Indeks Harga Properti Mencapai Titik Tertinggi Selama Dua Tahun Belakangan

Indeks Harga Properti Mencapai Titik Tertinggi Selama Dua Tahun Belakangan

Selama dua tahun terakhir ini, indeks harga properti mencapai titik tertingginya. Data ini berdasarkan Rumah.com Property Index, dimana ditemukan bahwa harga properti terus naik sejak tahun 2016 lalu.

Pada akhir 2016 lalu, pasar properti sempat mengalami kelesuan. Hal ini merupakan dampak dari keadaan ekonomi nasional secara keseluruhan yang juga mendapatkan tekanan dari ekonomi global.

Namun pada tahun-tahun berikutnya kondisi bisnis properti berangsur pulih. Hal ini terlihat pada data Rumah.com Property Index hingga akhir 2018.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita, juga menjelaskan bahwa dinamika pasar properti nasional menunjukkan opetimisme yang tinggi. Bahkan indeks saat ini adalah yang tertinggi dalam dua tahun terakhir.

“Properti adalah salah satu instrumen investasi dengan risiko rendah dan keuntungan yang menjanjikan, khususnya di Indonesia,” kata Marine di Jakarta.

Data Rumah.com Property Index mengumpulkan hasil analisa dari 400.000 listing properti, baik dijual ataupun disewa dari seluruh area di Indonesia. Selain itu, data juga dilihat dari setidaknya 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan oleh 5,5 juta pencari properti.

Kalau dilihat secara kuartalan, index harga properti naik 2,6 persen di kuartal pertama (Q1) 2018 jika dibandingkan dengan Q4 2017. Kemudian secara tahunan, indeks harga properti naik 4,5 persen Q1 2018 dibandingkan dengan Q1 2017.

Diprediksi hingga tahun 2030 nanti terjadi penggelembungan jumlah penduduk usia produktif yaitu 15 sampai 64 tahun.

“Usia target pasar properti berada di dalam rentang usia produktif ini,” pungkas Marine.

 

[Source]

Komentar