Kereta Api Jateng-DIY Mulai Beroperasi 1 Desember 2018

Kereta Api Jateng-DIY Mulai Beroperasi 1 Desember 2018

Bagi warga Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), saat ini akan disediakan sarana transportasi yang menjangkau kedua wilayah tersebut, karena PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero) segera meluncurkan kereta api (KA) dengan rute melingkar (loop) mengelilingi Jateng-DIY.

Adapun rute yang akan dilalui adalah Purwokerto-Jogja (DIY)-Solo-Semarang-Purwokerto (Joglosemarkerto) dan sebaliknya, baik searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam. Rencana KA Joglosemarkerto ini mulai beroperasi adalah pada 1 Desember.

Rencana peluncuran kereta api tersebut sempat bocor di media sosial, dan menjadi perbincangan warganet. Bersamaan dengan kejadian ini, beredar pula informasi mengenai tarif KA Joglosemarkerto beserta daftar stasiun pemberangkatan dan stasiun tujuan.

Diambil dari informasi yang beredar, tarif normal KA Joglosemarkerto cukup terjangkau. Contohnya, untuk rute Solo-Pekalongan (via Purwokerto) harga tarifnya adalah Rp200.000 untuk kelas eksekutif dan Rp115.000 untuk kelas ekonomi. Sedangkan, rute Semarang Tawang-Yogyakarta (via Gundih) tarifnya sebesar Rp105.000 untuk kelas eksekutif dan Rp60.000 untuk kelas ekonomi.

“Jadi kereta Joglosemarkerto ini lebih untuk memaksimalkan operasi saja. Karena sebelumnya masyarakat menggunakan Joglosemar, Kamanda ka, dan Kalijaga,” ujar Vice Presiden Relation KAI Agus Komarudin di Jakarta.

Dia pun mengatakan hadirnya Joglosemarkerto ini untuk menyatukan fungsi KA Joglosemar yang saat ini memiliki rute Solo-Jogja-Purwokerto, KA Kamandaka (Purwokerto-Tegal-Semarang), dan KA Kalijaga (Semarang-Solo).

”Jadi kereta-kereta itu nanti akan dilebur, jadi Joglosemarkerto itu. Karena nanti kita akan operasikan tiga rangkaian. Satu rangkaian delapan gerbong,” tambahnya.

Dalam kategori kelas ekonomi (K3), satu gerbong memiliki kapasitas 80 penumpang. Jika dalam satu rangkaian ada delapan gerbong, termasuk satu gerbong restorasi, maka kapasitas kereta ini adalah 560 penumpang untuk sekali jalan.

Pada kesempatan lain, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, membenarkan adanya KA ini sebagai merupakan perpanjangan dari salah satu rute KA Kamandaka yang semula relasi Semarang Tawang-Purwokerto diteruskan menuju Yogyakarta-Solo-Semarang Tawang.

Selain KA Kamandaka, perpanjangan relasi juga dilakukan pada KA Joglokerto yang awalnya memiliki rute Purwosari menuju Purwokerto PP, dan akan diteruskan relasinya hingga Semarang-Solo-Yogyakarta.

 

[Source]

image source : wikipedia

Komentar