Sumber Inflasi Bulan Januari 2018 Salah Satunya Adalah Harga Beras

Sumber Inflasi Bulan Januari 2018 Salah Satunya Adalah Harga Beras

Hingga minggu keempat di bulan Januari 2018 ini, Bank Indonesia (BI) menemukan angka inflasi berada pada 0,73 persen. Hasil ini berdasarkan survey Indeks Harga Konsumen (IHK), dan inflasi tahunan (yoy) adalah 3,36 persen.

“Kalau 3,36 persen itu kan artinya with in range karena kita sekarang di 2018 inflasi itu diharapkan di 3,5 plus minus satu persen,” kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta.

Sumber inflasi pada bulan Januair ini adalah kenaikan harga beberapa kebutuhan sehari-hari seperti beras, daging ayam, dan hasil perkebunan seperti cabai. Dengan membuka pintu impor untuk beras, diharapkan pemerintah bisa mengendalikan inflasi.

“Kita sambut baik pemerintah sudah impor beras karena untuk meyakini tersedianya supply cukup. Karena Indonesia kan negara kepulauan, kita musti meyakinkan bahwa kalaupun beras musti didistribusikan untuk meyakini tidak ada kekurangan,” ungkapnya.

Agus juga menambahkan bahwa kinerja dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di pusat dan di daerah telah menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Ia juga yakin bahwa target inflasi untuk tahun ini akan tercapai.

BI telah memperkirakan bahwa inflasi hingga akhir bulan ini sebenarnya mengalami kenaikan. Sebelumnya bank sentral memperkirakan bahwa inflasi bulan Januari pada minggu ketiga sebesar 0,6 persen.

“Kita harapkan koordinasi yang sudah kita lakukan pada Januari akan membuat kita secara umum bisa mengendalikan inflasi di 2018,” kata Agus.

 

[Source]

Komentar