanaan waktu maupun uang.

Misalnya, Anda berencana untuk memasarkan produk pernak-pernik atau dekorasi Natal dan Tahun Baru, maka Anda membutuhkan waktu untuk mencari produsen atau pengrajinnya, kemudian waktu untuk pemasaran dan distribusi.

Kemudian jika Anda berencana menjual hasil kerajinan sendiri, maka Anda membutuhkan waktu untuk mengerjakan produk pesanan. Ada baiknya, Anda membuat semua pernak-pernik yang ingin dipasarkan tanpa menunggu pesanan untuk mempercepat waktu distribusi. Memiliki tema khusus juga memudahkan Anda dalam produksi, serta memudahkan pembeli yang ingin mendekorasi rumah atau kantornya dengan konsep tertentu.

Kemudian untuk modal, bagi Anda yang memasarkan kebutuhan modalnya pasti lebih sedikit karena tidak perlu membeli bahan baku. Sedangkan, bagi Anda yang memproduksi sendiri, modal yang dibutuhkan memang lebih banyak namun Anda tidak perlu membayar pihak lain untuk memasarkan.

kue natal

Kue

Natal tidak lengkap rasanya tanpa kue kering ataupun hidangan kue lainnya yang menggoda selera. Tidak mengherankan kalau usaha kue-kue khas Natal menjamur di bulan Desember.

Maraknya usaha kue pun didorong oleh kesibukan yang makin meningkat, sehingga para orang tua tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan kue khas Natal.

Bagi Anda yang memiliki hobi masak, kesempatan ini merupakan peluang untuk menyalurkan kreativitas sekaligus mendapat uang tambahan. Anda bisa membuat kue kering sesuai dengan keinginan. Anda bisa membuat kue-kue Natal klasik seperti nastar, atau membuat kreasi baru dengan resep Anda sendiri.

Modal yang dibutuhkan tidak hanya modal bahan saat Anda mendapat pesanan. Hal ini karena Anda juga harus menyiapkan contoh kue yang mau dijual. Kebanyakan orang akan lebih percaya dengan kualitas produk Anda kalau sudah mencicipi.

kalender

Desain kartu dan kalender

Ide yang satu ini makin laris manis karena acara tukar kado marak dilakukan di kelompok keluarga, pertemanan, bahkan lingkungan kerja. Pada acara ini juga kartu ucapan selama     t Natal dan Tahun Baru diberikan.

Selain kartu ucapan, kalender juga bisa menjadi pilihan hadiah yang menarik. Anda bisa membuat desain kalender yang unik dan bisa menjadi pilihan hadiah Natal atau Tahun Baru.

Pemasarannya bisa secara online atau melalui akun media sosial pribadi, maupun offline. Untuk promosi offline, Anda bisa membawa contoh desain ke kantor, sekolah, atau keluarga. Dengan demikian, mereka bisa secara langsung memilih dan memesan.

Ingat, walaupun Anda memasarkan ke kerabat dan teman sendiri, bukan berarti boleh kompromi soal kualitas. Kepercayaan mereka sangat penting, apalagi jika Anda berniat menjalankan usaha yang sama tahun depan.

mobil

Sewa kendaraan

Akhir tahun merupakan musim liburan. Jadi, jika Anda memiliki kendaraan seperti mobil, bisa saja menjalankan bisnis ini. Namun, pastikan penyewa adalah orang yang bisa dipercaya.

Memang lebih aman jika menyewakan pada teman atau keluarga sendiri. Sehingga jika terjadi kerusakan atau kendaraan hilang, Anda bisa lebih mudah meminta pertanggungjawaban.

Namun jika Anda tinggal di kota wisata seperti Yogyakarta, Bandung, atau Bali, Anda dapat mencari penyewa untuk kendaraan secara online. Jangan lupa, untuk membuat regulasi agar kendaraan Anda tetap aman.

Buat perjanjian tertulis lalu simpan fotokopi kartu identitas, serta nomor ponsel penyewa. Pastikan juga kendaraan Anda diasuransikan. Hal ini supaya Anda pun merasa lebih tenang.

Seandainya Anda punya waktu, maka bekerja paruh waktu untuk layanan transportasi online pun bisa jadi pilihan.

bungkus kado

Pembuatan parsel

Sebagaimana saat lebaran, banyak orang yang mengirimkan parsel untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Walaupun memang banyak yang menjual parsel di supermarket atau toko-toko lainnya, bukan berarti Anda tidak punya kesempatan.

Buat konsep parsel yang unik. Misalnya parsel berisi peralatan tulis yang menarik, kelengkapan perawatan kulit, atau teh tradisional. Masih banyak ide parsel lain selain makanan yang bisa Anda coba.

Lakukan riset untuk produk atau barang-barang yang ingin Anda masukkan dalam parsel. Langkah ini untuk memudahkan Anda mengetahui berapa modal yang dibutuhkan, serta estimasi harga parsel nantinya.

Modal untuk parsel ini tergantung dari apa isinya, dan bagaimana desainnya. Sebaiknya Anda sudah merancang spesifikasi parsel yang ingin dipasarkan. Jadi calon pembeli bisa mengetahui harga, detail parsel, serta waktu yang dibutuhkan sampai mereka menerimanya.

Sesuaikan harga dan spesifikasi dengan pasar Anda. Jangan sampai parsel dihargai terlalu mahal, namun Anda memasarkannya ke lingkungan menengah.

Jenis usaha musiman seperti yang sudah kami jabarkan di atas, merupakan kesempatan bagi Anda untuk memulai usaha sampingan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang tidak memiliki banyak waktu luang pada hari-hari biasa.

AturDuit juga masih memiliki uslasan lainnya mengenai ide usaha yang bermanfaat untuk Anda.

Komentar