Temukan Solusi Yang Lebih Menguntungkan Dari E-Wallet

Temukan Solusi Yang Lebih Menguntungkan Dari E-Wallet

 

 

Menyimpan dan membelanjakan uang Anda saat ini bisa dilakukan dengan cara manual, seperti melalui bank dengan pemilikan tabungan, juga bisa dilakukan secara online menggunakan fintech (financial technology). Penggunaan fintech ini salah satunya dapat kita lihat pada tren e-wallet.

Penggunaan e-wallet dinilai lebih praktis dan menguntungkan. Praktis karena Anda cukup melakukan semua transaksi hanya dari telepon genggam Anda. Menguntungkan karena Anda biasanya akan ditawari banyak diskon dan potongan harga dari merchant yang bekerjasama dengan penyedia e-wallet.

Lebih jauh lagi kami akan memberikan penjelasan mengenai e-wallet. Apa itu e-wallet, dan apakah e-wallet merupakan solusi berbelanja yang menyeluruh?

Apa itu e-wallet?

 E-wallet atau dompet elektronik merupakan sebuah aplikasi atau fitur yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembayaran. E-wallet pun menjadi tren setelah banyak perusahaan start-up yang mengembangkan bisnis berbasis dengan transaksi secara online bermunculan di Indonesia.

Sistem dari e-wallet sendiri adalah, Anda menaruh sejumlah uang ke dalam akun e-wallet Anda. Nantinya uang ini pun bisa langsung dipergunakan untuk belanja di merchant yang sudah bekerjasama dengan pihak pengembang e-wallet.

Pengguna e-wallet juga makin tergiur menggunakan fasilitas ini karena ada banyak promo yang ditawarkan dari aplikasi e-wallet. Mulai dari diskon sampai poin yang bisa ditukarkan dengan layanan atau produk gratis. Oleh karenanya, para pengguna e-wallet merasa tidak ada ruginya menggunakan fasilitas ini untuk berbelanja.

Di sisi lain, apakah penggunaan e-wallet memang selalu menguntungkan? Adakah kelemahan dari e-wallet?

Kelemahan e-wallet

Kepraktisan yang ditawarkan oleh e-wallet memang membantu siapa saja untuk berbelanja dengan mudah. Namun ada sisi lain yang juga harus menjadi perhatian Anda, yaitu bagaimana uang dalam e-wallet Anda pada dasarnya akan terus berkurang dan tidak bisa ditarik.

Bisa kita sederhanakan kendala yang akan Anda hadapi jika menggunakan e-wallet dalam penjabaran berikut.

  • Saldo dalam e-wallet Anda hanya bisa digunakan untuk berbelanja atau membayar tagihan

Jika Anda menaruh sejumlah uang di dalam e-wallet dan tidak dibelanjakan, uang tersebut memang tidak akan berkurang karena e-wallet tidak menarik biaya admin bagi penggunanya. Namun uang Anda pun tidak akan bertambah, karena e-wallet tidak menerapkan sistem bunga atau return.

Selain itu, mengingat aplikasi ini dibuat untuk memudahkan Anda berbelanja maka Anda pun harus terus menambah saldo. Hal ini karena uang Anda hanya bisa ditambah dan dibelanjakan namun tidak dimaksimalkan (dikelola).

  • Anda hanya bisa menggunakannya untuk transaksi ke merchant tertentu

Pengguna e-wallet hanya bisa menggunakan uangnya untuk bertransaksi di merchant-merchant yang sudah bekerjasama saja. Jadi jika Anda ingin berbelanja di merchant lain maka Anda harus membelinya sendiri. Uang dalam e-wallet Anda tidak dapat dibelanjakan di mana saja.

  • Uang di e-wallet tidak bisa dicairkan

Rasanya kendala inilah yang harus menjadi perhatian paling utama. Saldo di e-wallet Anda hanya bisa dibelanjakan dan tidak bisa dicairkan. Ini artinya walaupun Anda tidak ingin berbelanja dan ingin mengalokasikan uang Anda untuk hal lain, hal ini tidak dapat dilakukan. Uang yang ada di e-wallet akan tetap berada di sana, tidak bisa dicairkan baik Anda mau atau tidak.

Setelah melihat kendala yang dihadapi dalam penggunaan e-wallet, adakah sistem atau aplikasi yang bisa menyederhanakan proses belanja namun tetap fleksibel? Lebih penting lagi, bisa memberikan hasil lebih dari saldo yang ada.

Apa yang lebih menguntungkan dari e-wallet?

Dengan majunya teknologi di bidang keuangan atau fintech, solusi terus dikembangkan untuk kemudahan masyarakat dalam melakukan semua urusan keuangannya. Solusi yang sudah tersedia bagi masyarakat Indonesia adalah sebuah aplikasi bernama IPOTPAY.

IPOTPAY bisa Anda unduh di smartphone Anda. IPOTPAY tidak hanya memberikan pelayanan untuk mendukung Anda saat berbelanja, tetapi uang yang Anda masukkan ke IPOTPAY akan dikelola dalam reksadana. Faktor memaksimalkan pengelolaan uang inilah yang menjadi alasan utama Anda harus mencari alternatif yang lebih efektif dari sekedar e-wallet atau tabungan.

