Ingin Berwisata tapi Tetap Hemat? Cek 5 Maskapai Murah Ini!

Ingin menghabiskan waktu liburan dengan bepergian jauh tetapi tetap dapat menghemat anggaran? Mencari tiket pesawat promo adalah salah satu cara yang biasa digunakan untuk menekan biaya liburan. Banyak maskapai penerbangan yang sering memberikan promo baik untuk destinasi dalam maupun luar negeri. Berikut daftar maskapai favorit bagi Anda yang ingin terbang hemat.

1.  Air Asia

Air Asia

Bagi para backpacker yang senang jalan-jalan dengan budget rendah, maskapai AirAsia pasti sudah sangat akrab di telinga mereka. Maskapai dengan slogan “Now Everyone Can Fly” ini dikenal sering memberikan berbagai promo tiket murah bahkan ada promo tiket seharga Rp0,- saja. AirAsia yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia ini juga pernah meraih penghargaan sebagai World’s Best Low Cost Airline versi Skytrax di tahun 2012. Maskapai ini juga memiliki berbagai macam rute penerbangan ke berbagai destinasi wisata favorit seperti Bali, Yogyakarta dan Makassar hingga mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, bahkan Hong Kong. AirAsia sendiri sering memberikan promo tiket murah baik bagi yang akan melakukan penerbangan dalam waktu dekat hingga hampir 1 tahun dari waktu pembelian tiket.

2.  Mandala Airlines

Mandala

Salah satu maskapai Indonesia yang kini menjadi anak perusahaan dari Tiger Airways ini juga dikenal sebagai maskapai dengan harga murah. Semenjak diakuisisi oleh Tiger Airways, Mandala kini telah memoles ”wajahnya” menjadi salah satu maskapai favorit sebagai sarana bepergian ke berbagai tempat-tempat wisata seperti Bali.  Berbagai promo penerbangan sering diberlakukan oleh pihak Mandala seperti “Beli 1 Dapat 2” dan Tigerflash Promo yang hadir setiap hari Kamis. Untuk penerbangan domestik sendiri, Tiger Mandala telah melayani 6 rute penerbangan seperti Jakarta, Bali, Yogyakarta dan rute internasional meliputi Asia – Australia.

3.  Citilink

Citilink

Citilink yang merupakan ”adik” dari maskapai Garuda Indonesia ini memang terbilang masih baru di dunia penerbangan Indonesia karena baru resmi didirikan tahun 2001. Meskipun demikian, Citilink sekarang telah populer sebagai salah satu maskapai yang sering memberikan tiket promo murah. Salah satu promo Citilink terbaru adalah memberikan fasilitas bagasi gratis 15 kg kepada para penumpangnya. Citilink juga menjangkau beberapa rute domestik seperti Lombok yang belum dijangkau maskapai lain seperti AirAsia. Selain tiketnya yang terjangkau, banyak para wisatawan berbudget rendah memilih maskapai ini karena faktor kenyamanan dan tingkat ketepatan waktu pemberangkatan yang cukup memuaskan.

4.  Jetstar Airways

Jet Star

Mungkin bagi masyarakat Indonesia nama Jetstar Airways kurang familiar, namun bagi para backpacker atau mereka yang biasa terbang murah nama Jetstar Airways pasti telah akrab terdengar. Anak perusahaan dari Qantas Airways yang bermarkas di Melbourne, Australia ini memang tidak terlalu sering mengeluarkan promo tiket murah, akan tetapi harga tiket normalnya dinilai jauh lebih murah dibandingkan dengan low-cost airline lainnya. Bedanya Jetstar Airways tidak melayani penerbangan domestik ke berbagai kota di Indonesia melainkan hanya rute-rute internasional saja. Jetstar bahkan memberi potongan harga 10% lebih murah jika Anda menemukan tiket maskapai lain (via online) yang lebih murah pada tanggal dan untuk tujuan yang sama. Sebagian traveler memilih Jetstar Airways karena sejumlah pelayanan “premium” yang mereka dapatkan di low-cost airline yang satu ini.

5.  Lion Air

Lion Air

Jika dibandingkan dengan maskapai Indonesia lain seperti AirAsia, Citilink, maupun Tiger Mandala, Lion Air memang termasuk salah satu maskapai yang tidak terlalu sering mengeluarkan promo tiket murah. Namun banyak yang akan setuju tentang harga tiket normalnya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan maskapai lainnya. Sayangnya, banyak ulasan dari beberapa orang yang pernah menggunakan jasa maskapai ini merasa kecewa karena pelayanannya yang kurang maksimal dan keterlambatan (delay) yang sering terjadi.

Sebenarnya ada tips tambahan lain yang harus diperhatikan ketika akan membeli tiket murah yaitu faktor biaya tambahan seperti airport tax dan bagasi. Untuk bagasi, sebagian penerbangan telah mencantumkan biaya bagasi ke dalam harga tiket dan sebagian lainnya hanya menyediakan bagasi kabin (extra charge untuk bagasi tambahan). Jadi pastikan Anda mengetahui fasilitas apa saja yang didapatkan ketika membeli tiket dari low-cost airlines.

Komentar