Investasi Terbaik Dalam Masa Krisis di Indonesia

Investasi Terbaik Dalam Masa Krisis di Indonesia

Krisis ekonomi merupakan suatu peristiwa yang kedatangannya tak terduga. Indonesia telah berkali-kali mengalami krisis ekonomi, dan terparah tercatat di tahun 1998. Dalam menanggulangi krisis, Anda dapat melakukan berbagai cara salah satunya adalah investasi. Perlu diketahui bahwa ada instrument investasi yang tak bergeming dan tetap menghasilkan keuntungan dalam masa krisis, namun adapula investasi yang sebaliknya, yaitu merugi.

Investasi jelas menjadi solusi bagi semua orang yang memerlukan keamanan pada sumber dananya. Pun, hasilnya dapat dinikmati dalam jangka panjang dan mumpuni menyejahterakan dalam masa krisis sekalipun. Untuk itu, Anda bisa menanamkan modal pada beberapa investasi berikut yang dikuti dari beberapa sumber, salah satunya Telegraph.co.uk. Berikut investasi terbaik dalam masa krisis sebagai pilihan:

Investasi Emas

Menyalurkan dana Anda untuk membeli emas bergram-gram rupanya mampu melindungi keuangan Anda saat terjadi krisis. Mengubah uang di tabungan menjadi emas bukan hanya menyelamatkan dari inflasi namun mumpuni menolong saat Anda sedang butuh dana jangka panjang. Harga emas di Indonesia tergolong stabil dan cenderung naik. Investasi emas batangan merupakan salah satu investasi yang nilainya stabil karena tak mudah tergerus fluktuasi pasar keuangan. Tentu dalam jangka panjang investasi ini jauh lebih menguntungkan

Kenaikan nilai tukar dolar terhadap rupiah membuat penurunan harga emas dunia dalam beberapa tahun terakhir pengaruhnya tidak terlalu berasa di Indonesia. Pasalnya, harga emas dunia dihitung dalam dollar jadi meskipun harga emas dunia turun dalam dollar namun penurunannya tertutupi oleh kenaikah nilai dolar terhadap rupiah. Sontak, hal ini akan memberikan keuntungan ganda bagi apra investor emas. Apabila dolar terus naik disertai dengan kenaikan harga emas, atau juga kerugian ganda ketika harga emas turun dan nilai dollar juga turun.

Mata Uang Asing

Hobi mengumpulkan mata uang asing dan kemudian memfokuskannya menjadi investasi adalah pilihan tepat. Nilai mata uang asing seperti dolar misalnya mampu melindungi Anda dari krisis ekonomi. Seperti kita ketahui bahwa dolar Amerika terus meningkat nilai tukarnya dalam tiga tahun terakhir. Bahkan di tahun 2015 pernah menembus angka Rp 14.000. Kondisi ini justru menjadi keuntungan bagi para investor mata uang asing terutama dollar.

Misalnya saja, Anda telah memulai investasi ini pada tahun 2010. Di mana saat itu nilai tukar dolar adalah Rp9.000-Rp10.000. Tentu di tahun 2015 ketika terjadi krisis, Anda akan memperoleh keuntungan sekitar Rp4.000 atau hampir 50% dari modal Anda. Jika di saat krisis Anda menjual dolar Anda maka bisa dibayangkan berapa keuntungan yang diperoleh saat itu. Dan jumlah persentasi keuntungannya sangat sulit disaiingi oleh produk-produk investasi lainnya dalam periode yang sama.

Reksa Dana

Masih banyak individu yang awam dengan investasi reksa dana. Padahal nilai keuntungan reksa dana itu cukup menjanjikan, bahkan bagi investor yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang. Risiko kerugiannya juag terbilang minim ketimbang investasi saham. Dengan memilih reksa dana saham atau reksa dana campuran secara tidak langsung Anda akan berinvestasi di pasar modal namun dana kita akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman di bidang ini. Untuk pilihan investasi ini carilah reksadana yang Nilai Aktiva Bersih (NAB) nya sudah turun signifikan di masa krisis. Pun, menjalankan investasi ini semakin mudah karena Anda dibantu oleh Manajer Investasi.

Bagi Anda yang hendak berinvestasi dan melindungi sumber dana bisa memilih reksa dana. Para pakar menyarankan mengambil reksa dana yang memang mampu bertahan dalam segala siklus cuaca ekonomi. Ketika kondisi ekonomi sedang memburuk, Anda bisa memilih produk reksa dana pendapatan tetap, dan ketika kondisi ekonomi sudah mulai cerah beralihlah pada reksa dana saham yang mumpuni memberikan imbal tinggi. Biasanya pasca krisis, nilai reksa dana saham melaju kebih tinggi. Untungnya lagi, invesatsi reksa dana bisa dimulai dengan modal rendah. Jika masih meragukan berinvestasi di reksa dana, baca dulu artikel Bisakah Anda Investasi Reksadana Dengan Modal Rendah?

Masa-masa krisis sebetulnya dapat dijadikan peluang untuk berinvestasi selama kita bisa berinvestasi secara cerdas dan cermat. Maka itu, jelilah melihat peluang. Dan berinvestasilah sejak dini.

Inilah pilihan 4 Besar Investasi Menguntungkan Yang Dapat Anda Pertimbangkan di Tahun 2017!

Komentar