Fakta : Percaya Atau Tidak Indonesia Termasuk Tempat Kerja Paling Bahagia di ASEAN

Fakta : Percaya Atau Tidak Indonesia Termasuk Tempat Kerja Paling Bahagia di ASEAN

Data teranyar dari Jobstreet mengenai tempat kerja paling bahagia di Asia Tenggara cukup mencengangkan. Faktanya, Indonesia berada di posisi kedua sebagai tempat kerja terbaik di Asia Tenggara. Sementara urutan teratas dipegang oleh Filipina. Sementara posisi terakhir atau urutan ke-7 menjadi milik Singapura, negeri tetangga yang justru sering menjadi incaran masayarakat Indonesia ketika mencari lapangan pekerjaan.

Doc : Jpbstreet.sg

Doc : Jobstreet.sg

Menurut data tersebut, dari skala 0-10, rupanya tingkat kebahagiaan bekerja di Indonesia itu mencapai angka 6.16, sementara Singapura mencatat angka 5.09. Survei dari Jobstreet ini dilakukan pada Juni 2016 dengan mengumpulkan  67.764 peserta di 7 negara ASEAN. Profil responden berasal dari kalangan fresh graduates, supervisor, manajer bahkan manajemen teratas yang telah bekerja dalam periode panjang di suatu pekerjaan dan berasal dari semua industri serta spesialiasi.

Menurut survei, indikator tempat kerja paling bahagia terpancar dari reputasi perusahaan, lokasi tempat kerja strategis serta rekan kerja yang kooperatif. Tiga poin tersebut menjadi poin utama dalam membangun budaya perusahaan dan menciptakan kerja tim yang solid. Alasan lain terciptanya kebahagiaan untuk karyawan adalah gaji, tunjangan, pengembangan karir, karakter pemimpin, keamanan kerja, nilai-nilai perusahaan, pelatihan dan jadwal kerja.

Inilah alasan mengapa Indonesia sebagai tempat kerja paling bahagia.

1. Jam kerja seminggu 40 jam

Karyawan Indonesia patut merasa bahagia karena jam kerja mereka dalam seminggu berkisar 40 jam dalam seminggu atau sehari menghabiskan delapan jam kerja. Sungguh berbeda dengan kondisi jam kerja karyawan Singapura yang dalam seminggu menghabiskan 45 jam. Lamanya jam kerja seringkali membuat karyawan jenuh, bosan dan penat. Bahkan keseharian mereka habis untuk urusan pekerjaan saja dan waktu istirahat serta berkumpul bersama keluarga jadi tersita.

Sementara, di Swedia saat ini mengklaim karyawan mereka paling bahagia di dunia karena pemerintahnya baru saja mengubah peraturan menjadi enam jam kerja dalam sehari. Meski peraturan tersebut telah diubah, upah karyawan sama sekali tak dikurangi. Cara ini dinilai mumpuni mengoptimalkan waktu karyawan bekerja. Sekaligus memengaruhi kondisi psikologis karyawan secara tidak langsung. Kondisi karyawan yang bahagia jelas memengaruhi kinerja kerja mereka.

2. Fresh graduate mudah mendapat pekerjaan

Siapa bilang fresh graduate di Indonesia susah mencari kerja? Startup maupun perusahaan sekaliber pun gemar memperkerjakan fresh graduates. Alasannya karena mereka sangat energik, berjiwa muda, kreatif dan multi tasking. Mereka akan menerima tawaran gaji dari perusahaan tanpa banyak penawaran. Inilah yang membuat fresh graduates mudah mendapat pekerjaan di Indonesia.

Kemudahan tersebut didukung dengan kemunculan aplikasi serta website yang menjembatani fresh graduate dengan perusahaan pemberi kerja. Untuk melihat lowongan yang tersedia di Indonesia, bisa mengecek situs Student Job Indonesia, LinkedIn Student, disnaker.bandung.go.id. Kemudahan teknologi ini membantu fresh graduate mengirim aplikasi lamaran secara online tanpa harus mendatangi satu per satu perusahaan tujuan pemberi kerja. Soal gaji, berdasarkan data dari beberapa sumber, telah dipastikan standar gaji fresh graduates di Indonesia, berkisar Rp 3,5-Rp 4 juta.

