Ini Saat Paling Tepat Untuk Mengajukan Pinjaman

Ini Saat Paling Tepat Untuk Mengajukan Pinjaman

Bagi sebagian masyarakat pinjaman pribadi seperti KTA menjadi penolong kala kesulitan finansial sedang melanda. Bagi sebagian masyarakat lagi, pinjaman menjadi momok menakutkan karena hidupnya terbebani oleh adanya utang.

Terlepas dari pro-kontra mengenai pinjaman, ada saat paling tepat untuk mengajukannya. Pinjaman juga memiliki sisi positif dalam beberapa hal terutama untuk memenuhi kebutuhan darurat Anda dan bersifat mendesak.

Menurut citizensloan.com ada tiga alasan utama seseorang mengajukan pinjaman. Alasan tersebut adalah konsolidasi utang, membeli kendaraan dan renovasi rumah. Sementara di Indonesia sendiri alasan kuat mengapa seseorang mengajukan pinjaman beragam. Mereka butuh dana tunai demi memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari membayar pengobatan di rumah sakit, membuka bisnis, biaya pernikahan dan liburan.

Apakah ini saatnya mengajukan pinjaman bagi Anda? Kami akan mempermudah dengan merangkum beberapa momen paling tepat di mana pinjaman mumpuni menyelamtakan kehidupan finansial Anda dalam jangka panjang.

1. Konsolidasi Utang

Istilah konsolidasi utang ini adalah kondisi di mana Anda menggabungkan beberapa pinjaman ke dalam satu lumbung pinjaman. Konsolidasi utang memungkinkan orang-orang dengan beberapa utang untuk menggabungkan semua pinjaman bunga tinggi menjadi satu pinjaman lebih besar yang menawarkan tingkat suku bunga relatif lebih rendah. Selain menghemat uang untuk membayar bunga, konsolidasi utang juga menyediakan kenyamanan membayar semua utang Anda melalui satu pinjaman.

Anda bisa mengajukan pinjaman pribadi dengan suku bunga rendah dan tetap (fixed). Dengan mengajukan pinjaman bunga rendah untuk melunasi tagihan kartu kredit yang memiliki bunga cukup mencekik dan kredit lainnya beban Anda makin berkurang. Cara ini mempermudah Anda untuk menghemat uang terutama ketika harus berkutat membayar bunga kartu kredit, cicilan kredit mobil dan KPR dalam satu waktu.

Memilih mengonsolidasi utang dalam satu lumbung melalui pinjaman, membuat Anda terfokus pada satu jenis pembayaran pinjaman saja. Serta menghindarkan Anda dari bencana kebangkrutan karena harus membayar berbagai cicilan dan bunga yang tumbuh terus menerus dalam satu waktu.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki beberapa utang, mengajukan pinjaman uang untuk mengonsolidasikan utang-utang itu berpotensi mengurangi bunga yang Anda bayar. Pembayaran tagihan kartu kredit dengan jumlah minimum setiap bulan malah hanya memperpuruk keadaan finansial Anda, karena bunganya akan semakin bertambah.

Sebagai gambaran, seberapa besar konsolidasi utang mampu menolong Anda dari kebangkrutan simak dalam tabel di bawah ini :

Jenis PinjamanPinjaman Pribadi (KTA)Kartu Kredit
Jumlah PinjamanRp 50.000.000Rp 50.000.000
Lama Pembayaran3 tahun3 tahun 5 bulan
Suku Bunga (tahunan)15,6 %33 %
Jumlah CicilanRp 2.038.888 (plus bunga)Rp 2.038.888
Jumlah Bunga-Rp 18.147.943
Total PembayaranRp 73.399.968Rp 91.547.911

Ilustrasi di atas menggambarkan bahwa pembayaran menggunakan KTA jauh lebih hemat karena cicilan per bulannya sudah dikenakan bunga. Lantas berapa jumlah hematnya dari kedua produk tersebut?

Jenis PinjamanPinjaman Pribadi (KTA)Kartu Kredit
Jumlah Pembayaran (tahun ke-1)Rp 24.466.656Rp 24.466.656
Jumlah Pembayaran (tahun ke-2)Rp 24.466.656Rp 24.466.656
Jumlah Pembayaran (tahun ke-3)Rp 24.466.656Rp 24.466.656
Sisa Pembayaran-Rp 10.194.440
Jumlah Bunga-Rp 18.147.943
Total PembayaranRp 73.399.968Rp 101.742.351
Total PenghematanRp 28.342.383

Dan, seperti ini ilustrasi besarnya penghematan Anda jika mengajukan pinjaman untuk konsolidasi utang

Jumlah Pembayaran dengan Kartu KreditRp 101.742.351
Jumlah pembayaran dengan KTARp 73.399.968
Total PenghematanRp 28.342.383

Melihat kenyataan di atas, bukankah mengajukan pinjaman jauh lebih ekonomis ketimbang harus membayar tagihan kartu kredit per bulannya yang dikenakan bunga.

Mau mengajukan pinjaman dengan bunga rendah, hanya sebesar 1,2 % per bulan untuk mengonsolidasi utang? Ajukan di sini!

2. Meningkatkan skor kredit

Skor kredit bagaikan nilai rapor kredit Anda dalam catatan BI. Tanpa skor kredit yang baik Anda bisa dikenakan biaya lebih tinggi untuk mengambil pinjaman bank. Salah satu cara untuk meningkatkan skor kredit adalah membayar tagihan tepat waktu misalnya tagihan kartu kredit, KPR dan kredit mobil serta mengurangi utang.