IPOTPAY juga mengatur agar Anda tetap bisa menggunakan dana untuk membayar berbagai keperluan. Artinya, selain bisa digunakan untuk berbelanja secara online, Anda juga bisa menggunakannya untuk bayar, beli dan transfer ke bank lain. Tagihan yang bisa Anda bayar menggunakan IPOTPAY juga beragam mulai dari tagihan listrik, BPJS Kesehatan hingga kartu kredit. Fitur pembelian memberikan layanan pembelian voucher pulsa, token PLN hingga top up e-wallet.

Bebaskan diri Anda dari e-wallet yang hanya bisa digunakan untuk berbelanja atau membayar tagihan. Mulai gunakan aplikasi keuangan yang mampu memberikan fleksibilitas untuk Anda dalam menggunakan saldo yang ada.

Jadi, jangan lagi terjebak dengan e-wallet. Ubah cara Anda dalam bertransaksi secara virtual dari e-wallet ke aplikasi keuangan seperti IPOTPAY. Dengan menggunakan IPOTPAY Anda tetap bisa mendapatkan diskon atau potongan harga seperti yang ditawarkan oleh e-wallet, tinggal top up e-wallet dari aplikasi IPOTPAY. Disamping itu, saldo dana Anda akan mendapatkan hasil (return) 7-9% per tahun.

Kelebihan lainnya, apabila Anda membutuhkan uang tunai, Anda tinggal melakukan penarikan tunai melalui fitur Penarikan Via ATM di IPOTPAY. Fitur ini memudahkan Anda untuk menarik uang pada hari yang sama. Sesudah menyelesaikan transaksi di fitur Penarikan Via ATM, Anda tinggal melenggang ke mesin ATM, memasukkan kartu ATM BCA dan menarik dananya. Semua kelebihan ini, tidak dapat diperoleh apabila Anda hanya menaruh dana Anda di e-wallet.

Gunakan aplikasi dengan manfaat lebih

 Jika Anda mengunjungi IPOTPAY.com, maka Anda akan melihat lebih jauh lagi mengenai fitur dari aplikasi keuangan yang mampu memberikan manfaat lebih bagi nasabahnya. Terutama jika Anda ingin terbebas dari e-wallet dan mencari aplikasi yang tepat untuk bertransaksi sekaligus menabung.

Berikut adalah poin yang harus dimiliki oleh aplikasi keuangan pilihan Anda. Dimana poin-poin ini menjawab tantangan atau kendala dari penggunaan e-wallet.

  • Saldo Anda tidak sekedar mengendap tapi dikembangkan

Tidak seperti e-wallet, aplikasi seperti IPOTPAY secara otomatis mengelola keuangan Anda agar saldo Anda bisa bertambah. Maksimalnya hasil yang Anda dapatkan, dikarenakan Anda mendapatkan return 7-9% per tahun, juga tidak ada biaya bulanan yang dipotong dari uang Anda.

Oleh karenanya, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal jika menyimpan uang Anda di IPOTPAY. Karena uang Anda yang nantinya akan bekerja untuk Anda.

  • Anda bisa melakukan transaksi di mana saja, bahkan membayar tagihan rutin

Jika di e-wallet Anda hanya bisa menggunakan saldo di merchant tertentu, maka aplikasi yang seharusnya Anda miliki harus bisa memungkinkan Anda melakukan transaksi ke mana saja. Seperti IPOTPAY yang memungkinkan Anda untuk melakukan transfer ke bank.

Lebih bagus lagi jika Anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan rutin dengan bantuan fitur penjadwalan. Dimana fitur ini memungkinkan Anda untuk membayar tagihan rutin secara otomatis. Hal ini akan menghindarkan Anda dari denda atau penalti karena lupa membayar tagihan.

  • Uang di aplikasi keuangan yang baik seharusnya bisa dicairkan

Fleksibilitas lainnya yang harus menjadi poin penting dalam memilih aplikasi keuangan adalah uang Anda bisa dicairkan. Artinya, walaupun uang Anda sedang dikelola dalam reksadana, misalnya, dan berada dalam akun aplikasi, Anda tetap bisa mencairkan uang Anda. Dengan demikian, seluruh dana yang ada di aplikasi tersebut bisa Anda gunakan.

  • Gunakan aplikasi keuangan yang lebih aman dari sekedar virtual account

Berbeda dengan e-wallet yang hanya menggunakan virtual account untuk menampung dana Anda. IPOTPAY menggunakan rekening bank yang dibuat atas nama Anda sendiri, sehingga dana Anda menjadi lebih aman dibandingkan kalau hanya ditaruh di e-wallet.

Sekarang Anda hanya perlu memilih, poin yang bisa ditukarkan dengan diskon atau revenue yang membuat saldo Anda bertambah? Menggunakan e-wallet  agar bisa praktis saat berbelanja memang tidak ada salahnya. Namun bukankah lebih baik cerdas finansial agar bisa bertransaksi dengan praktis dan memaksimalkan saldo Anda dengan satu aplikasi, seperti IPOTPAY.

Komentar