Bingung Bagaimana Mulai Investasi? Berikut 5 Jenis Investasi Terbaik yang Ramah Bagi Investor Pemula

Bingung Bagaimana Mulai Investasi? Berikut 5 Jenis Investasi Terbaik yang Ramah Bagi Investor Pemula

Pada masa transisi ini, perekonomian banyak orang juga mengalami transisi. Banyak yang memulai kembali untuk membangun kestabilan keuangannya setelah dihantam resesi. Kondisi ini menunjukkan bahwa persiapan untuk masa depan sangatlah penting.

Ini artinya, bagi mereka yang dulunya tidak menganggap investasi itu penting, saat ini mulai mempertimbangkan rencana untuk memiliki simpanan masa depan berupa investasi.

Nah, kali ini kami ingin membantu Anda yang ingin memulai berinvestasi atau meningkatkan nilai simpanan Anda. Berikut adalah beberapa jenis investasi terbaik yang cocok untuk siapa saja, bahkan pemula, lengkap dengan rekomendasi provider atau banknya.

Deposito

Walaupun secara tepat tidak dapat dikatakan sebagai investasi, namun produk deposito cocok bagi Anda yang baru memulai berinvestasi, atau ingin memiliki dana darurat.

Adapun untuk memiliki simpanan dengan manfaat deposito saat ini bisa Anda lakukan di bank baik secara langsung maupun online. Salah satu contohnya adalah menggunakan layanan online Invest Tunaiku.

Invest Tunaiku

Sumber : invest.tunaiku.com

Minimal dana investasinya rendah, hanya Rp 100.000. Nantinya dana ini bisa berkembang dengan bunga 7% sampai 9% per tahun, tentunya disesuaikan dengan masa periode simpanan Anda. Invest Tunaiku cocok untuk simpanan dana darurat karena bisa dicairkan kapan saja. Jadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda bisa menarik dana dari akun ini.

Gunakan simulasi yang disediakan website ini untuk menghitung return atau hasil akhir yang akan diterima saat periode simpanan berakhir.

Fasilitas deposito ini cocok untuk Anda yang memiliki target keuangan jangka pendek seperti tambahan biaya sekolah anak, atau jika Anda ingin memiliki dana darurat. Hal ini karena Anda bisa mengumpulkan dana yang diinginkan lebih cepat dalam waktu singkat.

Walaupun bunga deposito ini lebih tinggi dari tabungan biasa, namun produk ini bukan untuk simpanan jangka panjang atau pensiun. Hal ini karena return atau hasil akhir yang didapatkan tidak cukup besar untuk kebutuhan jangka panjang.

Reksa Dana

Berikutnya, ketika Anda ingin mencoba jenis investasi seperti reksa dana, maka Anda bisa memilih layanan dengan manajer investasi yang terpercaya.

Tentu saja ada banyak pihak yang menawarkan layanan reksa dana. Namun, jika Anda menginginkan layanan yang praktis dan fleksibel, coba gunakan aplikasi yang memberikan layanan investasi ini. Salah satu contoh investasi terbaik dalam bentuk reksa dana adalah Ipotpay, yang menawarkan layanan penyimpanan dana dengan return atau keuntungan tinggi layaknya investasi.

Invest ipotpay

Sumber : ipotpay.com

Bunga atau keuntungan yang dijanjikan antara 7% sampai 9% per tahun. Di mana angka ini lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Ipotpay mencoba mengoptimalkan layanan onlinenya, sehingga Anda cukup download aplikasinya. Cukup satu jam untuk mendaftarkan diri pada aplikasi ini, bahkan tidak perlu tanda tangan basah. Jadi, cocok untuk digunakan kapan saja, bahkan di saat pandemi seperti sekarang ini.

Tidak hanya untuk mengoptimalkan uang Anda, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membayar tagihan bulanan bahkan belanja online. Jadi Anda mendapatkan fleksibilitas seperti tabungan biasa, sekaligus mendapat manfaat investasi.

Reksa dana sendiri cukup aman bagi investor pemula. Selain karena ada manajer investasi yang mengelola pengalokasian dana Anda, reksa dana juga memiliki beragam jenis. Anda pun bisa memilih dari yang tingkat risikonya rendah, sedang, atau tinggi. Bahkan Anda bisa menggunakan reksa dana sebagai investasi jangka panjang, atau untuk persiapan masa pensiun.

Pinjaman P2P (Peer to Peer)

Sebenarnya investasi di sektor pinjaman p2p ini sudah marak sejak lama. Ada yang secara langsung meminjamkan uang ke teman-temannya dengan memberi bunga. Ada pula yang menggunakan layanan perusahaan p2p agar lebih aman, dan mudah mencari peminjam (debitur) terpercaya.

Ada banyak perusahaan p2p atau pinjaman online yang menerima dana untuk diinvestasikan dalam bentuk ini, salah satunya adalah Kredit Cepat.

kredit cepat invest

Sumber : kreditcepat.co.id

Perusahaan pinjaman online akan mendistribusikan dana Anda pada debitur yang sesuai dengan kriteria, sehingga memperkecil risiko kredit macet. Nantinya, dana Anda akan berkembang sesuai dengan kesepakatan komisi yang ditawarkan.