Agar memiliki skor kredit lebih baik, Anda hanya perlu bersikap konsisten dalam melunasi utang, bila perlu membayar penuh saldo utang Anda. Dalam hal ini menggunakan pinjaman pribadi berbunga rendah demi melunasi saldo kartu kredit Anda bukan hanya menghemat uang Anda namun juga menyelamatkan kehidupan finansial ke depannya.

Sejatinya kartu kredit merupakan fasilitas kredit bergulir. Di mana, bank akan memberikan maksimum kredit. Namun, seiring waktu nasabah akan merasa kesulitan untuk membayar jumlah tagihan karena terbeban oleh bunga kartu kredit yang cenderung tinggi apabila setiap bulan hanya melakukan pembayaran minimum.

Di sisi lain, pinjaman seperti KTA menetapkan bunga tetap yang tidak berubah selama periode waktu peminjaman. Selama Anda membayar cicilan tepat waktu sebelum jatuh tempo maka tak akan dikenakan beban bunga dan denda.

Kecenderungan terlalu banyak mengambil kredit bergulir tanpa berusaha untuk mengurangi kredit tersebut akan memengaruhi skor kredit buruk Anda. Untuk itu, salah satu solusi meningkatkan skor kredit Anda adalah dengan mengajukan pinjaman. Anda bisa menyelesaikan kredit bergulir dengan pinjaman pribadi sehingga laporan kredit Anda terlihat bersih karena tidak terus menerus menggunakan banyak kredit. Anda bisa menurunkan rasio pemanfaatan karena pinjaman pribadi dianggap angsuran dan bukan account bergulir.

Selain itu, penggunaan kartu kredit berlebihan bahkan melebihi batas maksimum limit berpotensi memperburuk skor kredit Anda. Terlambat membayar tagihan kartu dan  sering melakukan pembayaran minimum tagihan juga dapat merusak skor kredit Anda.

Seiring waktu, jika konsumen membayar kembali pinjaman pribadi tanpa meningkatkan saldo kartu kredit, skor dapat terus meningkat. Dalam hal ini, Anda perlu memilih pinjaman pribadi dengan bunga rendah untuk meningkatkan skor.

3. Memenuhi kebutuhan darurat seperti berobat

Istri Anda akan segera melahirkan? Atau Ibu Anda terkena serangan jantung? Atau Anda Anda terdiagnosa penyakit kritis dan harus dirawat secara insentif? Tentu Anda butuh banyak uang untuk membayar biaya rumah sakit apalagi jika tidak memiliki asuransi kesehatan. Bisa bayangkan berapa besar dana yang harus dikeluarkan?

Dalam situasi seperti ini, mengajukan pinjaman adalah solusi terbaik. Bukankah kesehatan Anda jauh lebih berharga ketimbang kondisi keuangan?

Agar tidak terjebak kondisi utang berkepanjangan maka bijaklah saat mengajukan pinjaman untuk mengatasi biaya berobat. Ajukan pinjaman sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Kemudian tentukan periode waktu sesuai kemampuan Anda agar membuatnya proses pembayarannya lebih mudah bagi keuangan Anda. Bila perlu cari pinjaman dengan jumlah pinjaman cukup tinggi dengan tenor waktu panjang.

4. Buka usaha atau bisnis

Saat Anda memiliki rencana membuka usaha atau bisnis namun terselip kendala soal modal, maka mengajukan pinjaman pribadi bisa jadi solusinya. Anda bisa memilih mengajukan pinjaman di bank yang proses pencairan dananya cenderung cepat. Nah, carilah produk pinjaman dengan bunga rendah dan jumlah pinjaman tinggi untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Meminjam uang melalui KTA untuk buka usaha memberi banyak keuntungan antara lain tidak adanya syarat jaminan pada para calon debitur, baik itu dalam bentuk SK, sertifikat tanah atau rumah, BPKB atau yang lainnya. Anda juga dapat mengajukan pinjaman untuk jangka waktu yang cukup lama seperti 5 tahun.

Di samping itu, ada beberapa bank yang memberikan fasilitas berupa asuransi jiwa kepada para debitur.

Mau proses pengajuan pinjaman Anda diproses kurang dari seminggu? Ajukan saja modal usaha Anda di Tunaiku!

Pinjaman pribadi bukanlah momok mengerikan lagi bila Anda mampu mengajukannya di saat yang tepat dan meminjam sesuai kebutuhan. Justru akan makin memperpuruk kondisi finansial Anda jika jumlah peminjamannya melebihi batas kemampuan finansial hingga tidak mampu mengontrol pembayaran per bulan.

Di Indonesia ada banyak sekali jenis pinjaman. Pinjaman KTA adalah solusi mengatasi kesulitan finansial Anda ketika mengalami kondisi darurat dan butuh dana tunai secara cepat, karena tidak harus menjaminkan aset berharga dan bisa mengajukan selama periode tertentu plus suku bunga tetap.

Untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga terbaik, klik di sini dan bandingkan berbagai pinjaman dari beberapa bank!

Mau tahu caranya supaya pengajuan pinjaman Anda diterima, baca dulu 5 Tips Mengajukan Pinjaman Pribadi Agar Diterima!

 

 

 

 

 

 

Komentar