3. Minimum gaji di Indonesia lebih tinggi di beberapa negara ASEAN

Data dari aseanbriefing, UMR di Indonesia sekitar Rp 3,1 juta (US $238.23) jumlahnya masih lebih tinggi daripada negara lain di ASEAN. Negara ASEAN yang memiliki UMR lebih rendah ketimbang Indonesia adalah Malaysia dengan rata-rata UMR sekitar RM 900 (US$ 216) dan Thailand 6.000 Bhat (US$ 168.4). Sementara Singapura mencatat UMR paling tinggi yakni 1,000 SGD (US$ 706.5).

Memang dilihat dari data di atas UMR karyawan Singapura mencatatkan nominal UMR tertinggi. Namun, tak dapat mengubah fakta bahwa karyawan Singapura merasa tidak bahagia dalam lingkungan pekerjaan. Percaya atau tidak, kebahagiaan dalam bekerja itu tak melulu soal uang. Karyawan Singapura menginginkan kenyamanan dalam bekerja, lokasi strategis, tim kerja yang kooperatif dan promosi.

4. Bertabur fasilitas untuk membuat karyawan nyaman

tempat kerja paling bahagia bagi karyawan adalah tersedianya berbagai fasilitas. Beberapa perusahaan di Indonesia menyediakan fasilitas menarik untuk menunjang kinerja karyawannya. Misalnya, Google. Dengan penataan ruang kerja yang artistik dan ceria, Google ingin memberi kenyamanan bagi para SDM nya. Di Google Indonesia karyawan mendapat makan siang dan camilan gratis. Untuk menghilangkan kepenatan dan mencari ketenangan terdapat alat hiburan seperti konsol Xbox 360, lengkap dengan perangkat motion control Kinect. Mau sharing santai dengan rekan kerja? Bisa mengunjungi lounge yang menawarkan pemandangan langsung ke kawasan Gelora Bung Karno Senayan.

Sementara kantor Kaskus di bilangan Kuningan menawarakan fasilitas berbeda bagi karyawan yakni keberadaan green room. Di ruang ini baik karyawan maupun tamu yang berkunjung  bisa bermain mini golf. Asik, bukan? Makan siang gratis serta fasilitas games sebagai hiburan pun tersedia di sini.

Ini masih sebagian kecil dari contoh perusahaan di Indonesia. Masih banyak lagi perusahaan yang menebar fasilitas menarik bagi karyawannya. Jadi, masih mau jauh-jauh mencari sumber pendapatan di negara tetangga?

5. Kemunculan startup yang membawa atmosfir baru dunia pekerjaan

Pernah tahu atau mendengar mengenai startup atau perusahaan rintisan? Nah, saat ini startup lokal sudah menjamur di Indonesia. Dan ini membawa atmosfir baru dalam dunia kerja. Bekerja di startup tak melulu soal kerja kantoran, pakaian berdasi dan asas nine to five. Menimba pengalaman di startup memiliki berbagai keuntungan yang jelas membuat Anda akan bahagia.

Bekerja di startup menjadikan Anda individu mandiri karena semua karyawan akan memiliki peranan dan tanggung jawab masing-masing. Semua akan mendapat bagian dalam memberikan kontribusi kepada keberhasilan atau kegagalan bisnis. Bekerja di startup berarti memiliki lingkungan kantor nyaman, kekeluargaan, akrab, dan kasual. Ini adalah keunggulan startup ketimbang perusahaan. Bahkan bekerja secara remote pun sudah jadi hal lumrah.

Bergabung dalam sebuah startup berarti menjadikan Anda kaya inspirasi karena dikelilingi oleh individu kreatif, inovatif serta antusias dalam mengembangkan bisnis. Bukan hal yang mustahil jika setelah membawa bekal tersbeut, Anda bisa membangun bisnis sendiri. Pasalnya, bekerja di startups mumpuni membekali Anda dengan keterampilan, pengalaman, pengetahuan, serta koneksi  untuk memulai bisnis.

Menurut Anda, apakah Anda sudah mendapat tempat kerja paling bahagia saat ini?

Jika belum, bisa melamar pekerjaan di Perusahaan Paling Membahagiakan di Indonesia Bagi Fresh Graduate ini!

Image : hipwee

Komentar