Jenis investasi ini cocok untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi dalam jumlah kecil dulu, namun tetap mendapatkan keuntungan yang tinggi. Hal ini mengingat keuntungan yang didapatkan berdasarkan komisi bukan bunga, sebagaimana deposito atau reksa dana.

Berinvestasi di p2p dapat dilakukan jika Anda ingin mewujudkan target keuangan jangka pendek. Misalnya untuk tambahan uang hari raya, pulang kampung, jalan-jalan, atau kebutuhan jangka pendek lainnya.

Emas

Emas yang kami maksudkan di sini adalah emas batangan atau tabungan emas, bukan perhiasan. Hal ini karena perhiasan bisa saja mengalami depresiasi atau penurunan harga. Kondisi ini bisa saja disebabkan karena proses pengolahannya. Baik itu kadar emas yang sudah tidak murni lagi, maupun model perhiasan yang sudah tidak menarik lagi.

Model untuk investasi emas yang paling aman adalah tabungan emas. Anda bahkan bisa mencetak emas yang ditabung jika diinginkan. Salah satu penyedia layanan tabungan emas ini adalah Pegadaian.

Invest pegadaian

Sumber : pegadaian.co.id

Menabung emas di Pegadaian cukup mudah, karena outletnya tersebar di banyak tempat. Sedangkan penyedia emas lain, menggunakan pihak ketiga yang ditunjuk sebagai outlet resmi, sehingga Anda harus mencari informasi terlebih dahulu agar tidak tertipu.

Keuntungan dari menabung emas ini sendiri adalah Anda terlindung dari inflasi. Harga emas murni memang bisa turun, namun trennya cenderung naik dan stabil. Sehingga tabungan emas ini bisa digunakan sebagai penjamin atau cadangan ketika Anda membutuhkan dana sewaktu-waktu.

Anda juga bisa menjadikan simpanan emas ini sebagai variasi profil investasi Anda. Sehingga jika risiko kerugian terjadi, Anda tidak kehilangan banyak uang karena ada cadangan dana dari simpanan emas.

Tabungan emas ini juga untuk mencegah Anda agar tidak menyimpan emas di rumah. Karena menyimpan emas, apalagi emas batangan, di rumah akan menjadikan Anda target tindakan kejahatan.

Properti

Jika Anda sudah memiliki uang yang mencukupi untuk membayar uang muka properti, baik rumah maupun lapak pertokoan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba investasi properti.

Salah satu jenis properti yang tidak pernah sepi peminat adalah tempat tinggal. Baik itu berupa rumah sewa, kontrakan, atau kost, semua jenis ini pasti dibutuhkan orang.

Anda bisa menjalankan bisnis properti ini bahkan saat Anda belum lunas membayar bangunan atau rumah. Caranya, Anda membeli rumah dan melunasi uang muka atau down payment. Kemudian rumah sudah boleh Anda gunakan sembari membayar cicilan setiap bulannya.

Rumah ini bisa disewakan, lalu uang sewanya bisa digunakan untuk membayar cicilan rumah. Dengan demikian Anda memiliki dua keuntungan, cicilan rumah terbayarkan ditambah penghasilan tetap tiap bulannya.

Investasi dalam bentuk properti ini cocok untuk jangka panjang, seperti untuk persiapan masa pensiun. Hal ini karena keuntungannya yang cenderung stabil setiap bulannya, selama ada yang menyewa bangunan Anda. Selain itu, dana yang dibutuhkan juga lumayan banyak, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkan dananya.

Namun harus diingat juga, bahwa investasi properti bukanlah investasi gratis. Yaitu investasi di mana Anda keluarkan modal sekali, lalu keuntungannya otomatis mengalir selamanya.

Anda juga harus bertanggungjawab untuk perawatan bangunan, serta mampu berkomunikasi dengan pihak penyewa atau tenant.

Nah, dalam investasi properti ini, Anda bisa memilih mau membeli bangunan yang sudah jadi, atau membeli bangunan baru yang masih dibangun. Semuanya tergantung perhitungan Anda sendiri.

Dari empat pilihan investasi untuk Anda seperti di atas, Anda bisa sekaligus memiliki semuanya, atau secara perlahan dengan memiliki satu produk dulu lalu mengembangkan variasi profil investasi Anda ke bentuk-bentuk investasi lainnya.

Ingat pepatah “jangan memasukkan semua telur dalam satu keranjang”. Artinya, jangan masukkan semua uang Anda dalam satu bentuk investasi saja.

Anda bisa memulai dari deposito dan reksa dana dulu, jika dananya sudah mencukupi, sisihkan sebagian ke investasi emas. Lalu kembangkan lagi ke properti, jadi Anda pun bisa memiliki beberapa sumber keuntungan. Selain itu, jika Anda merugi dari satu jenis investasi, maka masih ada cadangan dana dari investasi lainnya sehingga risiko kerugian masih bisa ditanggung karena dana tidak habis.

Sudah siap mulai berinvestasi? Nah, baca juga alasannya mengapa Anda harus tetap berinvestasi bahkan di masa resesi.

 

Komentar