Era Revolusi Industri 4.0 Sudah Menyapa Indonesia

Era Revolusi Industri 4.0 Sudah Menyapa Indonesia

Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial Dito Ariotedjo menyebutkan bahwa Indonesia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 dan selanjutnya akan menghadapi masa periode demografi. Dimana populasi akan didominasi oleh angkatan kerja produktif. Hal ini disampaikan oleh Dito saat diskusi publik yang bertema ‘Ekonomi  Kreatif: Peluang dan Tantangan’ yang diselanggarakan oleh Diskusi Kopi di Jakarta.

Ditto juga sempat menyatakan bahwa di Indonesia tidak banyak institusi dan pemimpin yang memahami isu yang berkaitan dengan ekonomi kreatif. Menurutnya, sektor kewirausahaan kreatif ini juga membutuhkan dukungan agar potensi daerah dan kearifan lokal bisa dimaksimalkan. Selain itu perlu juga dilakukan pemberdayaan UMKM melalui pengembangan teknologi.

“Partai Golkar kebetulan adalah penggerak utama RUU Kewirausahaan. Itu untuk me-support majunya ekonomi nasional dan RUU inovasi. Fraksi Golkar ini yang pertama kali yang membuat penggondokan kajian tentang inovasi. Mengundang inovator-inovator muda,” jelasnya.

Pada acara yang sama, aktivis dari Koperasi dan Coop Start Up Firdaus Putra, HC, mengatakan bahwa era industri 4.0 yang disampaikan oleh Menteri Perindustrian RI saat ini sudah terdengan hingga ke berbagai daerah. Menurutnya, program yang dibuat pada masa Airlangga ini berkontribusi dalam mendorong ekonomi lokal dengan mempertahankan kearifan lokal. Terutama bagi para pelaku usaha di pedesaan jika pendukung berupa sarana teknologi memadai.

“Mainstream ekonomi digital atau Industri 4.0 sudah merambah di daerah. Tapi butuh penajaman dan model yang dapat menjadi contoh yang dapat diterapkan di daerah lain oleh anak-anak muda lokal,” ujar Firdaus.

 

[Source]

Komentar